Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Manfaat Beras Merah Untuk Merpati : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Beras Merah Untuk Merpati

Manfaat Beras Merah Untuk Merpati – Seperti diketahui, beras merah merupakan salah satu bahan pangan yang kini sudah banyak dibudidayakan oleh para petani di pedesaan. Dimana beras merah sendiri mengandung berbagai macam nutrisi cukup tinggi seperti vitamin, mineral hingga antioksidan yang pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Bahkan beberapa orang juga seringkali berpendapat bahwa beras merah jauh lebih menyehatkan ketimbang beras putih. Selain itu, sebagian besar orang juga seringkali memanfaatkan beras merah sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk beberapa jenis burung peliharaan mereka, salah satunya yaitu Merpati.

Memang benar bahwa untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi Merpati saat ini sudah bisa didapatkan hanya dengan memberikannya pakan utama berupa jagung saja. Namun, bukan tidak ada salahnya juga bagi kalian untuk mencoba memberikan Merpati beras merah sebagai pakan tambahan ataupun ekstra fooding.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan Merpati beras merah sebagai pakan tambahan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat beras merah untuk Merpati semua jenis dilengkapi cara dan waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, memberikan beras merah sebagai pakan tambahan untuk Merpati dikarenakan jenis makanan tersebut memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas manfaat beras merah untuk Merpati lebih lanjut, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi serta gizi di dalam beras merah.

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Kalium.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Natrium.
  • Zat besi.
  • Vitamin B1.

Manfaat Beras Merah Untuk Merpati

Manfaat Beras Merah Untuk Burung Merpati

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam beras merah, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya. Secara garis besar, manfaat beras merah akan sangat terasa apabila pemberiannya dilakukan secara rutin sesuai porsinya. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa manfaat beras merah untuk Merpati.

1. Menjaga Kesehatan Tulang Merpati

Manfaat beras merah untuk Merpati pertama yaitu mampu menjaga serta menguatkan kesehatan tulang. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya beras merah sendiri mempunyai kandungan berupa magnesium dan kalium yang berpotensi untuk menjaga dan memperkuat kesehatan tulang Merpati. Sehingga burung peliharaan yang diberikan pakan beras merah biasanya mempunyai struktur tulang lebih kuat serta kokoh.

2. Meningkatkan Stamina Merpati

Hampir sama seperti manfaat daun pepaya, manfaat beras merah selanjutnya yaitu mampu meningkatkan stamina dan tenaga Merpati. Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa beras merah sendiri mempunyai kandungan vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina Merpati. Maka dari itu, pemberian beras merah akan sangat cocok dilakukan setelah Merpati mengikuti perlombaan.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan Merpati

Melancarkan sistem pencernaan Merpati juga termasuk ke dalam salah satu khasiat beras merah. Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa Merpati merupakan salah salah satu jenis burung yang membutuhkan serat guna memperlancar sistem pencernaannya. Selain memiliki kandungan serat cukup tinggi, ternyata beras merah juga mempunyai antioksidan yang bisa melindungi tubuh Merpati dari berbagai macam jenis penyakit.

4. Mengurangi Berat Badan Merpati

Manfaat beras merah sebagai pakan tambahan untuk Merpati terakhir yaitu mampu mengurangi berat badan yang terlalu gemuk sehingga malas bergerak. Hal ini dapat terjadi karena beras merah mempunyai kandungan rendah lemak, rendah gula serta rendah karbo sehingga sangat cocok jika diberikan kepada burung yang sedang diet.

Cara Pemberian Beras Merah Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat beras merah untuk Merpati untuk semua jenis-jenisnya, baik itu Merpati jantan ataupun betina. Mungkin masih ada orang di luar sana khususnya para pemula yang merasa kebingungan mengenai tata cara dan kapan waktu ideal pemberian beras merah untuk Merpati.

Untuk saat ini, biasanya para penggemar Merpati memberikan beras merah dengan cara dicampurkan ke dalam pakan utamanya, yaitu jagung. Waktu ideal pemberiannya sendiri sebenarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Merpati itu sendiri. Namun, saran kami sebaiknya berikan beras merah sebanyak 2 kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini beras merah seringkali dijadikan sebagai pakan tambahan untuk Merpati. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya beras merah sendiri memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Merpati.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat beras merah untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan tata cara dan waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan beras merah untuk Merpati sebagai pakan tambahan kesehariannya.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.