Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Jahe Untuk Merpati (Cara & Waktu Pemberian)

Manfaat Jahe Untuk Merpati

Manfaat Jahe Untuk Merpati – Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang menjalar di bawah permukaan tanah. Seperti diketahui, jahe sejak dari dulu sudah dikenal sebagai rempah-rempah yang mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia.

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, namun jahe juga memiliki banyak khasiat untuk burung, terutama Merpati. Terlebih lagi, hingga kini jahe masih bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar rumah ataupun di pasar dengan harga sangat terjangkau.

Bagi para pecinta burung Merpati, kemungkinan besar mereka sudah mengetahui apa saja khasiat dari jahe. Akan tetapi, masih ada sebagian dari pecinta burung Merpati khususnya pemula belum paham benar mengenai apa saja manfaat dari salah satu jenis rempah-rempah tersebut.

Maka dari itu, sebelum memberikan jahe untuk Merpati kesayangan, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap sejumlah manfaat jahe untuk Merpati dilengkapi dengan cara dan waktu pemberiannya.

Manfaat Jahe Untuk Merpati

Perlu diketahui, sebenarnya jahe memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda dengan KHASIAT KETUMBAR UNTUK MERPATI. Dimana pada intinya jahe sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh Merpati supaya tetap sehat dan bugar.

Selain itu, sebenarnya masih terdapat cukup banyak manfaat jahe lainnya dan pastinya akan kami bahas untuk kalian. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa manfaat jahe untuk burung Merpati di bawah ini.

1. Menjaga Merpati Terkena Penyakit

Manfaat jahe pertama yaitu untuk mencegah burung merpati terserang atau terkena penyakit. Hal ini dikarenakan jahe kaya akan vitamin C dan magnesium yang tentunya sangat cocok untuk kebutuhan Merpati. Dengan begitu, kemungkinan Merpati terserang penyakit akan sangat kecil.

2. Meredakan Nyeri Otot Pada Merpati

Selain mampu menghindarkan Merpati terserang penyakit, jahe juga sebenarnya bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Biasanya jahe sangat diperlukan apabila Merpati mengalami pola pelatihan salah ataupun saat mengalami cedera otot.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh Merpati

Manfaat jahe selanjutnya yaitu bisa menjaga daya tahan tubuh Merpati supaya tetap prima. Sebagaimana diketahui, jahe sendiri memiliki rasa hangat sehingga sangat cocok jika diberikan kepada Merpati pada saat musim penghujan.

Dimana pada saat musim penghujan, daya tahan tubuh Merpati menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit. Dengan pemberian jahe secara rutin, maka dapat membuat daya tahan tubuh Merpati menjadi lebih kuat.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan Merpati

Wadah makanan dan minuman yang tidak dibersihkan secara berkala bisa membuat Merpati mudah mengalami masalah pencernaan. Jika mengalami permasalahan tersebut, jangan khawatir karena jahe dapat menjadi solusinya. Sebab, jahe sendiri memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan pada burung Merpati.

6. Pemulih Energi Merpati

Khasiat jahe lainnya untuk burung Merpati yaitu bisa memperbaiki serta memulihkan energi Merpati. Energi sendiri sangat dibutuhkan oleh burung Merpati pada saat mereka terbang dan menghampiri pasangan setiap harinya, terutama bagi Merpati balap.

6. Menambah Nafsu Makan Merpati

Manfaat jahe untuk Merpati terakhir yaitu dapat menambah nafsu makan. Jika Merpati kalian nafsu makannya mulai berkurang atau bahkan tidak mau makan sama sekali, cobalah untuk memberikan jahe secara rutin.

Cara Pemberian Jahe Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa saja manfaat jahe untuk burung Merpati. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana waktu dan cara pemberian jahe yang baik untuk Merpati.

Sebenarnya, pemberian jahe untuk Merpati ini hampir sama seperti saat kalian memberikan GULA MERAH UNTUK MERPATI. Agar lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah atau cara pemberian jahe untuk kesehatan Merpati.

  1. Siapkan jahe segar dan cucilah hingga bersih.
  2. Setelah selesai di cuci, silahkan kupas kulitnya.
  3. Kemudian potonglah jahe menjadi kecil-kecil seukuran biji jagung.
  4. Terakhir, silahkan lolohkan jahe ke dalam paruh Merpati.

Waktu ideal pemberian jahe untuk Merpati sehat bisa dilakukan minimal 3 kali setiap minggunya. Namun, jika Merpati dalam kondisi kurang sehat, kalian dapat memberikan jahe 2 kali selama satu hari, yaitu pagi dan sore.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jahe sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan burung Merpati. Namun, perlu diingat bahwa pemberian jahe untuk Merpati tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan jahe bisa menimbulkan efek panas.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat jahe untuk Merpati dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan jahe untuk Merpati kesayangan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *