Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Manfaat Kecap Untuk Lovebird : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Kecap Untuk Lovebird
Advertisements

Manfaat Kecap Untuk Lovebird – Seperti diketahui, kecap ialah salah satu jenis bumbu masakan yang paling sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Dimana penggunaan kecap dengan takaran yang tepat sendiri memang bisa membuat hidangan makanan menjadi lebih enak dan sedap ketika di santap.

Selain itu, ternyata kecap juga tidak hanya disukai di dunia kuliner saja, namun juga digemari oleh para kicau mania, khususnya para penggemar burung Lovebird. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kecap sendiri mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang akan bermanfaat bagi tubuh Lovebird.

Advertisements

Meskipun mempunyai sejumlah manfaat bagi jenis burung peliharaan tersebut, akan tetapi terdapat beberapa efek samping dari pemberian kecap yang perlu diperhatikan. Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak memberikan kecap untuk membantu menunjang performa Lovebird, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya.

Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat kecap untuk Lovebird semua jenis. Di bawah ini juga akan kami jelaskan bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian kecap untuk Lovebird beserta efek sampingnya.

Kandungan Kecap

Kandungan Kecap

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat kecap untuk Lovebird lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Sebagaimana diketahui, kecap terbuat dari fermentasi beberapa bahan dasar seperti kedelai hitam, garam serta gula.

Dimana di dalam salah satu jenis bumbu masakan tersebut terdapat sejumlah kandungan protein dan karbohidrat yang tergolong cukup tinggi. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan daftar kandungan nutrisi dan gizi di dalam 1 sendok makan atau 15 ml kecap.

Advertisements
  • Kalori 8 kkal.
  • Karbohidrat 1 gram.
  • Lemak 0 gram.
  • Protein 1 gram.
  • Sodium 902 mg.

Manfaat Kecap Untuk Lovebird

Manfaat Kecap Untuk Burung Lovebird
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan di atas, bahan utama pembuatan kecap ialah kedelai. Nah, kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh, entah itu manusia ataupun hewan. Begitu pun dengan kecap, karena kandungan protein asam aminonya sangat tinggi, maka kecap seringkali dijadikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk Lovebird.

Dengan kata lain, manfaat kecap untuk Lovebird mampu menjadikan mereka menjadi lebih aktif dan bersemangat sehingga membuat rajin ngekek dengan durasi panjang serta cepat konslet. Pada pembahasan sebelumnya juga sudah pernah kami jelaskan bahwa kecap menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat racikan pakan Lovebird konslet.

Cara Pemberian Kecap Untuk Lovebird

Setelah mengetahui beberapa manfaat kecap untuk Lovebird semua jenis, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Pada intinya, kecap hanya dijadikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi Lovebird saja, bukan menjadi pakan utamanya.

Oleh sebab itu, pemberian kecap untuk Lovebird supaya mereka bisa ngekek panjang dan cepat konslet harus sesuai dengan porsi ataupun takarannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian kecap untuk Lovebird kesayangan.

  • Berikan 2 sampai 3 tetes kecap untuk Lovebird, dapat dicampurkan dengan pakan lainnya seperti jagung, kangkung dan sejenisnya secara langsung ke mulutnya (dilolohkan).
  • Sebaiknya pemberian kecap untuk Lovebird dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.
  • Supaya kecap bisa memberikan manfaat atau efek yang baik untuk Lovebird, maka sebaiknya burung dijemur setiap harinya.

Efek Samping Kecap Untuk Lovebird

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat kecap untuk Lovebird dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebagai informasi tambahan, kecap fermentasi ternyata mempunyai kandungan yang sebagian besarnya berasal dari bahan kimia bernama Isoflavon.

Dimana Isoflavon sendiri ialah sebuah fitoestrogen sebagai salah satu bahan utama yang dapat mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal. Artinya, pemberian kecap untuk Lovebird secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping negatif. Adapun beberapa efek samping kecap untuk Lovebird tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Memicu Masalah Hipotirodisme

Efek samping pertama akibat pemberian kecap untuk Lovebird secara berlebihan yaitu bisa memicu berbagai macam masalah, salah satunya yaitu hipotirodesme atau sintesis hormon tiroid. Hal ini dikarenakan fermentasi kecap mempunyai kandungan Goitrogen.

2. Mengurangi Kesuburan

Kemudian efek samping atau risiko pemberian kecap untuk Lovebird secara berlebihan berikutnya yaitu bisa mengurangi kesuburan karena menurunkan sejumlah sperma. Selain itu, kelebihan kecap juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi Lovebird.

3. Menghambat Penyerapan Mineral

Selanjutnya yaitu masih berkaitan dengan kesehatan tubuh Lovebird. Pasalnya, kandungan flat di dalam kecap apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu proses pencernaan dengan menghambat penyerapan mineral di dalam tubuh Lovebird.

4. Memicu Gangguan Pencernaan

Efek samping negatif pemberian kecap untuk Lovebird secara berlebihan yaitu bisa memunculkan masalah pada organ pencernaannya. Hal tersebut tentunya membuat Lovebird tersiksa karena tidak bisa makan ataupun malah sebaliknya, yaitu mengalami masalah diare.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kecap untuk Lovebird semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan kecap untuk Lovebird kesayangan di rumah.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.