Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Jahe Untuk Lovebird : Cara & Waktu Pemberian!

Manfaat Jahe Untuk Levebird
Advertisements

Manfaat Jahe Untuk Lovebird – Performa burung tidak melulu dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan saja. Akan tetapi, beberapa faktor seperti lingkungan dan interaksi antara faktor genetik dan lingkungan juga sebenarnya mampu mempengaruhi performanya, termasuk para burung Lovebird.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin performa burung tetap berkualitas yaitu tentang pemberian jenis pakan hariannya. Dimana pemberian pakan Lovebird sendiri tidak hanya didapatkan dari makanan utamanya saja, namun juga dari makanan tambahan atau ekstra fooding (EF).

Advertisements

Berbicara mengenai pakan tambahan, jahe mungkin menjadi salah satu jenis pakan tambahan yang seringkali diberikan kepada burung Lovebird. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jahe sendiri mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk Lovebird.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin memberikan jahe sebagai pakan tambahan bagi Lovebird kesayangan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai manfaat jahe untuk Lovebird dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Gizi Jahe

Kandungan Gizi Jahe

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat jahe untuk Lovebird lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizinya. Adapun sejumlah kandungan gizi dan nutrisi di dalam jahe sebagai pakan tambahan untuk Lovebird tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Zat aktif gingerol.
  • Vitamin B kompleks.
  • Vitamin A.
  • Magnesium (Mg).
  • Vitamin C.
  • Mineral Calcium (Ca).
  • Fosfor (P).
  • Zat Besi (Fe).
  • Kalium (K).
  • Natrium (Na).
  • Protein.

Manfaat Jahe Untuk Lovebird

Manfaat Jahe Untuk Burung Lovebird
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, alasan banyak orang memberikan jahe sebagai pakan tambahan bagi Lovebird yaitu karena kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Dimana kandungan tersebut nantinya mampu memberikan sejumlah manfaat ataupun khasiat bagi kesehatan burung Lovebird itu sendiri.

Advertisements

Ketika kondisi kesehatan burung Lovebird terjaga, maka tentunya mereka mampu mengeluarkan performa terbaiknya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa manfaat jahe untuk semua jenis burung Loverbird berikut ini, entah itu jantan maupun betina.

1. Mengatasi Lovebird Serak

Manfaat jahe untuk Lovebird pertama yaitu mampu mengatasi masalah serak pada tenggorokannya. Sebagai burung kicau, tentunya Lovebird harus mempunyai suara kicauan yang merdu. Nah, jahe sendiri mengandung minyak atsiri zingiberena, gingerol, kurkumen dan kandungan lainnya yang mampu mengatasi serak Lovebird.

2. Mencegah Lovebird Mabuk Perjalanan

Perjalanan yang jauh ketika mengikuti sebuah lomba akan membuat Lovebird menjadi kelelahan. Bahkan kegiatan tersebut mampu membuat Lovebird mabuk perjalanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, saran kami sebaiknya berikan Lovebird jahe supaya mereka terhindar dari mabuk perjalanan.

3. Melancarkan Pencernaan Lovebird

Seperti halnya manfaat kunyit untuk Lovebird, ternyata jahe juga mampu melancarkan sistem pencernaannya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab rempah-rempah seperti jahe ini dinilai mempunyai kandungan yang sangat ampuh apabila digunakan sebagai obat untuk mengatasi permasalahhan pencernaan.

4. Menghangatkan Tubuh Lovebird

Menghangatkan tubuh Lovebird juga menjadi salah satu manfaat jahe selanjutnya. Dimana musim penghujan yang dingin pastinya akan membuat kesehatan Lovebird menurun. Nah, untuk menjaga agar kondisi tubuh atau badan Lovebird tetap hangat di musim dingin, sebaiknya berikan pakan tambahan berupa jahe.

5. Memulihkan Stamina Lovebird

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebenarnya jahe tidak hanya mampu membuat tubuh Lovebird tetap hangat, namun juga mampu memulihkan staminanya. Hal ini tentunya sangat berguna ketika sedang mengalami musim hujan ataupun diberikan pada saat mereka telah mengikuti sebuah lomba atau kontes.

6. Tambahan Pakan Lovebird

Manfaat jahe untuk Lovebird terakhir yaitu dijadikan sebagai pakan tambahan. Jadi, tidak hanya dijadikan sebagai jamu tradisional bagi Lovebird saja, namun juga bisa ditambahkan pada pakan. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang terkandung di dalam jahe akan membuat tubuh Lovebird menjadi lebih sehat.

Cara Pemberian Jahe Untuk Lovebird

Di atas sudah dijelaskan mengenai sejumlah manfaat jahe untuk Lovebird semua jenis berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian jahe sebagai pakan tambahan bagi burung Lovebird.

Secara garis besarnya, pemberian jahe dapat dilakukan dengan cara menghaluskannya sampai menjadi serbuk. Setelah jahe tersebut benar-benar halus, campurkan jahe ke pakan utama burung Lovebird. Namun, perlu diingat bahwa serbuk jahe yang dicampurkan ke pakan harus dalam keadaan kering.

Untuk mengeringkannya, kalian bisa menjemur serbuk jahe di bawah sinar matahari ataupun disangrai agar keringnya merata. Perlu diingat, pemberian pakan yang sudah dicampur dengan serbuk jahe tidak boleh diberikan setiap hari. Cukup sesekali saja, yaitu di akhir pekan saat akan menjalani latberan atau lomba.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar sejumlah manfaat jahe untuk Lovebird semua jenis berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan jahe sebagai pakan tambahan bagi Lovebird.

Sumber gambar : doktersehat.com, alamtani.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *