Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Bawang Putih Untuk Perkutut : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Bawang Puith Untuk Perkutut
Advertisements

Manfaat Bawang Putih Untuk Perkutut – Sebagaimana diketahui, bawang putih merupakan salah satu bahan untuk melengkapi masakan supaya menjadi lebih gurih melalui bumbunya. Selain itu, ternyata bawang putih juga sebenarnya memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan burung, salah satunya yaitu Perkutut.

Dimana Perkutut lokal atau Perkutut Jawa merupakan salah satu jenis spesies burung kicauan yang pada dasarnya hanya memakan makanan biji-bijian saja. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa di habitat aslinya Perkutut juga akan memakan pakan jenis lainnya seperti serangga dan lain sebagainya.

Advertisements

Berbicara mengenai bawang putih, biasanya beberapa penggemar Perkutut lokal memberikannya sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Namun sayangnya, tidak semua orang mengetahui dan memahami apa saja manfaat bawang putih untuk salah satu jenis burung peliharaan tersebut.

Maka dari itu, jika kalian berencana memberikan bawang putih untuk Perkutut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat bawang putih untuk Perkutut dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya.

Kandungan Bawang Putih

Kandungan Bawang Putih

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat bawang putih untuk Perkutut lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalam tanaman tersebut. Adapun beberapa kandungan nutrisi serta gizi yang terdapat di dalam bawang putih tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Vitamin C.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B6.
  • Mangan.
  • Selenium.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Tembaga.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Zat besi.

Manfaat Bawang Putih Untuk Perkutut

Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Perkutut

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bawang putih memiliki sejumlah kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Perkutut. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap apa saja manfaat bawang putih untuk Perkutut.

Advertisements

1. Anti Bakteri Untuk Perkutut

Manfaat pertama bawang putih untuk tubuh Perkutut yaitu berperan sebagai anti bakteri. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bawang putih mengandung zat asilin yang memiliki sifat anti bakteri seperti Escherichia, Samonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus serta clostridium.

2. Anti Jamur Untuk Perkutut

Manfaat bawang putih selanjutnya bagi Perkutut yaitu sebagai penangkal jamur. Bahkan tidak hanya untuk burung Perkutut saja, namun bawang putih juga bermanfaat sebagai anti jamur untuk Merpati. Dimana bawang putih sendiri dapat bisa menghambat pembentukan mikotoksin seperti aflatoksin dari parasit aspergillus.

3. Anti Parasit Untuk Perkutut

Selain sebagai anti bakteri dan jamur untuk Perkutut, bawang putih juga bermanfaat sebagai anti parasit. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa bawang putih kerap digunakan banyak orang untuk obat cacing. Maka dari itu, cobalah memberikan Perkutut bawang putih untuk mencegahnya dari parasit.

4. Anti Virus Untuk Perkutut

Zat alisin yang terkandung di dalam bawang putih juga berfungsi sebagai anti virus. Dimana adanya zat tersebut menjadikan Perkutut terhindar dari infeksi maupun serangan virus, baik itu berasal dari burung liar, lingkungan kotor dan lain sebagainya.

5. Mengatasi Flu dan Pilek Perkutut

Manfaat bawang putih berikutnya bagi Perkutut yaitu bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi flu dan pilek, terutama pada saat musim pancaroba. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk memberikan bawang putih kepada Perkutut ketika ingin mengatasi flu maupun pilek.

6. Membantu Menumbuhkan Bulu Ekor Perkutut

Mungkin manfaat selanjutnya ini hampir sama seperti halnya khasiat bawang putih untuk Lovebird. Pasalnya, bawang putih mampu membantu proses penumbuhan bulu Perkutut ketika mengalami ciak ekor. Bahkan bawang putih juga bisa membuat bulu ekor Perkutut menjadi lebih indah dari sebelumnya.

7. Menghangatkan Tubuh Perkutut

Vitamin Burung Perkutut
Advertisements

Pada saat musim dingin atau musim hujan tiba, umumnya Perkutut akan merasa kedinginan karena udara di sekitarnya. Maka dari itu, cobalah berikan Perkutut bawang putih secara rutin sesuai porsi untuk menghangatkan tubuhnya. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki beberapa kandungan yang mampu membuat tubuhnya selalu hangat, meskipun pada musim dingin sekalipun.

8. Mengobati Luka Perkutut

Manfaat terakhir bawang putih untuk Perkutut yaitu bisa dijadikan sebagai obat luka. Hal ini mengacu pada poin sebelumnya mengenai manfaat bawang putih sebagai anti bakteri dan anti jamur pada Perkutut. Jadi, kalian dapat memberikan Perkutut bawang putih ketika ingin menyembuhkan luka di bagian tubuhnya.

Cara Pemberian Bawang Putih Untuk Perkutut

Setelah mengetahui apa saja manfaat bawang putih untuk burung Perkutut, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara serta waktu ideal pemberiannya. Dimana pemberian bawang putih untuk Perkutut sendiri bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu diberikan sebagai pakan tambahan (ekstra fooding) atau sebagai air minumnya.

Untuk waktu ideal pemberian bawang putih bagi Perkutut bisa dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Agar lebih jelasnya, berikut kami bahas secara lengkap bagaimana cara pemberian bawang putih untuk Perkutut, entah itu sebagai pakan tambahan ataupun air minumnya.

1. Pemberian Sebagai Pakan Tambahan

  • Siapkan beberapa siung bawang putih segar.
  • Kemudian bersihkan menggunakan air.
  • Setelah itu, potong bawang putih menjadi kecil-kecil seukuran biji jagung atau kacang.
  • Pemberiannya bisa dilakukan dengan cara dilolohkan secara langsung atau dimasukkan ke dalam cepuk wadah pakannya.

2. Pemberian Sebagai Air Minum

  • Siapkan beberapa siung bawang putih segar.
  • Kemudian blender atau tumbuk bawang putih hingga halus.
  • Lalu cuci menggunakan air bersih.
  • Apabila dirasa sudah bersih, campurkan tumubukan bawang putih tersebut ke dalam satu gelas air panas.
  • Silahkan diamkan sejenak sampai ekstrak bawang putih tercampur rata.
  • Jika sudah tercampur, saring ampasnya kemudian simpan dalam gelas atau cepuk wadah air minum Perkutut.
  • Setelah dingin, silahkan berikan jus bawang putih untuk Perkutut sebagai air minum.

Efek Samping Bawang Putih Untuk Perkutut

Di atas sudah dibahas secara tuntas apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh burung Perkutut. Meskipun bawang putih memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan Perkutut, namun tetap saja bahwa tanaman tersebut memiliki efek samping apabila diberikan secara berlebihan.

Jika pemberian bawang putih untuk pakan atau air minum Perkutut berlebihan, maka hal ini bisa memicu rusaknya sel darah merah. Bahkan bawang putih juga sebenarnya bisa mengiritasi area mulut atau kerongkongan Perkutut. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa seperti belerang atau sulfur.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa bawang putih mempunyai sejumlah kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan burung Perkutut. Akan tetapi, pastikan pemberian bawang putih untuk Perkutut tidak berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping negatif pada kesehatannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat bawang putih untuk Perkutut semua jenis dilengkapi cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan Perkutut bawang putih sebagai pakan tambahan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.