Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

30 Manfaat Jahe Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Jahe Untuk Kenari

Manfaat Jahe Untuk Kenari – Seperti diketahui, jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Meskipun memiliki rasa cukup pedas, akan tetapi tanaman tersebut ternyata mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan burung kicauan, salah satunya yaitu Kenari.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jahe sendiri mempunyai segudang nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan Kenari. Maka dari itu, sudah banyak para penggemar Kenari yang memanfaatkan jahe sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) guna mencukupi kebutuhan asupan nutrisi di dalam tubuhnya.

Namun sayangnya, masih ada sebagian penggemar di luar sana khususnya bagi pemula yang kebingungan mengenai bagaimana cara hingga waktu ideal pemberiannya. Secara garis besarnya, pemberian jahe untuk burung Kenari sendiri dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai air minum ataupun obat oles.

Nah, apabila kalian berencana memberikan jahe sebagai pakan tambahan bagi Kenari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat jahe untuk Kenari dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Jahe

Kandungan Nutrisi Jahe 1

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan jahe sebagai pakan tambahan untuk Kenari yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai manfaat jahe untuk Kenari lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

  • Zat aktif gingerol.
  • Vitamin B kompleks.
  • Vitamin A.
  • Magnesium (Mg).
  • Vitamin C.
  • Mineral Calcium (Ca).
  • Fosfor (P).
  • Zat Besi (Fe).
  • Kalium (K).
  • Natrium (Na).
  • Protein.

Manfaat Jahe Untuk Kenari

Manfaat Jahe Untuk Burung Kenari

Setelah mengetahui sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman jahe, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja kegunaan ataupun manfaatnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa manfaat jahe untuk burung Kenari di bawah ini, entah itu Kenari jantan maupun betina.

1. Menghangatkan Tubuh Kenari

Manfaat jahe pertama untuk Kenari yaitu mampu menghangatkan tubuhnya. Seperti halnya manfaat jahe untuk Trucukan, ternyata tanaman tersebut mampu menciptakan rasa hangat untuk Kenari. Jadi, pemberian jahe sangat disarankan ketika Kenari sedang menghadapi musim dingin atau musim hujan supaya tubuhnya tetap hangat.

2. Memulihkan Stamina Kenari

Memulihkan tenaga dan stamina Kenari saat ngedrop juga termasuk ke dalam khasiat tanaman jahe. Hal ini dikarenakan jahe mengandung sejumlah nutrisi dan gizi yang akan membantu proses pemulihan stamina Kenari pada saat mereka mengalami masalah kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh Kenari

Kemudian manfaat jahe selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan tubuh Kenari. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, supaya Kenari bisa mengeluarkan performa maksimalnya saat mengikuti perlombaan atau kontes, maka dibutuhkan adanya tubuh yang sehat.

4. Menambah Nafsu Makan Kenari

Hampir sama seperti manfaat jahe untuk Merpati, saat ini banyak para penggemar Kenari yang memanfaatkan tanaman tersebut untuk menambah nafsu makannya. Dengan kata lain, ketika jahe dikonsumsi secara rutin oleh Kenari, maka akan membantu mempercepat proses tumbuh kembangnya.

5. Menjaga Metabolisme Kenari

Menjaga metabolisme tubuh Kenari agar tetap stabil juga termasuk ke dalam manfaat salah satu jenis rempah-rempah tersebut. Jadi, cobalah berikan jahe secara rutin untuk Kenari supaya sistem metabolisme di dalam tubuhnya tetap terjaga. Tujuannya yaitu supaya Kenari bisa mengeluarkan suara kicauan gacor dan ngeplong.

6. Mencukupi Kebutuhan Asupan Nutrisi Kenari

Manfaat jahe untuk Kenari terakhir yaitu mampu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi di dalam tubuhnya. Dimana jahe sendiri mampu menjadi nutrisi pelengkap Kenari karena kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh Kenari.

Cara Pemberian Jahe Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat jahe untuk Kenari berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui sejumlah khasiat jahe, namun belum mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Secara garis besarnya, pemberian jahe sebagai pakan tambahan untuk Kenari bisa dilakukan melalui beberapa cara, tergantung kebiasaan burung itu sendiri. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan pembahasan mengenai cara pemberian jahe untuk Kenari.

  • Peras air jahe yang sudah diparut kemudian campur dengan air minum atau dilolohkan secara langsung ke Kenari.
  • Memasukkan atau mencampurkan potongan-potongan jahe berukuran kecil ke pakan Kenari.

Perlu diingat, sebaiknya pemberian jahe sebagai pakan tambahan bagi Kenari dilakukan sesuai dengan porsinya. Hal ini dikarenakan apabila pemberian jahe untuk Kenari dilakukan secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping buruk, salah satunya yaitu menimbulkan rasa panas di tubuhnya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat jahe untuk Kenari semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memanfaatkan jahe sebagai pakan tambahan untuk Kenari kesayangan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.