Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Manfaat Kunyit Untuk Lovebird (Cara Meracik & Waktu Pemberian)

Manfaat Kunyit Untuk Lovebird

Manfaat Kunyit Untuk Lovebird – Menjaga supaya burung peliharaan tetap dalam kondisi sehat pastinya menjadi tanggung jawab semua pemiliknya. Terlebih lagi, saat ini kalian bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar rumah sebagai jamu kesehatan burung peliharaan, salah satunya yaitu kunyit.

Sebagaimana diketahui, kunyit masih termasuk ke dalam kelompok jahe-jahean yang mempunyai banyak khasiat, terutama untuk Lovebird. Sebab, kunyit dinilai memiliki kandungan zat tinggi dan dipercaya sebagai bahan obat ataupun jamu alami untuk kesehatan Lovebird.

Adapun beberapa kandungan di dalam kunyit tersebut diantaranya yaitu seperti zat besi, mangan, kalium, serat hingga vitamin B6. Meskipun demikian, masih ada sebagian besar penghobi Lovebird yang belum paham benar mengenai apa saja manfaat-manfaat kunyit.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas apa saja manfaat kunyit untuk semua JENIS BURUNG LOVEBIRD. Selain itu, di bawah ini juga akan dijelaskan bagaimana tata cara peracikan serta waktu yang tepat dalam pemberian kunyit untuk Lovebird.

Manfaat Kunyit Untuk Lovebird

Perlu diketahui, kandungan di dalam bahan alami seperti kunyit ini mungkin tidak akan jauh berbeda seperti halnya MANFAAT KANGKUNG UNTUK LOVEBIRD. Namun, pada intinya kunyit sendiri memiliki sejumlah khasiat untuk menjaga kondisi Lovebird supaya tetap sehat dan bugar. Daripada penasaran, berikut adalah manfaat-manfaat kunyit untuk Lovebird.

1. Mengatasi Masalah Pencernaan Lovebird

Mengatasi Masalah Pencernaan Lovebird

Manfaat kunyit untuk Lovebird pertama yaitu untuk mengatasi permasalahan pada pencernaan burung. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kunyit dinilai memiliki kandungan yang sangat manjur digunakan sebagai obat permasalahan pencernaan.

2. Bermanfaat Sebagai Anti Jamur

Bermanfaat Sebagai Anti Jamur

Manfaat kunyit selanjutnya bagi Lovebird yaitu berfungsi sebagai anti jamur. Jadi, nantinya kunyit tersebut berfungsi sebagai pengawet alami dalam jangka waktu cukup lama serta mencegah pakan Lovebird berjamur.

3. Membantu Pembentukan Tulang dan Darah

Membantu Pembentukan Tulang dan Darah

Kemudian kunyit juga bisa digunakan untuk membantu pembentukan tulang serta darah Lovebird. Hal ini dikarenakan kunyit sendiri kaya akan mineral sehingga berguna untuk mendorong pembentukan tulang dan darah Lovebird.

4. Meningkatkan Fungsi Saraf Lovebird

Meningkatkan Fungsi Saraf Lovebird

Manfaat kunyit lainnya bagi kondisi kesehatan Lovebird yaitu dapat meningkatkan fungsi saraf. Seperti dijelaskan di atas, kandungan di dalam kunyit ini mampu memproduksi tenaga dan menyembuhkan beberapa gangguan pada Lovebird. Dimana faktor tersebut bisa membuat kesehatan Lovebird terpelihara setiap waktu.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Lovebird

Manfaat Kunyit Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Lovebird

Perlu diketahui, kunyit memiliki kandungan antioksidan dan senyawa kurkumin yang akan membantu Lovebird meregenerasi sel-sel hati, proses metabolisme lemak sampai membersihkan racun. Dengan begitu, maka dapat dipastikan bahwa sistem kekebalan tubuh Lovebird akan jauh lebih meningkat.

6. Mengatasi Lovebird Pilek

Mengatasi Lovebird Pilek

Khasiat kunyit lainnya bagi kesehatan yaitu bisa dijadikan sebagai JAMU TRADISIONAL UNTUK LOVEBIRD ketika hendak mengatasi flu ataupun pilek. Selain itu, kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu untuk mengatasi suara serak Lovebird.

7. Mengatasi Kebotakan Lovebird

Mengatasi Kebotakan Lovebird

Di beberapa kasus, terdapat beberapa Lovebird yang mengalami kerusakan pada bulunya. Hal ini bisa saja disebabkan karena infeksi jamur sehingga membuat Lovebird mencabuti bulunya sendiri. Untungnya, kunyit memiliki kandungan untuk mengatasi kebotakan bulu pada Lovebird.

Cara Pemberian Kunyit Untuk Lovebird

Cara Pemberian Kunyit Untuk Lovebird

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat-manfaat bahan alami kunyit untuk kondisi kesehatan tubuh burung Lovebird. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana cara meracik serta kapan waktu ideal pemberian kunyit untuk Lovebird.

Kalian bisa mengolah kunyit menjadi air minum Lovebird. Caranya yaitu dengan memarut kunyit, kemudian air perasannya dijadikan air minum untuk Lovebird. Saran kami sebaiknya buatlah racikan minuman kunyit tersebut minimal 1 minggu sekali dan jangan terlalu keseringan.

Selain digunakan sebagai air minum, kunyit juga bisa dijadikan sebagai pengawet pakan Lovebird. Cara meraciknya yaitu dengan membersihkan kunyit dari kulitnya kemudian jemur hingga kering. Setelah itu, blender atau giling kunyit sampai menjadi tepung. Dimana tepung ini nantinya akan membuat pakan Lovebird menjadi lebih awet.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kunyit untuk Lovebird dilengkapi dengan cara peracikan hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memanfaatkan kunyit untuk burung Lovebird.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *