Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

11 Manfaat Pisang Untuk Ayam Aduan : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Pisang Untuk Ayam Aduan

Manfaat Pisang Untuk Ayam Aduan – Supaya kualitas ayam aduan semakin meningkat, maka kebutuhan asupan gizi dan nutrisinya harus terpenuhi. Seperti diketahui, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ayam aduan sendiri cukup unik, dan bahkan berbeda dari jenis ayam lainnya.

Kebanyakan para penggemar memberikan racikan jamu ayam aduan yang terbuat dari rempah-rempah atau bahan alami lainnya untuk menambah stamina serta kekebalan tubuhnya. Selain itu, pemberian multivitamin, suplemen hingga mineral yang terdapat pada buah-buahan seperti pisang juga perlu dilakukan.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis buah pisang yang sering dijadikan sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan, mulai dari pisang kepok hingga pisang raja. Namun sayangnya, masih banyak botoh di luar sana yang belum memahami benar mengenai apa saja manfaat buah tersebut bagi ayam aduan.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memberikan buah pisang sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat pisang untuk ayam aduan dilengkapi tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Pisang

Kandungan Nutrisi Pisang

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat buah pisang untuk semua jenis ayam aduan lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam buah pisang tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Karbohidrat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin A.
  • Vitamin E.
  • Vitamin B6.
  • Potasium.
  • Serat.
  • Mangan.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Asam folat.
  • Beta karoten.
  • Asam amino.
  • Serotonin.

Manfaat Pisang Untuk Ayam Aduan

Manfaat Pisang Untuk Ayam Aduan Semua Jenis

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan nutrisi dan gizi di dalam buah pisang membuatnya memiliki segudang khasiat bagi ayam aduan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik manfaat pisang untuk semua jenis ayam aduan di bawah ini.

1. Meningkatkan Metabolisme Ayam Aduan

Manfaat pisang untuk ayam aduan pertama yaitu bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuhnya. Dimana ayam aduan yang mengkonsumsi buah pisang dipercaya mampu mencegah kegemukan. Hal ini dikarenakan kandungan pisang berguna untuk meningkatkan dan mengatur sistem metabolisme di dalam tubuh ayam aduan.

2. Menjaga Konsentrasi Ayam Aduan

Ketika ayam aduan sedang bertarung di arena atau lapangan, maka dibutuhkan adanya konsentrasi tinggi. Nah, pemberian pisang untuk ayam aduan ternyata mampu menjaga konsentrasi dan bahkan menambah kecerdikan ayam saat di arena. Sebab, buah pisang sendiri memiliki sifat memperlancar aliran darah sehingga konsentrasinya akan tetap terjaga.

3. Memperkuat Tulang Ayam Aduan

Ayam aduan seperti bangkok harus mempunyai tulang dan otot yang kuat supaya bisa melancarkan serangan kuat. Oleh sebab itu, pemberian pisang sangat direkomendasikan karena di dalamnya mengandung nutrisi kalsium untuk memperkuat tulang.

4. Meningkatkan Mental Ayam Aduan

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, pisang mempunyai kandungan zat serotonin yang akan memberikan manfaat untuk ayam aduan dalam mengendalikan kepanikan atau ketegangan saat mereka di adu. Dengan kata lain, pemberian pisang tersebut akan membuat ayam aduan menjadi lebih ganas ketika menghadapi lawannya.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Sama halnya seperti manfaat kencur untuk ayam Bangkok, ternyata pisang juga bisa memperlancar sistem pencernaannya. Meskipun demikian, sangat tidak kami sarankan untuk memberikan pisang kepada ayam aduan yang sedang mengalami diare, karena bisa menimbulkan beberapa masalah tertentu.

6. Mencegah Dehidrasi Ayam Aduan

Manfaat pisang untuk ayam aduan berikutnya yaitu mampu mencegah dehidrasi saat di adu. Hal ini dikarenakan pisang mempunyai kandungan piridoksin yang mengatur glukosa dalam darah. Dimana tingkat glukosa tinggi akan berdampak pada ayam seperti mudah dehidrasi dan cepat kelelahan.

7. Mempertajam Penglihatan Ayam

Kandungan nutrisi di dalam buah pisang seperti vitamin A dan potassium mampu memberikan manfaat untuk menjaga serta mempertajam penglihatan ayam aduan. Tentunya ketika penglihatan ayam aduan terganggu, maka bisa menyebabkan hilangnya fokus ketika bertarung. Maka dari itu, berikanlah pisang secara rutin sebelum mereka bertanding.

8. Mengobati Penyakit Kuning

Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa penyakit kuning pada ayam aduan disebabkan karena kurangnya sel darah merah. Untuk mengatasinya, zat besi pada buah pisang bisa menjadi solusi karena dapat membantu memproduksi sel darah merah pada ayam aduan.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ayam

Meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh ayam aduan menjadi manfaat pisang selanjutnya, hampir sama seperti manfaat bawang merah. Dengan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh yang baik, maka ayam aduan kesayangan akan terhindar dari virus dan bakteri berbahaya.

10. Sumber Vitamin Ayam Aduan

Ayam aduan berkualitas dan memiliki mental juara pastinya membutuhkan asupan vitamin yang lengkap. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, kalian bisa memberikan buah pisang sebagai pakan tambahannya karena di dalamnya terkandung cukup banyak vitamin seperti Vitamin A, B6, C dan E.

11. Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Manfaat terakhir pisang untuk ayam aduan yaitu mampu meningkatkan stamina atau tenaga. Apabila dibandingkan dengan apel, ternyata buah pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak. Selain itu, buah pisang juga kaya akan vitamin dan serat sehingga mampu meningkatkan stamina ayam aduan.

Cara Pemberian Pisang Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat pisang untuk ayam aduan berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengetahui bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian pisang untuk semua jenis ayam aduan.

Sebelum melanjutkan ke tata cara atau prosedur pemberian pisang untuk ayam aduan, sebaiknya pahami bagaimana ciri-ciri pisang yang bagus berikut ini.

  • Jenis pisang kepok atau pisang raja.
  • Gunakanlah pisang yang sudah matang.
  • Kulit pisang tebal dan berwarna kuning.
  • Daging pisang besar dan berwarna kuning kemerahan.

Porsi dan waktu ideal pemberian pisang sendiri bisa dilakukan sebanyak 1/2 atau 1/3 bagian buah pisang untuk ayam aduan dewasa. Pemberiannya bisa dilakukan secara langsung dengan cara dilolohkan atau ditempatkan di dalam kandang.

Sebaiknya pemberian buah pisang sebagai pakan tambahan untuk ayam aduan ini dilakukan selama 2 kali dalam seminggu saja. Hal ini dikarenakan apabila pemberian pisang untuk ayam terlalu berlebihan, maka dapat memicu kerontokan bulu.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat pisang untuk ayam aduan semua jenis dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan pisang sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan kesayangan di rumah.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.