Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan & Cara Pemberian!

Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan
Advertisements

Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan – Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui bahwa perawatan ayam aduan tidak dapat disamakan dengan jenis ayam lainnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ayam aduan biasanya dipelihara untuk diadu di arena ataupun di lapangan, bukan dibudidayakan untuk diambil telur atau dagingnya.

Maka dari itu, supaya performa ayam aduan di arena bisa sesuai dengan harapan, maka dibutuhkan adanya perawatan dan latihan rutin guna meningkatkan kualitas tempurnya. Nah, pakan menjadi bagian penting dalam perawatan ayam aduan, semakin bagus kualitas pakan, maka akan semakin bagus pula ayam aduannya.

Advertisements

Untuk saat ini, terdapat cukup banyak jenis pakan yang seringkali diberikan kepada ayam aduan oleh pemiliknya, salah satunya yaitu beras merah. Alasan kenapa banyak orang memberikan beras merah sebagai pakan untuk hampir semua jenis ayam aduan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memberikan pakan beras merah untuk ayam aduan kesayangan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai sejumlah manfaat beras merah untuk ayam aduan semua jenis dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Gizi Beras Merah

Kandungan Gizi Beras Merah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memilih beras merah sebagai pakan untuk ayam aduan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh karena itu, sebelum membahas manfaat beras merah untuk ayam aduan lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa kandungan nutrisi serta gizinya.

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Kalium.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Natrium.
  • Zat besi.
  • Vitamin B1.

Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan

Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan Semua Jenis
Advertisements

Setelah memahami beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam beras merah, maka selanjutnya kalian tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai sejumlah manfaatnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik manfaat beras merah untuk ayam aduan semua jenis berikut ini.

Advertisements

1. Menambah Energi Ayam Aduan

Manfaat beras merah pertama untuk ayam aduan yaitu menambah energinya. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat di dalam beras merah setara dengan jagung dan nasi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan pokok ayam aduan. Dengan energi yang cukup pastinya tidak akan membuat ayam aduan mudah lelah.

2. Membentuk Tubuh Ayam Aduan

Seperti diketahui, tentunya ayam aduan yang bagus harus mempunyai tubuh ideal. Namun, perlu diingat bahwa beras merah sebenarnya kurang cocok apabila diberikan untuk anak ayam pada saat proses pertumbuhan sedang berlangsung. Dengan kata lain, beras merah sebaiknya diberikan untuk ayam aduan dewasa agar bisa membentuk tubuh yang ideal.

3. Menguatkan Tulang Ayam Aduan

Manfaat beras merah untuk ayam aduan selanjutnya hampir sama seperti khasiat beras merah untuk Merpati, yaitu menguatkan tulangnya. Pemberian beras merah untuk ayam aduan ini mampu menguatkan tulang sehingga memiliki kuda-kuda yang bagus untuk melakukan pukulan kuat.

4. Menyehatkan Pencernaan Ayam Aduan

Mungkin gangguan pencernaan pada ayam aduan seringkali menjadi permasalahan cukup sering dialami oleh pemiliknya. Biasanya permasalahan ini disebabkan karena makanan tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh ayam aduan. Nah, untuk menyehatkan pencernaan ayam, sebaiknya berikan beras merah secara rutin.

5. Pengganti Sayuran Untuk Ayam Aduan

Bagi kalian yang tidak ingin repot memberikan sayuran kepada ayam aduan di rumah, maka kalian bisa memberikan beras merah sebagai penggantinya. Dimana beras merah sendiri merupakan pakan berbentuk biji-bijian yang kaya akan zat antioksidan dan berguna untuk menyehatkan pencernaan serta organ dalam ayam aduan.

6. Cocok Untuk Ayam Aduan Tipe Jalu

Perlu diketahui, ayam aduan tipe jalu harus memiliki tubuh yang bagus supaya dapat melakukan pukulan cepat dan akurat. Maka dari itu, manfaat beras merah untuk ayam aduan tipe jalu ini akan sangat terasa, karena membuat tubuhnya menjadi lebih ringan. Selain itu, beras merah juga dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan jalu ayam aduan serta menjadikannya tidak mudah patah.

7. Menguatkan Otot Ayam Aduan

Tidak hanya mampu menguatkan tulang, namun beras merah juga memiliki khasiat untuk menguatkan otot ayam aduan. Jadi, ketika ayam aduan sudah memasuki usia dewasa, sangat kami sarankan untuk memberikannya beras merah, kurang lebih saat mereka berumur lebih dari 8 bulan ketika mereka siap untuk dilatih.

8. Menguatkan Bulu Ayam Aduan

Manfaat beras merah terakhir untuk ayam aduan yaitu mampu menguatkan bulu-bulunya. Ayam aduan dengan bulu bagus akan mempunyai karisma ketika berlaga. Pasalnya, secara biologis bulu ayam berguna untuk mengatur tekanan darah pada tubuh sehingga mereka tidak mudah kelelahan. Oleh sebab itu, pemberian beras merah sangat berguna untuk menyehatkan bulu ayam aduan serta mempercepat pertumbuhan bulu ketika mereka mabung.

Cara Memberikan Beras Merah Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat beras merah untuk ayam aduan berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian beras merah untuk ayam aduan kesayangan di rumah.

Pada umumnya, pemberiannya sebaiknya dilakukan dengan porsi segenggam beras merah dan bisa ditambahkan dengan beberapa campuran pakan seperti dedaunan ataupun pakan jenis lainnya. Adapun waktu ideal pemberian beras merah untuk ayam aduan ini yaitu saat masa akhir pertumbuhan, atau ketika mereka memasuki usia 7 bulan.

Akan tetapi, porsi pemberian beras merah untuk ayam aduan tidak boleh diberikan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan terdapat efek samping yang berakibat cukup buruk ketika pemberian beras merah dilakukan secara berlebihan, yaitu ayam aduan menjadi kurang mau beraktivitas karena kelebihan makanan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat beras merah untuk ayam aduan semua jenis berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan beras merah sebagai pakan untuk ayam aduan.

Sumber gambar : bp-guide.id, pinterest.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *