Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Rahasia Memperpanjang Nafas Ayam Aduan : Jamu & Obat

Rahasia Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Rahasia Memperpanjang Nafas Ayam Aduan – Selain teknik bertarung dengan mental kuat, ayam aduan atau ayam gacoan juga dituntut mempunyai stamina yang bagus supaya bisa memenangkan pertandingan. Tidak jarang pula akibat nafas ayam aduan pendek membuatnya ngos-ngosan sehingga fisiknya menjadi cepat terkuras.

Maka dari itu, tidak bisa dipungkiri bahwa nafas ayam aduan menjadi salah satu kunci kemenangan di dalam sebuah arena perlombaan ataupun kontes. Jadi, sebaik apapun kemampuan ayam aduan apabila tidak diimbangi dengan stamina atau tenaga yang prima, maka hasilnya dapat dipastikan tidak akan menguntungkan.

Jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Namun sayangnya, masih banyak penggemar ayam aduan di luas sana khususnya bagi pemula yang merasa kebingungan bagaimana cara agar ayam aduan memiliki nafas panjang.

Secara garis besar, agar ayam aduan memiliki nafas panjang dan stamina tinggi, terdapat beberapa rahasia yang bisa dilakukan. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai rahasia memperpanjang nafas ayam aduan, entah itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Penyebab Nafas Ayam Aduan Pendek

Penyebab Nafas Ayam Aduan Pendek

Sebelum pembahasan utama mengenai rahasia memperpanjang nafas ayam aduan berlanjut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab stamina ayam aduan semakin menurun. Adapun beberapa penyebab nafas ayam aduan pendek tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Faktor Keturunan

Faktor pertama penyebab nafas ayam aduan pendek yaitu karena garis keturunannya. Seperti diketahui, anak ayam pastinya akan mewarisi genetik dari sang induk pejantan ataupun betina, baik itu dari segi pola bertarung, stamina hingga mentalnya. Maka dari itu, faktor keturunan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli ayam aduan.

2. Pola Perawatan Ayam Aduan Salah

Meskipun ayam aduan berasal dari indukan ataupun trah juara, namun jika pola perawatan hariannya tidak dilakukan dengan benar maka akan berakibat fatal bagi kesehatannya. Sebagai contoh mental ayam aduan rendah, pertumbuhan lambat serta nafas mudah ngos-ngosan.

3. Ayam Aduan Belum Pulih dari Cedera

Penyebab ayam aduan memiliki nafas pendek terakhir yaitu karena mereka mengalami kondisi cedera ataupun serang dalam proses pemulihan. Hampir semua jenis ayam aduan pasti akan mengalami hal tersebut. Dimana kondisi tersebut akan membuat ayam aduan turun performanya di lapangan ataupun di arena.

Rahasia Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Tips Rahasia Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Setelah mengetahui apa saja penyebab ayam aduan memiliki nafas pendek, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tips atau trik rahasia untuk meningkatkan staminanya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan sejumlah rahasia memperpanjang nafas ayam aduan, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya.

1. Mandikan Ayam Aduan Secara Rutin

Rahasia memperpanjang nafas ayam aduan pertama yaitu memandikannya secara rutin. Dimana salah satu tujuan pemandian yaitu mempercepat pertumbuhan dan pembentukan otot ayam aduan, khususnya ayam berusia muda. Selain itu, tubuh ayam aduan juga akan jauh lebih bersih sehingga terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

2. Jemur Ayam Aduan

Setelah selesai dimandikan, ayam aduan juga harus dijemur di bawah sinar matahari sampai bulu-bulu tubuhnya kering. Ketika di bawah sinar matahari, ayam akan merasa kepanasan sehingga secara tidak langsung bisa melatih nafas menjadi lebih panjang.

3. Berikan Ayam Aduan Pakan Berkualitas

Ayam aduan seperti bangkok pastinya membutuhkan nutrisi dan gizi seimbang. Oleh sebab itu, pastinya mereka membutuhkan pakan berkualitas seperti pur Hi Pro Vite 594. Dimana pur 594 bermanfaat bagi ayam aduan supaya mereka bisa memiliki stamina prima setiap harinya. Selain itu, kalian juga bisa memberikan pakan tambahan lainnya seperti beras merah, gabah, sayuran serta makanan bergizi lainnya.

4. Berikan Ayam Aduan Jamu Tradisional

Selain memberikan pakan berkualitas, rahasia memperpanjang nafas ayam aduan selanjutnya yaitu memberikannya jamu tradisional. Seperti diketahui, pemberian jamu tradisional dalam memperpanjang nafas ayam aduan dinilai lebih efektif ketimbang obat-obatan kimia. Jadi, cobalah berikan ayam aduan jam setiap 2 atau 3 hari sekali sesuai porsinya.

5. Latih Fisik Ayam Aduan

Latihan fisik berguna untuk memperpanjang nafas ayam aduan sehingga mereka bisa memiliki stamina tinggi serta mental kuat. Akan tetapi, biasanya para pemilik ayam aduan jarang memberikan latihan fisik pada hewan peliharaan mereka. Padahal sebenarnya latihan fisik sangat dibutuhkan oleh ayam aduan, seperti senam leher, latihan lompat dan lain sebagainya.

6. Lakukan Latihan Kliter

Rahasia memperpanjang nafas ayam aduan selanjutnya yaitu dengan melakukan latihan kliter. Adapun latihan kliter sendiri merupakan sebuah kegiatan dimana seseorang akan melakukan pelatihan menggunakan dua ekor ayam, yaitu ayam untulan di letakkan di dalam sangkar kemudian ayam aduan besar diletakkan di luar.

Latihan kliter ini bertujuan agar ayam aduan bisa berlari mengelilingi kurungan untuk mencari celah bertarung. Namun, perlu diingat bahwa apabila dalam jangka waktu 15 menit ayam aduan sudah mulai kelelahan, sebaiknya hentikan latihan kliter.

7. Latih Ayam Aduan Renang

Tidak hanya melatihnya menggunakan metode kliter, pelatihan fisik ayam aduan supaya nafasnya panjang juga bisa dilakukan dengan mengajarinya renang. Pada dasarnya, ayam merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki keahlian berenang. Oleh karena itu, latihan renang sangat baik dalam mengeraskan otot serta memperpanjang nafas ayam aduan.

8. Abar dengan Membungkus Paruh Ayam Aduan

Mungkin sebagian besar dari kalian melakukan latihan abar hanya sekedar membungkus jalu ayam aduan saja. Padahal ternyata membungkus paruh ayam sangat berguna dalam membentuk mental dan memperpanjang nafas. Pasalnya, saat paruh ayam aduan dibungkus, mereka biasanya akan merasa kesulitan memukul, bahkan mereka tidak bisa memukul tanpa mematuk.

9. Umbar Ayam Aduan di Bawah Sinar Matahari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, panas dari sinar terik matahari mampu membuat stamina ayam aduan semakin meningkat. Jadi, cobalah umbar ayam aduan di bawah sinar matahari secara langsung. Semakin sering ayam aduan bertarung di tempat panas, maka mereka nantinya akan semakin terbiasa sehingga staminanya tetap terjaga.

10. Melatih Bertarung Bersama Ayam Aduan Muda

Melatih bertarung dengan ayam aduan muda juga termasuk ke dalam salah satu rahasia memperpanjang nafas. Namun, ketika kalian hendak melakukan pelatihan bertarung ayam aduan ini, pastikan kalian memperhatikannya. Jika ayam aduan sudah mulai kelelahan atau ngos-ngosan, sebaiknya hentikan pertarungannya.

11. Perawatan Ayam Aduan di Malam Hari

Tidak hanya perawatan pada saat siang hari saja, ternyata perawatan ayam aduan pada malam hari sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dimana perawatan ayam aduan saat malam hari akan membuat mereka menjadi lebih jinak dengan pemiliknya. Selain itu, kalian juga bisa mengompres ayam aduan menggunakan air hangat untuk membuat ototnya menjadi lebih keras.

12. Hindari Penggunaan Doping

Rahasia terakhir dalam memperpanjang nafas ayam aduan yaitu hindari penggunaan doping atau obat-obatan. Meskipun obat-obatan tersebut membuat kemampuan dan stamina ayam aduan meningkat secara drastis, namun ternyata terdapat beberapa efek samping buruk kepada kesehatannya. Hal tersebut dikarenakan obat-obatan doping mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan ayam aduan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar rahasia memperpanjang nafas ayam aduan untuk semua jenis, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melatih dan membuat nafas ayam aduan panjang.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.