Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Manfaat Pur 594 Untuk Ayam Aduan : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Pur 594 Untuk Ayam Aduan

Manfaat Pur 594 Untuk Ayam Aduan – Sebagai penggemar ayam aduan, pastinya kalian harus selalu memberikan perawatan terbaik agar hewan peliharaan tersebut bisa mencapai performa terbaiknya. Dimana perawatan terbaik sendiri tidak hanya berasal dari segi eksternal saja, namun pemilihan jenis pakan berkualitas juga penting untuk diperhatikan.

Di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia berbagai macam jenis pakan untuk ayam aduan dengan kualitas terjamin, salah satunya yaitu voer atau pur Hi Pro Vite 594. Menurut beberapa orang sebagai senior dalam dunia ayam aduan, pur Hi Pro Vite 594 dinilai sangat bermanfaat untuk beberapa jenis ayam aduan terkuat seperti ayam bangkok, kate, pelung, ketawa dan lain sebagainya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pur Hi Pro Vite 594 terbuat dari berbagai macam komposisi bahan dasar yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi sehingga baik untuk kesehatan ayam aduan. Namun sayangnya, masih ada sebagian orang di luar sana yang kebingungan kapan waktu terbaik pemberian jenis pur tersebut.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan ayam aduan pur 594, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat pur 594 untuk ayam aduan dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Komposisi Pur 594

Komposisi Pur 594

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat pur 594 untuk ayam aduan, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa komposisi bahan dasar pembuatan salah satu jenis pakan tersebut. Adapun beberapa komposisi bahan-bahan dasar di dalam pembuatan pur Hi Pro Vite 594 tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Jagung.
  • Dedak.
  • Tepung ikan.
  • Bungkil kelapa.
  • Bungkil keledai.
  • Gandum.
  • Tepung tulang serta daging.
  • Bungkil kacang tanah.
  • Tepung daun.
  • Vitamin.
  • Canola.
  • Calcium.
  • Fosfat.
  • Trace Mineral.

Kandungan Nutrisi Pur 594

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, karena adanya campuran atau komposisi dari berbagai macam jenis bahan tersebut membuat pakan pur 594 memiliki cukup banyak kandungan nutrisi dan gizi. Sebagai bahan pertimbangan sebelum memberikan pur 594 untuk ayam aduan, di bawah ini akan kami jelaskan kandungan nutrisi di dalamnya.

  • Protein.
  • Lemak.
  • Serat.
  • Abu.
  • Calcium.
  • Fosfor.
  • Kadar air.

Manfaat Pur 594 Untuk Ayam Aduan

Manfaat Pur 594 Untuk Ayam Aduan Semua Jenis

Setelah mengetahui beberapa komposisi hingga kandungan nutrisi di dalam pur 594, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya bagi ayam aduan. Pada intinya, pur 594 kerap dijadikan sebagai pakan utama ayam aduan, khususnya ayam bangkok. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik manfaat pur 594 untuk ayam aduan berikut ini.

1. Mempercepat Pertumbuhan Ayam Aduan

Manfaat pur 594 pertama untuk ayam aduan yaitu bisa mempercepat masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan pur Hi Pro Vite 594 memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan ayam aduan. Selain itu, protein dan karbohidrat juga sangat dibutuhkan, sebab kedua nutrisi tersebut dijadikan sebagai sumber energi dan antibodi bagi ayam aduan.

2. Mencegah Berat Badan Ayam Aduan Berlebih

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu jenis masalah yang kerap dialami oleh ayam aduan. Jika mengalami permasalahan tersebut, cobalah berikan pur 594 untuk ayam aduan. Pasalnya, kandungan lemak di dalam pur 594 cukup rendah sehingga aman untuk ayam aduan.

3. Mencukupi Kebutuhan Asupan Nutrisi Ayam Aduan

Manfaat pur 594 selanjutnya untuk ayam aduan yaitu bisa dijadikan sebagai pakan utama. Seperti sudah disinggung sebelumnya, pur 594 terbuat dari berbagai macam bahan komposisi dengan kandungan nutrisi dan gizi tinggi sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan ayam aduan. Oleh sebab itu, sudah tersedia cukup banyak penggemar yang menjadikan pur 594 sebagai pakan utama ayam aduan.

4. Membantu Pembentukan Otot Ayam Aduan

Sesuai dengan namanya, ayam aduan tentunya sangat membutuhkan tenaga besar dan otot yang kuat. Maka dari itu, pur Hi Pro Vite 594 dapat dimanfaatkan untuk membantu pembentukan otot ayam menjadi semakin kuat. Dengan pemberian pur 594 secara rutin, dapat dipastikan bahwa semua nutrisi dan gizi yang dibutuhkan ayam aduan akan terpenuhi.

5. Menjaga Stamina Ayam Aduan

Manfaat pur 594 terakhir untuk ayam aduan yaitu bisa menjaga agar staminanya tetap terjaga dan stabil, meskipun sedang mengikuti perlombaan ataupun kontes. Dimana stamina sendiri sangat dibutuhkan oleh ayam aduan supaya mereka bisa memenangkan pertandingan. Namun, pastikan bahwa porsi pemberian pur 594 untuk ayam aduan sesuai takarannya dan tidak berlebihan.

Cara Pemberian Pur 594 Untuk Ayam Aduan

Setelah mengetahui beberapa manfaat pur Hi Pro Vite 594 untuk beberapa jenis ayam aduan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara hingga kapan waktu ideal pemberiannya. Sebagai informasi tambahan, pada dasarnya voer atau pur 594 ditujukan untuk ayam aduan dengan umur atau usia dewasa, yaitu sekitar 6 bulan ke atas.

Kalian bisa memberikan pur 594 untuk ayam aduan sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pada saat pagi serta sore hari. Hal ini dikarenakan pada saat usia atau umur tersebut, ayam aduan sedang mengalami masa penumbuhan tulang dan otot. Jadi, pastikan semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan cara memberikannya pur 594 sebagai pakan utamanya.

Efek Samping Pur 594 Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat pur 594 untuk ayam aduan dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Meskipun pur Hi Pro Vite 594 memiliki sejumlah manfaat bagi beberapa jenis ayam aduan, namun perlu diingat bahwa pakan tersebut juga memiliki efek samping buruk apabila pemberiannya dilakukan tidak sesuai dengan porsinya.

Apabila pemberian pur 594 sebagai pakan utama ayam aduan terlalu berlebihan, maka bisa membuatnya menjadi kekenyangan sehingga mereka malas bergerak dan beraktivitas. Tentunya hal ini sangat merugikan jika ayam nantinya hendak diikutsertakan perlombaan atau kontes.

Pada intinya, apabila porsi pemberian pur 594 tidak sesuai dengan takarannya, maka akan membuat performa ayam aduan semakin menurun. Maka dari itu, pastikan bahwa kalian memberikan pur Hi Pro Vite 594 untuk ayam aduan sesuai dengan porsi takarannya, entah itu pada pagi ataupun sore hari.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini pur 594 kerap dijadikan sebagai pakan utama ayam aduan karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizinya. Sementara untuk waktu ideal pemberiannya sendiri dilakukan setiap 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi serta sore hari.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat pur 594 untuk ayam aduan dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan pur 594 untuk ayam aduan kesayangan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.