Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

13 Penyebab Walet Tidak Mau Masuk & Cara Mengatasinya!!

Penyebab Walet Tidak Mau Masuk

Penyebab Walet Tidak Mau Masuk – Seperti diketahui, Indonesia sudah sejak lama terkenal dengan salah satu negara pengekspor sarang burung Walet terbesar ke Negeri China. Dengan nilai jual yang cukup tinggi membuat usaha budidaya sarang Walet kini menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai macam kalangan masyarakat kini berlomba-lomba membangun rumah burung Walet untuk dijadikan sebagai usaha sampingan ataupun usaha utama, baik itu di kota-kota besar ataupun daerah terpencil. Terlebih lagi saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis sarang burung Walet sehingga kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkan hasil maksimal dari usaha budidaya sarang Walet tersebut. Dimana salah satu kasus yang paling sering ditemukan oleh para pengusaha sarang Walet yaitu karena burung tersebut tidak mau masuk ke dalam sebuah ruangan. Tentunya permasalahan tersebut bisa saja terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu dari segi tata letak ruang ataupun karena hal-hal lainnya.

Maka dari itu, jika kalian mengalami masalah serupa ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja penyebab Walet tidak mau masuk LMB beserta beberapa cara mengatasinya.

Penyebab Walet Tidak Mau Masuk

Penyebab Walet Tidak Mau Masuk ke LMB

Seperti dijelaskan sebelumnya, memancing Walet agar mau masuk dan menginap di dalam gedung memang bukan pekerjaan yang mudah. Dimana kegiatan tersebut membutuhkan kesabaran serta ketelitian diiringi dengan kerja keras.

Namun sayangnya, sebagian besar orang terutama pemula mengeluhkan bahwa mereka mengalami masalah seperti Walet tidak mau masuk ke LMB. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah penyebab Walet tidak mau masuk ke ruangan.

1. Lubang Terjun Walet Terlalu Kecil

Penyebab pertama kenapa Walet tidak mau masuk yaitu karena void atau lubang terjun terlalu sempit. Hal ini membuat pergerakan burung Walet saat menukik menjadi terbatas. Dengan begitu, burung Walet yang baru terkadang enggan mencoba terjun melalui void tersebut karena merasa tidak nyaman.

2. Rumah Walet Terlalu Sempit

Sama halnya seperti lubang terjun, ukuran ruang atau rumah Walet yang kecil juga bisa menjadi penyebabnya. Pastinya rumah Walet yang terlalu sempit akan membuat Walet menjadi sulit bergerak pada saat memutar. Jika memang benar karena ukuran ruangannya kecil, kemungkinan besar Walet tidak akan masuk.

3. Tidak Ada Suara Tarik

Tidak adanya suara tarik koloni di LMB juga bisa menjadi salah satu penyebab Walet tidak mau masuk. Hal ini dikarenakan suara pemanggil memiliki peranan penting untuk memancing Walet agar mau masuk dan menginap. Namun, perlu diingat bahwa suara burung Walet juga cukup beragam sehingga kalian perlu memahaminya.

4. Tata Ruangan Salah

Ketika membangun rumah Walet, tentunya kalian perlu menyesuaikan dengan karakteristik ruangan yang disukainya. Jadi, tata ruang yang salah akan menjadi salah satu penyebab Walet tidak akan mau masuk karena mereka merasa tidak nyaman dan sulit untuk mengaksesnya.

5. Suhu Ruangan Tidak Sesuai

Penyebab Walet tidak mau masuk selanjutnya yaitu karena suhu dan kelembapan tidak sesuai, baik itu suhu ruang tempat inap ataupun ruangan putar (rooving room). Perlu diketahui, Walet sendiri sangat menyukai suhu dingin yang berkisar antara 26°C sampai 29°C.

6. Papan Sirip Walet Kotor

Kemudian keberadaan papan sirip yang kotor di dalam gedung juga bisa membuat Walet tidak mau masuk. Biasanya hal ini disebabkan karena papan sirip mengalami pertumbuhan jamur di permukaannya atau karena pembuat gedung tidak sengaja mengotorinya.

Selain itu, penataan papan sirip sudut tidak rapi juga bisa menjadi penyebab Walet tidak nyaman di dalam gedung. Maka dari itu, pastikan kalian meletakkan papan sirip membentuk sudut 90 derajat di dalam rumah Walet.

7. Pemilihan Jenis Kayu Papan Sirip Salah

Selain penempatan, pemilihan jenis kayu papan sirip di dalam gedung juga penting untuk diperhatikan. Sebab, tidak semua jenis kayu dapat digunakan sebagai sirip di dalam gedung. Jadi, sebaiknya minta saran kepada tukang atau petani yang sudah berpengalaman terkait jenis kayu papan sirip rumah Walet.

8. Adanya Hewan Pengganggu

Penyebab terakhir mengapa Walet tidak mau masuk yaitu karena adanya hewan pengganggu seperti hama. Hadirnya hewan pengganggu di dalam gedung akan membuat Walet merasa takut serta merasa tidak nyaman ketika menginap. Adapun jenis hewan pengganggu yang kerap ditemui yaitu seperti kelelawar, tikus serta tokek.

Cara Mengatasi Walet Tidak Mau Masuk

Cara Mengatasi Walet Tidak Mau Masuk

Di atas sudah dijelaskan secara rinci apa saja penyebab Walet tidak mau masuk ke ruangan atau LMB. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara untuk mengatasi supaya Walet mau masuk dan menginap di dalam gedung. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi Walet tidak mau masuk ke LMB dan hanya berputar-putar saja.

1. Pastikan Ukuran Gedung Sesuai

Cara mengatasi Walet tidak mau masuk ke dalam ruangan pertama yaitu memastikan ukuran rumah Walet sudah sesuai spesifikasi. Umumnya ukuran gedung yang sesuai dengan spesifikasi yaitu sekitar 4 m x 4 m, baik itu untuk void ataupun rumah monyet.

2. Pasang Tweeter

Memasang twetter dengan benar sebagai audio pemanggil Walet juga perlu diperhatikan. Tidak hanya sebagai pemanggil saja, namun kalian juga perlu mempersiapkan audio supaya Walet bisa dengan nyaman menginap di dalam rumah. Kalian bisa memasang twetter di lubang dasar atau jendela, di dalam gedung maupun di atas atap gedung.

3. Sesuaikan Suhu Ruangan

Seperti dijelaskan di atas, suhu ruangan juga bisa menjadi penyebab mengapa Walet tidak mau masuk. Jadi, usahakan suhu rumah Walet tetap terjaga diantara 26°C sampai 29°C. Jika terlalu panas, maka bisa membuat Walet tidak akan nyaman di dalam ruangan.

4. Letakkan Papan Sirip

Cara mengatasi Walet tidak mau masuk selanjutnya yaitu mengenai pembuatan serta peletakkan papa sirip. Pastikan kalian membuat papan sirip menggunakan jenis kayu yang sesuai seperti kayu Meranti, Sengon ataupun Ulin. Selain itu, peletakkannya juga perlu diperhatikan, yaitu membentuk sudut 90 derajat.

5. Pastikan Tidak Ada Hewan Pengganggu

Tips terakhir untuk mengatasi Walet tidak mau masuk ke dalam gedung yaitu memastikan bahwa tidak ada hama atau hewan pengganggu lainnya. Kalian bisa melakukan pengontrolan atau pemeriksaan rumah Walet secara rutin setiap minggunya. Jika terdapat hewan pengganggu, sebaiknya segera usir hewan tersebut.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa agar Walet mau masuk ke dalam rumah, tentunya kalian harus membuat ruangan terasa nyaman dan aman untuk ditinggali. Selain itu, faktor penting lainnya supaya Walet mau masuk yaitu dengan memasang tweeter sebagai suara pemanggil atau penarik Walet.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar penyebab Walet tidak mau masuk ke dalam ruangan atau rumah dilengkapi dengan beberapa tips mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika mengalami masalah Walet tidak mau masuk ke dalam gedung.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *