Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Mengatasi Kacer Takut Orang Paling Ampuh & Penyebabnya!

Cara Mengatasi Kacer Takut Orang

Cara Mengatasi Kacer Takut Orang – Seperti diketahui, Kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan terkenal di Indonesia yang seringkali ikut lomba karena aktif serta mempunyai kicauan merdu. Namun sayangnya, unggas tersebut termasuk penakut, khususnya ketika bertemu dengan banyak orang sekaligus.

Dimana burung Kacer yang ketakutan sendiri biasanya dapat dikenali dari tubuhnya membesar. Apabila hal tersebut terjadi, maka Kacer tersebut tidak bisa mengikuti perlombaan atau kontes, karena pasti akan kalah. Pasalnya, ketika Kacer merasa takut atau stres, maka mereka akan menjadi pasif dan jarang berkicau.

vitamin burung

Tentunya hal ini akan sangat mengganggu pemiliknya, karena para kicaumania pasti ingin burung Kacer peliharaannya tersebut berkicau dengan indah dan selalu aktif. Nah, untungnya saat ini sudah terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan ketika hendak membuat Kacer tidak takut lagi dengan orang di lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara mengatasinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengatasi Kacer takut orang dilengkapi dengan penyebab permasalahannya.

Penyebab Kacer Takut Orang

Penyebab Kacer Takut Orang

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, burung Kacer ketakutan ketika melihat orang di sekitar biasanya bisa dikenali dari tubuhnya membesar. Salah satu penyebab kenapa jenis burung peliharaan tersebut takut kepada manusia yaitu karena adanya riwayat perawatan harian kurang tepat sebelumnya.

Selain itu, Kacer takut orang juga bisa disebabkan karena settingan sebelum lomba salah, khususnya bagi Kacer dengan karakter giras. Namun, hal paling sering dialami oleh Kacer ketika merasa takut dengan orang di sekitar yaitu karena mereka belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru di sekitarnya.

Beberapa penggemar Kacer tipe panas juga sering mengalami permasalahan tersebut. Bisanya rasa takut Kacer akan muncul ketika mereka sedang kurang birahi atau over emosi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa rasa takut Kacer terhadap orang sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal sampai eksternal.

Akibat Kacer Takut Orang

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi Kacer takut orang lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu akibat atau dampak dari permasalahan tersebut. Dimana dampak yang paling terasa ketika Kacer memiliki rasa takut yaitu mereka tidak akan mengeluarkan performa maksimalnya.

Bahkan di beberapa kasus juga bisa menyebabkan Kacer tidak mau berkicau sama sekali atau macet bunyi. Oleh sebab itu, sebagian besar orang beranggapan bahwa jenis burung Kacer yang memiliki rasa takut terhadap orang dapat dipastikan bahwa merek tidak akan memenangkan sebuah perlombaan atau kontes.

Cara Mengatasi Kacer Takut Orang

Cara Mengatasi Burung Kacer Takut Orang

Setelah mengetahui beberapa penyebab hingga akibat burung Kacer takut orang, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara mengatasi Kacer takut orang berikut ini, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

1. Letakkan Pada Lokasi yang Nyaman

Cara mengatasi Kacer takut orang pertama yaitu meletakkan sangkar atau kandangnya di tempat yang tenang dan nyaman. Cara ini sangat penting untuk dilakukan, terutama ketika Kacer baru saja dibeli atau ditangkap dari hutan. Apabila Kacer terlihat lebih rileks, barulah pindahkan ke lokasi lebih ramai seperti di teras rumah.

2. Cukupi Kebutuhan Pakan Kacer

Kemudian cara selanjutnya yaitu memberikan pakan yang sehat untuk mencukupi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi Kacer. Pemberian pakan ekstra ini sebenarnya juga sangat dibutuhkan ketika Kacer dipindahkan ke tempat lebih ramai. Cara ini sebenarnya seringkali dilakukan sebagai salah satu perawatan Kacer tipe panas.

3. Mandikan Kacer

Memandikan Kacer secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi burung takut dengan orang sehingga merek bisa jinak kepada pemiliknya. Tata cara melakukannya yaitu dengan memandikan Kacer sampai basah kuyup pada pukul 8 sampai 9.30 pagi. Setelah itu, silahkan jemur Kacer di bawah tempat yang teduh, namun masih mendapatkan sinar matahari.

4. Berikan Kacer Suplemen Tambahan

Tidak hanya dari segi perawatan hariannya saja, namun mengatasi Kacer takut orang juga bisa dilakukan dengan cara memberikannya suplemen tambahan. Kalian bisa memberikan Kacer suplemen tambahan seperti BFA (Bird First Aid). Dimana penggunaan BFA sendiri terbukti bisa membuat Kacer merasa tenang lebih cepat.

5. Bersihkan Sangkar Kacer

Tips selanjutnya yaitu membersihkan sangkar atau kandang Kacer secara rutin. Sebagai informasi tambahan, penyebab Kacer takut orang atau stres juga bisa dikarenakan kondisi kandangnya selalu kotor. Oleh sebab itu, supaya bisa terhindar dari bakteri dan kuman berbahaya, sebaiknya bersihkan sangkar Kacer secara rutin.

6. Kerodong Kacer di Malam Hari

Cara mengatasi Kacer takut orang terakhir yaitu dengan melakukan pengerodongan pada saat malam hari. Salah satu tujuan pengerodongan sangkar Kacer pada saat malam hari tersebut yaitu supaya mereka mempunyai waktu untuk beristirahat. Selain itu, pengerodongan juga bisa membuatnya merasa lebih nyaman.

Kesimpulan

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Kacer takut orang untuk semua jenis dilengkapi dengan penyebab hingga akibatnya, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi permasalahan Kacer takut manusia.

Sumber gambar : portaljogja.pikiran-rakyat.com, sumsel.poskota.co.id

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.