Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Cara Mengatasi Merpati Malas Terbang Tinggi & Penyebabnya!!

Cara Mengatasi Merpati Malas Terbang

Cara Mengatasi Merpati Malas Terbang – Bagi para pecinta Merpati, tentunya mereka menginginkan burung peliharaan tersebut bisa terbang tinggi ketika mengikuti perlombaan. Selain berkemungkinan besar memenangkan lomba, Merpati yang terbang lebih tinggi juga bisa meningkatkan nilai harga jualnya.

Hampir semua jenis Merpati memiliki potensi untuk terbang lebih tinggi, baik itu Merpati jenis kolong, tomprang ataupun Merpati rumahan. Tentunya semua keinginan akan Merpati yang terbang tinggi tersebut dapat diwujudkan dengan cara pelatihan serta pemberian pakan secara rutin dan teratur.

Meskipun demikian, tetap saja terdapat beberapa kasus dari pecinta Merpati mengeluhkan bahwa burung mereka malas untuk terbang. Tentunya persoalan Merpati tidak mau terbang tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, baik itu dari segi burung ataupun karena kesalahan perawatan.

Akan tetapi, sebenarnya masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi Merpati tidak mau terbang tinggi. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan penjelasan terkait cara mengatasi Merpati malas terbang dilengkapi penyebab persoalannya.

Penyebab Merpati Malas Terbang Tinggi

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi Merpati malas terbang lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu penyebab persoalannya. Adapun beberapa penyebab Merpati malas terbang tinggi tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Merpati Masih Muda

Penyebab pertama mengapa Merpati malas terbang yaitu karena usianya masih muda. Hal ini dikarenakan otot dan tulang sayap Merpati muda masih dalam proses penguatan sehingga tidak bisa dipaksakan untuk dapat terbang.

2. Merpati Mabung

Penyebab selanjutnya yaitu karena Merpati sedang mengalami masa mabung. Dimana saat Merpati mabung, terdapat beberapa bulu sayap baru tumbuh dan membutuhkan energi besar. Dengan begitu, maka dapat dipastikan bahwa merpati akan malas untuk terbang.

3. Merpati Lama di Kurungan

Merpati lama di dalam kandang atau kurungan bisa mengakibatkan otot-otot sayap semakin melemah karena lama tidak bergerak. Selain itu, Merpati juga kemungkinan besar akan bertambah gemuk sehingga semakin berat untuk dapat terbang.

4. Merpati Tipe Keras

Penyebab terakhir Merpati malas terbang yaitu karena jenis atau tipe burungnya keras. Biasanya tipe Merpati keras memang dikhususkan untuk merpati balap perlombaan yang mampu terbang rendah dengan kecepatan tinggi.

Cara Mengatasi Merpati Malas Terbang

Setelah mengetahui beberapa penyebab Merpati malas terbang, selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana solusi untuk mengatasinya. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengerti bagaimana CIRI-CIRI MERPATI BALAP TINGGIAN yang sudah terkenal kalangan pecintanya.

Pada intinya, supaya burung Merpati bisa terbang lebih tinggi dengan stabil yaitu dapat dilakukan melalui cara perawatan dan pelatihan secara baik dan benar. Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak baik-baik tata cara mengatasi Merpati malas terbang di bawah ini.

1. Perawatan Merpati

Cara mengatasi Merpati malas terbang pertama yaitu dengan melakukan perawatan secara rutin seperti memandikan hingga penjemuran. Kalian dapat memandikan Merpati setiap hari saat pagi menggunakan sabun khusus yang banyak dijual di toko pakan ternak.

Setelah dimandikan, sebaiknya segera lakukan penjemuran Merpati di bawah sinar matahari diantara pukul 08.00 sampai 09.00. Penjemuran ini bertujuan supaya otot-otot serta tulang Merpati bisa rileks sehingga tidak kaku saat terbang.

2. Pemberian Pakan Merpati

Memberikan pakan secara teratur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi Merpati malas terbang. Pola makan Merpati dapat dilakukan setiap 1 kali sehari setiap sore, entah itu jagung, kacang hijau ataupun beras merah. Jika ingin khasiatnya lebih bagus, sebaiknya campurkan pakan Merpati dengan telur dan madu.

3. Pelatihan Merpati

Cara selanjutnya yaitu dengan melatih Merpati secara rutin dengan benar. Kalian bisa melatih Merpati muda agar tidak malas terbang pada pukul 08.00 sampai 09.00 dan Merpati dewasa pada pukul 15.00 hingga 17.00.

Namun, perlu diingat bahwa jangan pernah melakukan pelatihan Merpati pada cuaca mendung. Hal ini dikarenakan cuaca mendung atau gelap dapat mempengaruhi performa dan menyulitkan Merpati dalam menentukan arah.

4. Berikan Vitamin Tambahan

Cara mengatasi Merpati malas terbang terakhir yaitu dengan memberikan pakan atau vitamin tambahan bernutrisi, salah satunya seperti gula merah. Hal ini dikarenakan MANFAAT GULA MERAH UNTUK MERPATI bisa meningkatkan stamina dan memperpanjang napas.

Cobalah untuk memberikan gula merah yang sudah dipotong kecil-kecil seperti biji jagung setiap 3 kali dalam seminggu. Akan lebih baik jika pemberian gula merah sebagai penambah stamina burung Merpati ini dilakukan pada pukul 07.00 pagi secara rutin.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa supaya Merpati tidak malas terbang yaitu pemilik harus rajin merawat dan memberikan pakan secara teratur. Selain itu, pelatihan secara bertahap juga sangat dibutuhkan setiap harinya, khususnya bagi Merpati muda.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Merpati malas terbang, baik itu dari segi perawatan, pemberian pakan hingga proses pelatihannya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat Merpati bisa terbang tinggi.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *