Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Cara Mengobati Kaki Burung Tidak Mencengkeram & Penyebabnya!

Cara Mengatasi Kaki Burung Tidak Mencengkeram

Cara Mengobati Kaki Burung Tidak Mencengkeram – Perlu diketahui, ternyata cara bertengger burung dapat dijadikan sebagai indikator bahwa burung tersebut sedang sakit atau sehat. Bahkan, burung yang sedang mengangkat kaki di dalam sangkar atau kandang pun bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Namun sayangnya, perilaku burung seperti ini tidak terlalu dianggap serius oleh para pemilik ataupun penggemarnya. Mungkin mereka mengira bahwa burung sedang melakukan atraksi atau unjuk kebolehan kepada pemiliknya. Padahal, burung yang sering mengangkat kakinya merupakan sebuah tanda bahwa mereka sedang mengalami masalah.

Salah satu jenis masalah pada burung yang bisa ditandai dengan sering mengangkatkan kaki atau menghindari pijakan yaitu karena kaki mereka tidak bisa mencengkeram. Dimana permasalahan pada burung tersebut sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal ataupun eksternal.

Akan tetapi, masih banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka tidak mengetahui bagaimana tata cara mengatasi ataupun mengobatinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara mengobati kaki burung tidak mencengkeram untuk semua jenis dilengkapi sejumlah penyebabnya.

Penyebab Kaki Burung Tidak Bisa Mencengkeram

Penyebab Kaki Burung Tidak Bisa Mencengkeram

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, permasalahan kaki burung tidak bisa mencengkeram dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal (dalam) ataupun eksternal (luar). Dimana perilaku burung tidak mau mencengkeram di tangkringan sendiri sebenarnya termasuk ke dalam masalah cukup serius.

Oleh karena itu, sebelum membahas poin utama mengenai tata cara mengobati kaki burung tidak bisa mencengkeram lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab masalahnya. Adapun sejumlah penyebab kaki burung tidak dapat mencengkeram tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kaki burung terluka.
  • Kaki burung bengkak karena penyakit tertentu.
  • Kaki burung digigit nyamuk.
  • Kaki burung mengalami bengkak pada pembuluh darah.
  • Burung mengalami scaly leg (kaki berkerak).
  • Kaki burung mengalami kram atau kejang.
  • Munculnya guratan merah pada kaki burung.

Cara Mengobati Kaki Burung Tidak Mencengkeram

Cara Mengobati Kaki Burung Tidak Bisa Mencengkeram

Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan kaki burung tidak dapat mencengkeram dengan baik, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasi ataupun mengobatinya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara mengobati kaki burung tidak mencengkeram berikut ini.

1. Mengoleskan Antiseptik

Cara mengobati kaki burung tidak mencengkeram pertama yaitu dengan mengoleskan antiseptik pada luka. Dimana antiseptik sendiri bertujuan untuk mencegah timbulnya infeksi karena luka di kaki burung. Untuk mempercepat proses penyembuhannya, sebaiknya berikan pakan bergizi dan multivitamin tambahan.

2. Mengoleskan Birdcream

Kemudian cara selanjutnya yaitu oleskan birdcream apabila luka ataupun bengkak pada kaki burung sudah cukup parah. Sebelum memberikan birdcream, bersihkan kaki burung terlebih dahulu menggunakan cairan anti septik. Selain itu, bersihkan juga tangkringan di dalam sangkar agar terbebas dari kuman atau bakteri.

3. Mengoleskan Minyak Tawon

Perlu diketahui, minyak tawon seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu obat untuk berbagai macam penyakit burung, termasuk kaki bengkak karena gigitan serangga. Cara mengobati kaki burung tidak mencengkeram dengan minyak tawon yaitu cukup dengan mengoleskan ke lukanya. Setelah itu, lindungi sangkar burung dengan memberikan kain atau kerodong supaya tidak ada serangga yang masuk ke dalamnya.

4. Mengoleskan Orajel

Apabila burung tidak mau mencengkeram karena adanya permasalahan pembengkakan pada kaki burung, sebaiknya obati dengan memberikan orajel dan minyak kayu putih. Silahkan oleskan orajel pada pembuluh darah yang bengkak. Guna mengurangi pembengkakan, oleskan juga krim vitamin A dan D lalu berikan obat dimethyl sulfoxide (DMSO).

5. Cukupi Kebutuhan Asupan Burung

Seperti halnya saat mengobati kaki ayam ayam bangkok lemas, cara mengobati kaki burung tidak mencengkeram terakhir yaitu dengan mencukupi semua kebutuhan asupan nutrisi dan gizinya. Pastikan kebutuhan pakan utama dan air minum burung di sangkar terpenuhi. Selain itu, berikan juga beberapa jenis pakan tambahan seperti multivitamin, terutama vitamin B-komplek.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa permasalahan kaki burung tidak bisa mencengkeram yaitu bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari faktor internal maupun eksternal. Sementara untuk tata cara mengobatinya sendiri sebenarnya dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan oleh pemiliknya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengobati kaki burung tidak mencengkeram untuk semua jenis dilengkapi dengan sejumlah penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi kaki burung kesayangan tidak mencengkeram di tangkringan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.