Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Sarang Burung Walet

Jenis Sarang Burung Walet

Jenis Sarang Burung Walet – Burung walet memiliki banyak sekali keunikan, bahkan pembuatan serta bentuk sarangnya. Pembuatanya yaitu menggunakan air liurnya, secara bertahap dan mengeras dengan sendirinya.

Sarang walet biasanya terdapat di dalam gua, lebih tepatnya pada bagian pojokan atau di sela-sela bebatuan. Sehingga liur tersebut berfungsi untuk merekatkan sarang ke bagian dinding atau langit-langit di dalam gua, agar tidak jatuh.

Sarang burung walet sendiri telah menjadi bahan olahan makanan, kosmetik, dan kesehatan dengan harga jual cukup fantastis. Namun, harga tersebut juga dikarenakan sudah banyak dipercayai bahwa sarang walet memiliki beragam manfaat.

Karena, liur walet memiliki kandungan cukup lengkap yaitu tinggi kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak orang beranggapan bahwa sarang walet memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jenis Sarang Burung Walet di Indonesia

Jenis Sarang Walet di Indonesia

Kemudian, ternyata sarang walet sendiri memiliki beberapa jenis di Indonesia. Terdapat sekitar lima dan memiliki bentuk berbeda-beda sesuai jenisnya. Untuk mengetahui selengkapnya, maka kalian bisa simak baik-baik pada ulasan berikut ini.

1. Sarang Burung Walet Putih

Sarang Putih

Jenis sarang burung walet yang pertama yaitu memiliki warna putih. Jenis ini termasuk grade original di Indonesia, semakin bersih sarang walet tersebut, maka akan semakin mahal pula harga jualnya.

Jadi, tak heran apabila kita menjumpai sarang walet asli dan dibanderol dengan harga hingga puluhan juta. Harganya pun dapat disesuaikan melalui bentuk dan ukuran rumah walet tersebut.

Untuk rumah walet original ini memang bisa dibilang memiliki harga paling mahal, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Karena, keaslian atau tanpa adanya modifikasi penjual, bentunya seperti mangkok.

Jenis sarang ini dihasilkan dari bulu ringan walet, lalu nantinya akan dicabuti oleh penjual dengan hati-hati. Sebelum dijual, pastinya harus melalui proses dry processing, menggunakan cara steam atau penguapan.

Biasanya penjual akan mengolah jenis sarang walet ini dengan sangat hati-hati. Tujuannya yaitu agar tidak merusak tulangan serta serat yang terdapat pada sarang burung walet.

2. Sarang Walet Segitiga

Sarang Segitiga

Kemudian, terdapat pula jenis sarang walet segitiga. Penamaan jenis sarang ini pastinya dikarenakan bentuknya yang mmenyerupai segitiga atau ketiga sudutnya meruncing.

Nah, biasanya jenis sarang burung ini banyak dijumpai pada area pojokan ruang bangunan, seperti gedung-gedung, rumah tua, dan bangunan lainnya. Bagaimana dengan kandungannya?

Nah, untuk kandungannya sendiri juga tidak kalah lengkap dengan jenis lainnya, perbedaannya hanya terdapat pada bentuk serta warna dari jenis sarang burung walet tersebut.

Biasanya saat burung walet mengeluarkan suara ketika membuat sarang. SUARA BURUNG WALET yang sedang membuat sarang bersama koloni atau kawanannya cukup membisingkan.

Namun, dibalik kebisingan tersebut juga tetap bisa digunakan untuk hal benmanfaat. Seperti halnya digunakan untuk memaster burung kicauan lainnya supaya memiliki kicau bervariasi.

3. Sarang Walet Patahan

Sarang Patahan

Berikutnya jenis sarang burung walet ini dinamakan patahan, sesuai bentuknya yang tidak sempurna. Biasanya kerusakan dikarenakan oleh alat untuk memanen sarang yang tidak dilakukan dengan benar.

Sehingga, menimbulkan rusaknya rumah burung walet tersebut, bahkan bisa juga jenis ini merupakan sarang yang sudah terjatuh di tanah. Untuk harganya sendiri jauh lebih murah, jika dibandingkan jenis lain.

4. Sarang Walet Strip

Sarang Strip

Jenis sarang burung walet strip memiliki bentuk seperti mangkok, tapi tidak terlalu rapi. Bentuk jenis ini hampir mirip seperti patahan, untuk harganya sendiri juga tidak jauh berbeda dengan jenis patahan.

Namun, untuk kandungan gizi didalamnya juga tidak kalah lengkap dengan jenis lainnya. Hanya saja bentuknya kurang menarik, bahkan biasanya hanya dijadikan sebagai campuran sop saja.

5. Sarang Walet Merah

Sarang Merah

Untuk sarang burung walet terakhir yaitu memiliki keunikan, seperti halnya dengan warna merah. Jenis sarang walet merah tersebut memang bercampur dengan darah walet.

Darah tersebut bukan berasal dari perkelahian atau penyakit burung, akan tetapi berasal dari burung walet betina yang mengeluarkan telurnya. Hal tersebut pastinya menjadikan jenis ini menjadi lebih mahal.

Harganya cukup mahal karena sangat jarang ditemukan dan langka. Namun, pada saat kalian ingin membelinya lebih baik teliti terlebih dahulu, bisa saja warna merah tersebut berasal dari kecuranga penjual.

Jenis sarang burung walet merah sendiri ternyata tidak layak konsumsi, tidak bisa dimakan atau tidak bisa dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik. Sebab, sarang tersebut sudah tercampur dengan kotoran walet.

Nah, jika sobat ingin membeli sarang burung walet merah. Sebaiknya mendatangi langsung tempat penangkarannya, agarkalian bisa mengetahui tingkat keaslian dari jenis rumah burung walet merah tersebut.

Manfaat Sarang Burung Walet

Manfaat Sarang Burung Walet

Setalah sobat mengetahui beberapa jenis di atas, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui manfaatnya. Nah, untuk mengetahuinya, maka silahkan kalian bisa simak beberapa diantaraya seperti berikut ini.

1. Kandungan Asam Amino

Di berbagai jenis sarang burung tersebut ternyata memiliki kandungan asam amino. Nah, pastinya bisa melengkapi kebutuhan harian sobat dari makanan tersebut.

Jenis rumah burung walet tersebut juga mengandung glikoprotein serta antioksidan cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan sup ayam atau pun ikan.

2. Sumber Mineral

Kemudian, jenis rumah burung walet tersebut juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu mangan, tembanga dan kalsium.

Bagi tubuh, asupan kalsium yang tercukupi akan membantu menjaga kesehatan tulang, persendian, serta mengatur proses pembekuan darah pada tubuh manusia.

3. Tinggi Antioksidan

Dari beberapa jenis rumah burung walet yang ada ternyata memiliki kandungan tinggi antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa aktif untuk melawan radikal bebas, serta penyebab penyakit kronis.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dipercaya pula bahwa jika manusia mengkonsumsi sarang walet selama 30 hari, maka akan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, biasanya dalam hal ini bisa dilakukan untuk membantu pasien kemotherapi.

5. Mencegah Resistensi Insulin

Kemudian, jenis rumah burung walet tersebut juga memiliki manfaat untuk mencegah resisrensi insulin. Biasanya terjadi pada orang-orang yang menyukai makan-makanan berlemak.

Jika tidak segera ditangani, maka bisa saja akan menimbulkan penyakit diabetes. Untuk itu, konsumsi jenis sarang burung walet tersebut untuk bisa terhindar dari beberapa serangan penyakit.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa rumsh burung walet yang ada di Indonesia, terkenal dengan sejumlah kandungan bermanfaat bagi manusia. Demikian informasi dari birdsny.com mengenai jenis sarang burung walet, semoga bisa menjadi ladang ilmu bagi sobat kicau. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *