6 Perbedaan Ayam Mangon dan Magon : Ciri Khas, Telur & Fisik

Perbedaan Ayam Mangon dan Magon
Advertisements

Perbedaan Ayam Mangon dan Magon – Mencari jenis ayam terbaik untuk aduan memang membutuhkan pengetahuan. Sebagian dari kalian pastinya pernah mendengar nama ayam mangon dan magon, karena hampir sama maka banyak yang salah memilihnya.

Karena berasal dari satu garis keturunan maka bentuknya termasuk mirip namun ada beberapa perbedaan ayam mangon dan magon. Seperti halnya ciri ayam bangkok petarung sadis, ayam magon juga dilirik oleh petarung sabung ayam sehingga wajib mengetahui perbedaan dengan ayam mangon.

Advertisements

Ayam magon sudah dikenal mempunyai teknik pertarungan yang baik, bisa diandalkan karena pukulannya akurat. Dikenal sebagai ayam jagoan pastinya pilihan banyak orang tertuju pada jenis magon dan mangon.

Apabila disandingkan secara langsung keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun bagi orang awam justru kurang teliti sehingga terkadang bisa salah menyangka, untuk pembahasan lebih jelas mengenai perbedaan ayam mangon dan magon silahkan simak dibawah ini.

Perbedaan Ayam Mangon dan Magon

Keduanya memang berasal dari satu indukan ataupun keturunan sehingga ciri fisiknya pun hampir sama. Namun apabila diamati akan terdapat beberapa perbedaan yang muncul sehingga wajib untuk kalian ketahui.

Tak hanya dari fisiknya, asal muasal kedua ayam inipun cukup berbeda karena merupakan hasil kawin silang. Untuk yang ingin membeli dan memiliki jenis magon maupun mangon silahkan simak perbedaannya dibawah ini.

Advertisements

1. Perbedaan Asal Ayam Mangon dan Magon

Jika dilihat dari asalnya memang kedua ayam ini memiliki perbedaan, ayam magon adalah hasil kawin silang antara ayam pama dan ayam saigon. Sedangkan untuk ayam mangon adalah hasil sempurna dari ayam pama melalui proses kembang biak.

Jadi ayam magon adalah produk kawin silang, sedangkan mangon merupakan garis keturunan langsung dari ayam pama. Dari sini saja akan mempengaruhi ciri khas fisik, penampilan dan bentuk badan kedua ayamnya.

2. Perbedaan Ciri Khas

Perbedaan Mangon dan Magon

Dari ciri khasnya ayam magon memiliki bulu lebih lebat kemudian warnanya cenderung gelap seperti pada gambar diatas. Sedangkan ayam mangon mempunyai bulut lebih tipis namun warnanya lebih banyak variasinya seperti coklat, kelabu, merah, hitam bahkan bisa mirip pola batik.

Karena ayam magon adalah hasil kawin silang maka akan ada ciri khas dari ayam pama dan ayam saigon sehingga cukup tampil berbeda. Meskipun kurang menarik tampilannya namun kemampuan bertarungnya dapat diandalkan.

3. Perbedaan Bentuk Fisik

Perbedaan Bentuk Fisik

Selanjutnya untuk tipe magon memiliki bentuk lebih besar dan kuat, sedangkan mangon bentuknya lebih kecil. Selain itu mangon lehernya lebih pendek jika dibandingkan magon sehingga jika dijejerkan cukup terlihat perbedaannya. Postur ayam magon juga lebih tegap sehingga terlihat lebih berwibawa.

Kemudian perbedaan lainnya adalah ayam magon lebih memiliki struktur tubuh yang kuat sehingga sering digunakan untuk sabung ayam. Berbeda dengan mangon dimana karena bentuknya lebih kecil jarang menjadi pilihan.

Seperti pada ciri ciri kaki ayam birma asli, memang dari bentuk fisik tidak bisa dibohongi. Ayam jenis petarung akan memiliki karakteristik tersendiri dimana dapat dibedakan secara mudah dengan jenis lainnya.

4. Bobot Ayam Mangon dan Magon

Kemudian untuk bobot magon akan mulai dari 3kg hingga 5kg, sedangkan mangon lebih ringan yaitu 3kg sampai 4kg. Jadi dari bobotnya akan cukup berbeda meskipun memang hanya terpaut sedikit namun mempengaruhi tampilan keseluruhan.

Memang salah satu tujuan persilangan ayam magon adalah untuk mendapat kelas petarung dimana memaksimalkan pukulan serta daya tahan tubuhnya. Hal ini tidak dijumpai pada jenis mangon karena merupakan keturunan asli dari ayam pama.

5. Perbedaan Warna Telur

Perbedaan Warna Telur
Advertisements

Kemudian perbedaan lainnya terletak dari telur, jenis magon memiliki warna lebih pudar dibandingkan mangon. Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa jenis mangon memiliki warna lebih cerah dimana hampir kecoklatkan.

Cukup berbeda dengan jenis magon dimana menuju ke coklat pudar sehingga apabila disandingkan dapat dibedakan. Terlebih dibanding ayam petelur perbedaan akan terlihat langsung karena memang semuanya lebih pucat.

6. Harga Ayam Mangon & Magon

Apabila bicara masalah harga, sekarang memang ayam magon memiliki harga lebih mahal dibandingkan mangon. Untuk jenis magon jantan harganya mulai Rp.500.000 hingga Rp.900.000 sedangkan mangon sedikit dibawahnya yaitu Rp.400.000 sampai Rp.800.00.

Kemudian pada kasus tertentu memang harga ayam bisa saja melambung tinggi apabila sudah pernah juara, memiliki kondisi baik, karakter petarung serta usianya. Jadi memang untuk ayam petarung harganya bisa jadi jauh lebih tinggi.

Kesimpulan

Dari perbedaan diatas akan semakin memudahkan kalian memilih jenis ayam untuk kebutuhan petarung dan lainnya. Pada dasarnya karena adanya perbedaan dari kawin silang menyebabkan kedua ayam memiliki ciri khas masing masing.

Tergantung kepada kalian ingin mencari ayam dengan garis keturuan asli ataupun perkawinan silang sesuai kebutuhan. Demikian penjelasan dari birdsny.com semoga dapat jadi gambaran serta pengetahuan untuk kalian.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.