Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau

PERBEDAAN TLEDEKAN GUNUNG DAN TLEDEKAN BAKAU

Perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau – Popularitas Tledekan Gunung saat ini mulai beranjak naik , seiring bertambahnya penggemar di kelasnya. Burung Tledekan tersebut memiliki nama lain yaitu sulingan atau siulan, hal ini dikarenakan suara kicauannya yang menyerupai suara suling.

Kemudian, ada pula jenis Tledekan lokal atau Bakau, yang memang saat ini populasinya sudah berkurang di habitat aslinya. Untuk mendapatkannya pun susah, karena bisa dibilang burung tersebut sudah hampir punah.

Jenis burung Tledekan Gunung dan Bakau ini memiliki panjang tubuh yang hampir sama yaitu sekitar kurang lebih 9 sampai 10 cm. Tempat yang disukai kedua burung tersebut adalah kawasan yang dekat dengan sumber air, seperti air terjun, dan juga sungai.

Makanan favorit di habitat aslinya merupakan sejenis serangga kecil seperti ulat, capung dan juga serangga kecil, terkadang juga memakan buah-buahan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahasnya mengenai beberapa perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau.

Perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau Paling Lengkap dan Akurat

Jika dilihat sekilas dari fisiknya, memang diantara Tledekan Gunung dan Bakau terlihat sangat mirip. Mungkin bagi kicau mania yang masih pemula akan merasa kebingungan untuk membedakan di antara kedua jenis Tledekan tersebut.

Maka dari itu, Berikut ini akan ada beberapa ciri-ciri Perbedaan Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau, yang bisa dijadikan panduan sebelum kalian meutuskan untuk membeli JENIS BURUNG PELIHARAAN tersebut.

Burung Tledekan Gunung

PERBEDAAN TLEDEKAN GUNUNG
Burung Tledekan Gunung atau Sulingan Gunung Jantan

Berikut ini adalah sedikit cara untuk dijadikan sebagai petunjuk mengenai perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau.

  • Memiliki badan dengan ukuran yang lebih besar.
  • Suara kicau terdengar lebih lantang, dan juga bervariasi.
  • Bulu hitam pada bagian bawah paruh, sangat dekat dengan paruh atau bisa dibilang tembus dengan paruh.
  • Bulu berwarna oranye pada bagian dada lebih jelas atau tegas.
  • Warna putih pada bagian perut, pantat, dan juga ekor bagian bawah.
  • Jika masih trotolan atau muda, akan memiliki sayap dengan warna coklat kebiruan.

Burung Tledekan Bakau

TLEDEKAN BAKAU JANTAN
Burung Tledekan Bakau atau Sulingan Bakau Jantan

Berikut ini adalah sedikit cara untuk dijadikan sebagai petunjuk mengenai perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau.

  • Perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau juga bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Tledekan Bakau ini memiliki badan denan ukuran yang lebih kecil.
  • Suaranya kurang lantang, tetapi jika sudah gacor burung ini tidak kalah menarik dengan tledekan jenis lain.
  • Warna bulu oranye pada bagian dada, terlihat lebih kusam.
  • Bentuk V berwarna biru, pada bagian atas kepalanya cenderung terlihat samar-samar.
  • Warna Hitam dibawah paruh lebih tebal, tetapi tidak tembus ke paruh.
  • Bulu oranye pada bagian dada, langsung menuju pangkal ekor bagian bawah.
  • Jika Tledekan Bakau masih trotolan, maka pada bagian sayapnya memiliki bulu berwarna biru. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai cara, untuk mengetahui perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau.

Pada dasarnya burung Tledekan yang bisa memiliki suara kicau bervariasi, hanyalah Tledekan yang berjenis kelamin jantan saja. Maka simaklah beberapa ciri Tledekan jantan dan betina dibawah ini. Agar nantinya kalian bisa mendapatkan burung Tledekan sesuai keinginan.

Ciri Ciri Tledekan Gunung Jantan dan Betina

TLEDEKAN GUNUNG BETINA
Burung Tledekan Gunung atau Sulingan Gunung Betina

Selain mengetahui perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau, tidak ada salahnya jika kita sedikit membahas mengenai ciri Tledekan Gunung jantan dan betina.

  • Pada tledekan gunung jantan, bulu pada bagian atas tubuhnya (punggung) memiliki bulu berwarna biru tua. Sedangkan wara bulu pada bagian sekitar mata, muka bagian depan, dan bercak pada dagu berwarna hitam.
  • Dahi dan alisnya terlihat pendek dengan warna biru muda atau cerah. Sedangkan pada bagian tenggorokan, dada, dam sisi tubuhnya berwarna jingga serta bagian perut sisi bawah berwarna keputih-putihan.
  • Tledekan Gunung atau Sulingan Gunung betina memiliki warna bulu yang sangat berbeda dengan Tledekan jantan. Pada bagian atas tubuhnya memiliki warna punggung yaitu coklat, dengan lingkar mata berwarna kuning, sedangkan warna bulu pada bagian bawah tubuhnya mirip dengan burung jantan, tetapi dengan warna yang lebih pucat atau memudar.
  • Kemudian, burung Tledekan ini dikenal memiliki karakter fighter atau petarung yang sangat baik, dan juga akan lebih cepat gacor. Suara kicauannya juga terdengar sangat nyaring, dengan banyaknya variasi suara isian.
  • Selain itu, Tledelan atau Sulingan Gunung juga lebih cepat ngeplong dan ngerol dengan ciri khas ngekleknya, asalkan burung tersebut mendapatkan perawatan yang tepat dan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi.

Ciri Ciri Tledekan Bakau Jantan dan Betina

TL BAKAU BETINA

Di bawah ini juga masih menjelaskan seputar burung Tledekan Bakau. Namun, kali ini merupakan sedikit pembahasan mengenai ciri Tledekan Bakau jantan dan betina. Agar kita tidak salah pilih dalam membelinya.

  • Pada Tledekan Bakau jantan, letak perbedaannya adalah pasa warna bulu bagian dahi yang tidak berwarna biru muda. Melainkan warna dahinya hitam, dan juga bulu pada bagian bawah keseluruhan berwarna merah bata sampai kebagian perutnya.
  • Untuk Tledekan Bakau Betina, penampilan fisiknya hampir mirip dengan burung jantan, bahkan lebih mirip Tledekan Gunung jantan. Untuk membedakan jenis kelamin Tledekan Bakau, kalian bisa memperhatikan warna birunya. Tledekan Bakau betina memiliki warna biru, yang lebih terlihat memudar atau pucat. Ciri khas lainnya adalah pada paruh bagian atas, maka akan terlihat bercak putih yang menyerupai huruf V, serta dagunya berwarna agak kekuningan.
  • Tledekan Bakau, burung ini termasuk jenis burung yang susah untuk berkicau. Sekalipun burung tersebut berkicau hanya terdengar pelan atau ngeriwik, jarang sekali untuk ngeplong. Tetapi jika burung tersebut sudah mapan dan sudah gacor, maka Tledekan Bakau tersebut akan memiliki kemungkinan besar untuk mengeluarkan suara kicauannya, dengan didominasi suara isian yang bervariasi.

Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, maka akan menjasikan burung Tledekan tersebut akan bisa berkicau dengan suara ngeplong dan juga ngerol.

Akhir Kata

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan Tledekan Gunung dan Bakau yang dapat birdsny.com sampaikan. Lebih lengkapnya lagi kami menyajikan ciri-ciri Tledekan Gunung dan Bakau jantan dan betina. Ini mungkin akan berguna sekali untuk kalian, sebelum memutuskan untuk membelinya dan memelihara burung Tledeakan tersebut. Terimaksih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *