Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perbedaan Perkutut Lokal dan Bangkok

Perbedaan Perkutut Lokal dan Bangkok

Perbedaan Perkutut Lokal dan Bangkok – Jenis burung Perkutut yang sering kita jumpai untuk dipelihara adalah perkutut Lokal dan juga Bangkok. Perbedaan apa sajakah yang terdapat pada kedua jenis burung tersebut?

Jika kita ketahui dari namanya saja sudah terlihat jelas perbedaannya. Namun, ada perbedaan lainnya yang perlu kalian simak pada pembahasan menarik kali ini, mengenai burung jenis lokal dan bangkok.

Keduanya memiliki kesamaan bentuk fisik serta caranya berkicau atau mengeluarkan suara. Namun, ada juga persamaan lainnya yang memiliki kelebihan dari sisi mistis dan jugabentuk fisiknya.

Jika dilihat dengan saksama pasti akan terlihat jelas, terdapat beberapa perbedaan diantara kedua jenis ini. Namun, sayangnya perbedaan tersebut hanya diketahui oleh perkutut mania, juga penangkarnya saja.

Perbedaan Perkutut Lokal dan Bangkok Terlengkap

Sementara, beberapa penghobi burung kicauan pastinya masih banyak yang tidak tahu menahu, mengenai apa saja perbedaan kedua perkutut. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membantu sedikit tentang beberapa perbedaan kedua perkutut tersebut.

Perbedaan Perkutut Lokal dan Bangkok

Berikut ini adalah beberapa perbedaan diantara keduanya, dapat kalian temukan pada burung lokal dan bangkok. Silahkan, Kalian bisa simak baik-baik dari beberapa metode seperti di bawah ini.

1. Ukuran Tubuh

Ukuran Tubuh Perkutut Bangkok dan Lokal

Ukuran tubuh Perkutut Lokal akan terlihat kecil dan memanjang. Sedangkan untuk Bangkok sendiri bertubuh besar, hanya saja tubuhnya pendek.

2. Kepala

Kepala Perkutut

Perbedaan Ukuran atau bentuk kepala Perkutut Lokal terlihat kecil dan bulat. Sedangkan kepala bangkok cenderung berukuran lebih besar.

3. Leher

Leher Perkutut Bankok dan lokal

Perkutut lokal sendiri memiliki ukuran leher kecil dan terkesan ramping. Sedangkan pada jenis bangkok tersebut ukuran lehernya besar, padat dan berisi.

4. Warna Kacamata

Warna Kacamata Perkutut Bangkok dan Lokal

Perkutut Lokal memiliki garis kacamata cenderung berwarna biru keabu-abuan dan terlihat tipis. Sedangkan untuk garis kacamata Bangkok nampak lebar, tebal, dan warnanya pucat.

5. Garis Leher

Garis Leher Burung Perkutut

Garis leher perkutut lokal terdapat warna hitam di bagian dada gelap. Sedangkan bangkok warnanya cenderung cerah sampai dengan bagian dadanya.

6. Ukuran Kaki

Ukuran Kaki

Perkutut lokal kakinya berukuran kecil serta pendek, jika dibandingkan dengan kaki jenis lainnya terlihat besar memanjang.

7. Warna Kaki

Warna Kaki Perkutut

Pada jenis lokal, yaitu terdapat kaki berwarna ungu dan merah kehitaman. Sedangkan untuk jenis bangkok, kakinya berwarna merah keunguan.

8. Asal Usul

Asal Usul Perkutut

Untuk burung lokal tersebut rata-rata berasal dari hutan dan juga penangkaran di berbagai daerah. Sehingga tidak bisa menjamin dari mana asalnya. Sedangkan untuk bangkok biasanya berasal dari peternak yang tidak mengunakan ring, dan hal ini menjadikan sulit untuk diketahui dari mana asalnya.

9. Warna Bulu

Perbedaan Warna Bulu Perkutut Lokal dan Bangkok

Jika dilihat dengan teliti pada jenis lokal bagian bulunya didominasi oleh warna cokat kusam. Sedangkan bangkok biasanya memiliki warna bulu cenderung terlihat terang.

10. Ekor

Perbedaan dari Ekor Perkutut

Jika dilihat dari bagian ekor Lokal biasanya memiliki ekor lebih panjang serta ujungnya terlihat runcing. Sedangkan Bangkok meskipun berukuran tubuh lebih besar, tetapi bagian ekor lebih pendek serta bentuk tumpul pada bagian ujungnya.

11. Suara

Perbedaan Suara Burung Perkutut Lokal dan Bangkok

Perkutut lokal suaranya cenderung tipis dan pelan. Namun, iramanya ditata dengan tempo cepat, dan suara kung terdengar patah-patah. Sedangkan, SUARA PERKUTUT BANGKOK terdengar keras, tebal, dan ngebas. Irama atau ketukan terdengar jelas harmonis, serta suara kung terdengar panjang dan nglosor.

Kesimpulan

Jadi beberapa perbedaannya bisa kita lihat dari bagian kakinya terlebih dahulu. Karena, perbedaan kaki bangkok berukuran panjang besar, jika dibandingkan dengan jenislainya.

Kemudian, dari ukuran atau postur tubuhnya juga bisa dijadikan perbedaan. Karena, bangkok dengan tubuh besar, dibandingkan ukuran tubuh lokal.

Kalau kalian merasa sulit membedakan dari bentuk fisik, kalian juga dapat membedakannya dengan cara mendengarkan suaranya. Bangkok memiliki suara ngebas, tebal, dan panjang. Sementara itu, untuk satunya lagi suaranya cenderung tipis, pelan, suara kungnya pendek-pendek.

FAQ

Lebih Populer Jenis Bangkok Atau Lokal?

Biasanya sobat kicau lebih memilih jenis bangkok. Karena, memiliki suara “Kung” dan lebih ngebass.

Perbandingan Ukuran Tubuh Jenis Bangkok dan Lokal?

Jenis bangkok memiliki ukuran tubuh lebih besar. Jika dibandingkan dengan jenis lokal.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan, mengenai beberapa perbedaan Perkutut Lokal dan Bangkok. Semoga dengan adanya artikel ini, akan menambah pengetahuan sobat kicau terkait burung Perkutut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *