Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Kacer

Jenis Burung Kacer

Jenis Burung Kacer – Terdapat banyak sekali jenis burung kicauan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Mulai dari yang berukuran paling besar sampai terkecil, akan tetapi memiliki kualitas kicauan bagus.

Bahkan, untuk variasi atau keras tidaknya suara kicauannya pun berbeda-beda setiap jenisnya. Hal tersebut yang menjadikan para penghobi memelihara banyak jenis burung dalam satu tempat tinggalnya.

Pemeliharaan burung kicauan bukan hanya untuk dijadikan sebagai hobi saja, akan tetapi untuk terapi. Sebab, suara kicauannya yang merdu dapat dijadikan sebagai terapi untuk menenangkan pikiran pemiliknya.

Sama halnya dengan suara kicauan burung Kacer, sangat merdu dan bervariasi. Memiliki perawakan yang gagah, serta dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai habitatnya tersebar di berbagai daerah.

Jenis Burung Kacer Poci

Jenis Burung Kacer Poci

Burung kacer poci merupakan salah satu jenis yang paling banyak diikutkan pada ajang perlombaan burung. Memiliki suara kicauan khas, nada melengking dan bervariasi.

Keunikan lainnya terletak pada warna bulunya, pastinya berbeda dengan jenis lokal. Yaitu terdapat bulu berwarna putih diantara bulu-bulu hitam legamnya.

Untuk harganya sendiri memang berbeda-beda sesuai dengan usia, jenis kelamin, kualitas, serta spesifikasinya saat berkicau. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian bisa simak langsung daftar harga berikut ini.

Spesifikasi KacerHarga
Burung Kacer AnakanRp. 350.000
Burung Kacer BetinaRp. 250.000
Burung Kacer JantanRp 450.000
Burung Kacer Bakalan atau BahanRp 300.000
Burung Kacer GacorRp 1.000.000

Jenis Burung Kacer Lokal atau Jawa

Burung Kacer Jawa

Jenis selanjutnya yaitu lokal jawa, merupakan salah satu dari keluarga Muscicapidae. Memiliki penampilan menarik, gagah, serta suara kicauannya merdu dan lebih bervariasi.

CIRI KACER PETARUNG ini hampir sama dengan jenis Poci, yaitu memiliki bulu hitam legam dengan adanya warna putih pada bagian sayapnya. Maka dari itu, jenis lokal dan poci menjadi cukup susah untuk dibedakan.

Jenis ini juga memiliki daya ingat cukup baik, bahkan bisa menirukan suara kicauan jenis burung lain disekitarnya. Kacer Lokal dapat dijumpai di area hutan, pegunungan, perbukitan dekat sumber air.

Di habitat aslinya, Kacer lokal lebih suka memakan seserangga kecil, seperti jangkrik, ulat dan lain sebagainya. Bahkan, jika sudah dipelihara cukup lama, akan lebih memudahkannya untuk bisa memakan voer.

Kemudian, jika kalian berminat untuk memiliki jenis kacer jawa ini sobat bisa menyiapkan terlebih dahulu uang sebesar Rp 500.000 untuk yang masih bahan. Sedangkan untuk jenis lokal gacor bisa mencapai Rp 1.200.000 perekornya.

Jenis Burung Kacer Kalimantan

Jenis Burung Kacer Kalimantan

Terlihat dari namanya saja sudah dapat ditebak dari mana asal muasal jenis burung ini, yaitu dari daerah di Kepulauan Kalimantan. Secara fisik, jenis ini hampir mirip dengan jenis Kacer asal Sumatera.

Mulai dari karakteristik, penampilan fisik, serta terlihat pada bagian dadanya memiliki bulu berwarna hitam. Banyak penghobi yang melombakan jenis burung satu ini.

Sebab, sudah dikenal oleh para pemiain jika jenis ini memiliki kualitas suara serta mental yang bagus untuk dilombakan. Sehingga, keberadaannya pun kian meipis saat ini.

Hal tersebut pula yang menjadikan harganya menjadi cukup mahal. Menurut refrensi harga di situs jual beli, untuk jenis kalimantan jantan ini dibanderol dengan harga Rp 750.000 yang masih bahan.

Jika sudah gacor tentunya memiliki perbedaan harga, yaitu bisa menjadi lebih tinggi. Untuk mendapatkan Kacer Kalimantan yang sudah gacor dan berprestasi, maka kalian perlu menyiapkan uang sebesar Rp 1.500.000.

Jenis Burung Kacer Madagascar

Kacer Madagascar

Jenis selanjutnya yaitu Kacer madagascar, keberadaannya sudah sangat menipis saat ini di Indonesia. Oleh karena itu, harga jualnya pun ikut melambung tinggi.

Untuk satu ekornya bisa dibanderol dengan harga mencapai Rp 1.500.000 jantan bahan. Harga tersebut memanglah patut untuk seekor jenis burung import, yaitu dari Afrika.

Terdapat beberapa keunggulan dari ciri fisik yang dimiliki yaiu seperti memiliki warna biru pada bagian leher serta punggungnya. Hal tersebutlah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Jenis Burung Kacer Bali

Jenis Burung Kacer Bali

Kemudian, terdapat pula jenis Kecer yang sangat menyukai habitat berair. Keberadaannya hanya dapat ditemukan di pulau Dewata Bali, memiliki bentuk fisik yang hampir serupa dengan Kacer lokal Jatim.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai bagaimana ciri fisiknya, kalian bisa simak baik-baik mengenai seperti apa penampilan fisiknya. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian bisa simak ulasanya berikut ini.

  1. Biasany memiliki jambul di bagian atas kepalanya.
  2. Bulu menyerupai jambul diatas kepala berwarna putih.
  3. Bulu bagian tubuhnya mayoritas berwarna hitam, terkecuali pada bagian dadanya berwarna putih.
  4. Memiliki ekor cukup panjang.
  5. Suara kicauannya cukup monoton, atau tidak memiliki variasi.
  6. Biasanya jenis ini sering terlihat di sungai berbatu.

Jika kalian ingin memelihara Kacer Bali, maka kalian bisa mendapatkanya di situs jual beli online atau pasar burung. Sedangkan untuk banderol harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000 per ekornya.

Jenis Burung Kacer Blorok

Kacer Blorok

Jenis burung Kacer berikutnya yaitu memiliki warna bulu yang tidak beraturan, atau sering disebut dengan nama blorok. Dengan sejumlah hal menarik yang dimiliki oleh jenis kacer ini, membuat harganya menjadi melambung.

Kemudian, untuk ciri fisiknya yaitu memiliki tubuh proporsional, mata bulat melotot, cengkramannya tajam. Serta hal yang membuatnya menjadi tambah unik yaitu terdapat bulu berwarna putih dengan tidak beraturan diantara warna hitamnya.

Jenis ini biasanya merupakan anakan hasil silangan antara jenis Poci dan Lokal. Pastinya memiliki suara kicauan yang tidak kalah apik dengan jenis pada umumnya.

Nah, jika kalian ingin mendapatkan jenis Kacer tersebut, maka kalian bisa membelinya langsung dipenangkaran, atau pun melalui situs jual beli online terpercaya. Biasanya dibanderol dengan harga mencapai Rp 1.500.000 per ekornya.

Jenis Burung Kacer Sumatra

Kacer Sumatera

Selain dari beberapa daerah Indonesia seperti jenis-jenis diatas, terdapat pula jenis Kacer Sumatera, atau lebih dikenal dengan Kacer Borneo. Untuk penampilannya sendiri cukup menarik, yaitu hampir mirip dengan jenis pada umumnya.

Hanya saja keunggulan dari jenis ini yaitu memiliki vokal kicauan yang lebih keras dan bervariasi. Selain itu, Kacer Borneo sendiri juga dikenal memiliki karakter fighter dan juga mental petarung cukup kuat.

Untuk dapat menemukan jenis ini, maka hanya bisa dijumpai di daratan Sumatera, lebih tepatnya daerah persebaran jenis ini yaitu meliputi Aceh, Medan, hingga Lampung.

Ciri-ciri tubuh yang bisa dikenali yaitu terdapat warna hitam dan juga putih pada keseluruhan bulu yang menyelimuti tubuhnya. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, jika dibandingan dengan jenis lokal Jawa.

Kemampuan dalam berkicaunya sungguh menarik, yaitu dengan irama bervariasi, keras, melengking, serta dibarengi dengan gaya tarungnya yang cukup agresif.

Nah, jika kalian berminat untuk memeliharanya, maka kalian bisa membelinya terlebih dahulu melalui Birdfarm atau pun situs jual beli online. Biasanya jenis ini dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 1.000.000 perekornya.

Kesimpulan

jadi, kekayaan alam Indonesia seperti halnya jenis burung kicauan cukup melimpah di Indonesia. Salah satu jenis burung tersebut yaitu jenis Kacer, memiliki keunikan tersendiri dari penampilan, karakter, serta suara kicauannya.

Terdapat beberapa spesies Kacer yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, diantaranya yaitu seperti Kacer Poci, Lokal atau Jawa, kalimantan, Sumatera, madagascar, bali, dan ada juga jenis blokrok.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai jeni burung Kacer. Lengkap beserta berbagai jenis yang sudah ramai dipelihara saat ini, baik untuk rumahan ataupun kontes burung kicauan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Kedasih

Hidayat
2 min read

Jenis Sarang Burung Walet

Hidayat
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *