Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Pola Ekor Murai Gembung (Jenis, Bentuk & Potongan Warna)

Pola Ekor Murai Gembung

Pola Ekor Murai Gembung – Sebagaimana diketahui, Murai merupakan salah satu jenis burung yang sangat terkenal di kalangan para pecinta burung kicauan. Selain mempunyai fisik menawan, Murai juga mengeluarkan suara merdu sehingga kerap dijadikan sebagai burung kontes pada perlombaan tingkat nasional.

Di Indonesia sendiri, jenis burung Murai sangatlah beragam sesuai dengan habitat aslinya. Ciri-ciri fisik beserta kicauannya pun berbeda-beda. Dimana salah satu ciri fisik Murai ketika sedang bertarung dengan lawan yaitu mengembangkan diri atau biasa disebut dengan gembung.

Meskipun demikian, terdapat juga beberapa jenis Murai yang tidak mengembangkan diri (non gembung) pada saat bertarung. Pastinya kedua jenis Murai tersebut memiliki beberapa perbedaan. Biasanya perbedaan antara Murai gembung dengan Murai non gembung bisa dilihat dari pola ekornya.

Maka dari itu, jika kalian hendak membeli Murai gembung, ada baiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri hingga pola ekornya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap pola ekor Murai gembung dilengkapi dengan jenis hingga asal habitatnya.

Apa Itu Murai Gembung?

Sebelum pembahasan utama mengenai pola ekor Murai gembung berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, gembung ialah sebuah sebutan untuk Murai yang mengembangkan atau menggembungkan bulu ketika melihat atau mendengar suara musuh.

Jadi pada intinya, Murai gembung akan mengembangkan bulunya ketika mereka sedang bertarung dengan musuhnya. Biasanya ciri-ciri Murai gembung akan terlihat dengan jelas ketika mereka diikutkan kontes atau perlombaan.Ciri Murai gembung lainnya yaitu akan mengeluarkan suara kretekan sebanyak 2 kali (dobel).

Apabila di alam liar, Murai menggembungkan diri apabila mereka merasa terganggu dan ingin mempertahankan daerah kekuasaannya supaya tidak diambil oleh Murai lainnya. Dengan kata lain, proses menggembungkan diri dapat diartikan sebagai sebuah pertahanan diri dari Murai terhadap musuhnya.

Pola Ekor Murai Gembung

Ciri Pola Ekor Murai Gembung

Setelah memahami pengertian Murai gembung, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana ciri atau pola ekor burung jenis tersebut. Pada umumnya, pola ekor Murai gembung berwarna putih secara keseluruhan. Dengan kata lain, semua sisi ekor Murai gembung bermotif putih tanpa adanya warna hitam sedikitpun.

Selain itu, terdapat juga beberapa jenis Murai gembung dengan pola ekornya setengah putih dan setengah hitam. Atau pada beberapa kasus, Murai gembung mempunyai motif ekor dengan warna setengah hitam dan setengah putih namun pada warna putihnya terdapat sedikit potongan warna hitam di bagian pangkalnya.

Memang benar bahwa pola ekor Murai bisa menjadi salah satu indikasi bahwa Murai berkualitas atau tidak. Meskipun demikian, sebenarnya motif ekor tidak bisa selalu dijadikan sebagai patokan bahwa Murai tersebut termasuk gembung ataupun non gembung.

Asal Murai Gembung

Di atas sudah dijelaskan bagaimana pola ekor Murai gembung, baik itu dari segi ciri khas, bentuk ataupun potongan warnanya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti darimana Murai gembung itu berasal ataupun dimana daerah asli persebarannya.

Umumnya, Murai gembung kebanyakan berasal dari pulau Kalimantan. Dimana salah satu jenis Murai yang memiliki karakteristik menggembungkan bulu saat bertarung yaitu jenis Murai Borneo. Selain itu, Murai Bordan atau anakan hasil persilangan antara Murai Borneo dan Murai Medan juga ada yang gembung.

Selain itu, Murai gembung juga bisa kalian temukan di daerah pulau Jawa. Dimana jenis Murai gembung yang daerah persebarannya di Jawa tersebut yaitu seperti Murai Larwo. Namun, untuk jenis Murai Larwo ini sebenarnya sedikit sulit untuk ditemukan karena jarang ada yang memeliharanya sebagai indukan ternakan.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa motif ekor bisa menandakan bahwa Murai termasuk ke dalam golongan gembung atau tidak. Namun jika masih bingung, saran kami sebaiknya lakukan percobaan di trek supaya terlihat jelas apakah Murai gembung atau tidak, asalkan burung tersebut sudah mampu.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri pola ekor Murai gembung dilengkapi dengan pengertian, jenis hingga daerah asalnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak membedakan antara Murai gembung dan non gembung.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *