Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi : Jantan & Betina

Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi
Advertisements

Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi – Anis Merah atau biasa disebut dengan nama Anis Bata, Anis Cacing dan Punglor Merah ini merupakan salah satu jenis burung kicau kelas elit. Meskipun demikian, penghobi ataupun penggemar burung Anis Merah sendiri ternyata sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Burung yang memiliki ukuran sedang atau sekitar 21 cm ini mempunyai kualitas suara yang dapat menandingi kelas Cucakrawa, entah itu dari segi suara ataupun harga Anis Merah. Akan tetapi, dibalik suara merdu Burung Anis Merah, tentunya dibutuhkan adanya pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihan yang benar dari pemiliknya.

Advertisements

Namun sayangnya, melatih burung Anis Merah bukanlah perkara mudah pasalnya mereka termasuk ke dalam tipe burung yang sulit untuk dilatih. Akan tetapi, apabila sudah terlatih, maka nantinya akan menjadi kebiasaan tersendiri bagi burung Anis Merah. Bahkan mereka bisa memberikan beberapa tanda atau ciri ketika ingin berkicau.

Salah satu tanda unik burung Anis Merah hendak mengeluarkan bunyi ialah dengan menggeleng-gelengkan kepalanya seperti sedang mabuk. Selain itu, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap beberapa tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi, khususnya dari segi tingkah laku ataupun perilakunya.

Penyebab Burung Anis Merah Macet Bunyi

Penyebab Burung Anis Merah Macet Bunyi

Sebelum membahas poin utama mengenai tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja hal yang menjadi penyebab mereka tidak mau bunyi meskipun sudah berusia dewasa. Dimana penyebab burung Anis Merah macet bunyi sendiri dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Adapun beberapa penyebab burung Anis Merah macet bunyi tersebut diantaranya yaitu seperti faktor faktor internal maupun eksternal. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan beberapa penyebab burung Anis Merah macet atau bahkan tidak mau mengeluarkan bunyi sama sekali.

Advertisements
  • Stres selama dalam perjalanan.
  • Stres akibat lokasi di lingkungan sekitar kurang tepat.
  • Stres akibat kalah mental setelah lomba.
  • Anis Merah memasuki masa mabung atau moulting.
  • Anis Merah sudah melewati masa mabung.
  • Burung belum beradaptasi dengan lingkungan di sekitar.
  • Burung sedang tidak dalam kondisi fit atau terserang penyakit.

Tanda Burung Anis Merah Mau Bunyi

Tanda Burung Anis Merah Mau Mengeluarkan Bunyi

Setelah mengetahui beberapa penyebab burung Anis Merah macet atau bahkan tidak mau mengeluarkan bunyi sama sekali, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana ciri ketika mereka ingin berkicau kembali. Biasanya tanda-tanda ini akan muncul setelah kalian melakukan beberapa cara untuk mengatasi Anis Merah macet bunyi.

Secara garis besarnya, ciri-ciri atau tanda-tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi dapat dilihat dari segi tingkah laku kesehariannya. Nah, agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi di bawah ini.

1. Burung Anis Merah Merasa Nyaman & Aman

Ciri burung Anis Merah mau bunyi pertama yaitu ketika mereka sudah merasa nyaman dan aman berada di lingkungannya. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya burung Anis Merah sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau cukup sensitif. Mereka biasanya tidak dapat melihat terlalu banyak aktivitas orang atau hewan di sekitarnya. Oleh sebab itu, supaya Burung Anis Merah nyaman, letakkan di dalam kandang full kerodong yang nyaman.

2. Burung Anis Merah Merasa Bahagia & Rileks

Selain merasa nyaman dan aman, burung Anis Merah juga bisa mengeluarkan suara kicauannya ketika mereka merasa bahagia serta rileks. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa burung Anis Merah sangat mudah mengalami stres. Maka dari itu, supaya merasa lebih rileks dan tidak bosan, sebaiknya pindahkan kandangnya ke beberapa titik secara bergantian.

3. Kondisi Tubuh Burung Anis Merah Sehat

Vitamin Anis Merah
Advertisements

Tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi kicauan selanjutnya yaitu ketika mereka merasa tubuhnya sedang sehat atau dalam kondisi fit. Sebagai pemilik, tentunya kalian harus selalu menjaga pola makanan dan kebersihan kandang Anis Merah. Hal ini bertujuan supaya burung bisa mengeluarkan performa maksimalnya dan tidak mudah sakit.

4. Mendengar Suara Burung Anis Merah Lain

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya yaitu tentang rasa sepi atau bosan. Dimana Anis Merah sendiri termasuk ke dalam jenis burung peliharaan mudah bosan sehingga jika dimasukkan ke dalam sangkar dan dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan besar mereka akan macet bunyi. Oleh karena itu, ketika Anis Merah mendengarkan suara burung sejenisnya, maka biasanya mereka akan lebih cepat bunyi.

5. Birahi Burung Anis Merah Meningkat

Tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi terakhir yaitu saat birahinya sedang meningkat atau memuncak. Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa semua burung pasti memiliki rasa birahi, termasuk Anis Merah. Maka dari itu, ketika birahi burung Anis Merah meningkat, kemungkinan besar mereka akan mau mengeluarkan bunyi.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa burung Anis Merah macet dan bahkan tidak mau bunyi sama sekali dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun, ketika Anis Merah menunjukan beberapa tanda atau ciri tertentu, maka kemungkinan besar mereka akan mau mengeluarkan suaranya kembali.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi, khususnya dari segi tingkah laku ataupun perilakunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mencari tahu bagaimana tanda-tanda burung Anis Merah mau mengeluarkan bunyi kicauan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.