Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Anis Merah Bunyi Crit

Anis Merah Bunyi Crit

Anis Merah Bunyi Crit – Hobi memelihara burung kicauan semakin banyak peminatnya. Banyak sekali pilihan jenis yang bisa dijadikan sebagai burung kicau peliharaan, seperti burung Anis Merah.

Agar Anis Merah tetap sehat, lebih baiknya yaitu dengan memberikan pola perawatan yang benar. Sehingga, sobat bisa memperoleh burung Anis kembang gacor.

Anis Merah yang sudah gacor biasanya akan mengeluarkan suara kicauan merdu, dengan menampilkan gaya khas telernya. Gayanya pada saat berkicau tentunya tidak dimiliki oleh jenis burung lain.

Disisi lain, banyak permasalahan yang sering dikeluhkan pemilik dalam merawat Anis Merah. Seperti halnya kondisi Anis Merah tidak fit, malah kicauannya hanya mengeluarkan bunyi crit.

Penyebab Anis Merah Bunyi Crit

Penyebab Anis Merah Bunyi Crit

Jadi, apabila pola perawatan yang diberikan pemilik tidak konsisten, maka akan membuat Anis merah hanya berbunyi crit saja. Pastinya sangat membosankan apabila Anis Merah tidak lagi gacor.

Terdapat beberapa penyebab Anis merah tidak lagi gacor atau hanya bunyi crit. Untuk mengetahui selengkapnya, silahkan sobat bisa simak pembahasan berikut ini.

1. Over Birahi

Over Birahi

Penyebab pertama Anis Merah hanya bunyi crit yaitu mengalami over birahi. Over birahi sendiri merupakan tingkah Anis Merah dewasa yang mengalami libido berkembangbiak.

Apabila tingkat emosi dan birahi tidak stabil, maka akan menjadikanya tidak mau berkicau. Kalau tidak segera diatasi dengan cara yang benar, bisa saja malah membuatnya macet bunyi.

2. Tidak Rutin Dimandikan

Tidak Rutin Memandikan juga Berpengaruh pada  Anis Merah Bunyi Crit

Penyebab selanjutnya yaitu tidak mendapatkan perawatan seperti jarang memandikan. Penyebab Anis Merah hanya mengeluarkan bunyi crit bisa jadi karena tubuhnya tidak fit.

Jika pemandian dilakukan dengan konsisten, pasti tubuh Anis Merah akan merasa kebih rileks. Ketika Anis Merah sudah merasa nyaman dapat dipastikan akan menjadi rajin bunyi kembali.

3. Jarang Dijemur

Jarang Dijemur

Penjemuran wajib dilakukan pada saat menerapkan pola perawatan pada burung kicauan. Terutama penjemuran di pagi hari sangat berguna sekali agar Anis Merah tidak mengeluarkan bunyi crit atau ngecir.

4. Penjemuran Terlalu Lama

Penjemuran Terlalu Lama Menyebabkan Anis Merah Bunyi Crit

Kemudian, untuk durasi penjemuran juga harus diperhatikan dengan benar. Sebaiknya penjemuran dilakukan sekitar pukul 07.00 pagi hingga 09.00, panas matahari tersebut mengandung vitamin baik untuk Anis Merah.

Jangan lakukan penjemuran terlalu lama, apalagi waktu penjemuran dilakukan diatas jam 12. Durasi penjemuran terlalu lama akan mengakibatkan Anis Merah hanya berbunyi crit atau kurang gacor.

5. Tidak Pernah Diembunkan

Tidak Pernah Diembunakan Menyebabkan Anis Merah Bunyi Crit

Masalah yang sering dialami kicau mania adalah mengabaikan terapi pengembunan. Pengembunan berguna untuk merangsang agar Anis Merah lebih rajin berkicau.

Pengembunan dapat dilakukan pada pukul 05.00 pagi hingga matahari terbit. Durasi pengembunan sendiri biasnaya dilakukan kurang lebih selama 2 hingga 3 jam.

6. Mengalami Stress

Anis Merah Bunyi Crit Mengalami Stress

Penyebab Anis Merah hanya mengeluarkan bunyi crit juga bisa disebabkan pengaruh stress. Biasanya pengaruh stress tersebut adalah kurangnya kenyamanan dalam sangkarnya.

Entah itu dari kebersihan atau pun ukuran kandang yang ditempati. Oleh karena itu, lebih baik kalian persiapkan kandang sesuai sebelum membeli Anis Merah.

HARGA BURUNG ANIS MERAH di pasaran memang cukup mahal. Sehingga, kalian bisa menjaganya dengan hati-hati, seperti halnya dengan memberikan pola perawatan sesuai karakternya.

7. Kurangnya Pemberian EF

Kurangnya Pemberian EF

Pemberian ekstra fooding berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Apabila pemberian EF dilakukan secara tidak teratur, maka akan membuatnya hanya berkicau dengan bunyi crit saja.

Jenis pakan tambahan untuk Anis Merah diantaranya seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing merah dan lain sebagainya. Pemberian EF juga harus diatur sesuai dosis burung.

8. Birahi Tinggi

Birahi Tinggi

Seperti sudah saya singgung diatas bahwa Anis Merah mengeluarkan bunyi crit dapat disebabkan karena mengalami birahi tinggi. Nah, dalam hal ini kalian bisa menurunkan birahinya.

Penggunaan terapi sauna juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mengurangi tingkat birahinya. Sehingga, Anis Merah bisa memiliki kesetabilan antara birahi dan emosinya.

9. Akan Mabung

Akan Mabung

Biasanya Anis Merah yang akan mengalami masa mabung, ia akan terlihat lebih lesu atau tidak banyak gerak. Mabung juga dapat membuatnya hanya mengeluarkan bunyi crit atau ngecir.

10. Tubuh Kurang Sehat

Tubuh Kurang Sehat 1

Apabila Anis Merah merasa tubuhnya kurang sehat atau tidak fit pastinya akan malas berkicau. Bahkan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan macet bunyi, sekali bunyi hanya mengeluarkan suara crit.

Nah, untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, lebih baik lakukan pengobatan dengan segera. Biasanya kios burung menyediakan obat khusus untuk menyembuhkan berupa cairan tetes.

Itulah beberapa penyebab yang membuat Anis Merah hanya mengeluarkan bunyi crit. Faktor penyebab paling berpengaruh pada masalah ini adalah proses mabung dan stress.

Cara Mengatasi Anis Merah Bunyi Ngecir Nratak

Cara Mengatasi Anis Merah Bunyi Ngecir Nratak

Setelah kalian mengetahui berbagai penyebab Anis Merah hanya berbunyi crit, tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Langsung saja kalian simak pembahasan berikut ini.

Tempatkan di Ruangan yang Nyaman

Tempatkan Burung di Ruang yang Nyaman

Cara mengatasi Anis Kembang bunyi crit yang pertama adalah dengan menempatkan sangkarnya diruangan nyaman. Tujuannya adalah agar merasa lebih rileks.

Ketika tubuh sudah rileks, dapat dipastikan Anis Merah akan kembali gacor. Hanya saja tetap dibarengi dengan menggunakan pola perawatan yang benar.

Lakukan Pengumbaran

Lakukan Pengembunan

Selanjutnya adalah menggunakan terapi pengumbaran. Tips perawatan menggunakan metode ini berguna untuk meningkatkan pernafasan , agar dapat berkicau dengan durasi panjang.

Cara ini dikhususkan untuk menyembuhkan gejala macet bunyi pasca mabung, meningkatkan pernafasan, memperbaiki kualitas kicauan dan lain sebagainya.

Pengumbaran dapat dilakukan selama 2 kali seminggu, dengan menggunakan kandang umbaran berukuran panjang 3 meter, lebar 60 cm, serta tinggi 80 cm.

Lakukan secara rutin setalah Anis Merah dimandikan. Selain bisa memperbaiki bunyi crit pada kicauan, pengumbaran juga berguna untuk mengurangi lemak di tubuhnya.

Berikan Makanan Bergizi

Berikan Makanan Bergizi

Pemberian pakan berkualitas juga dapat dijadikan sebagai metode untuk mempercepat pemulihan kicauan. Jika diperlukan, sobat juga bisa memberikan multivitamin untuk mendukung Anis Merah agar lebih rajin berkicau kembali.

Terutama untuk Anis Merah yang sudah terbisa memakan serangga, lebih baiknya untuk diberi satu cepuk kroto segar di pagi dan sore hari. Pemberian kroto dipercaya dapat memberikan rangsangan untuk lebih gacor dari hari sebelumnya.

Kesimpulan

Pemeliharaan jenis Anis Merah tentunya memiliki pola perawatan yang berbeda-beda. Bahkan, permasalahannya juga berbeda seperti halnya macet bunyi atau hanya mengeluarkan suara crit.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat Anis Kembang mengalami masalah kicauan demikian. Faktor kesalahan dalam proses perawatanlah yang membuatnya hanya bisa mengeluarkan bunyi crit.

Demikian informnasi dari birdsny.com mengenai Anis Kembang bunyi crit, lengkao beserta penyebab dan cara mengatasi. Jika setiap tahapan dilakukan dengan benar, maka kalian akan mendapatkan hasil maksimal. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *