Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Cara Mengatasi Anis Kembang Hanya Ngeriwik Agar Rajin Bunyi!!

Cara Mengatasi Anis Kembang Hanya Ngeriwik
Advertisements

Cara Mengatasi Anis Kembang Hanya Ngeriwik – Sebagaimana diketahui, melakukan perawatan terhadap burung Anis Kembang memang bisa dikatakan sebagai sebuah kegiatan gampang-gampang susah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya proses perawatan harian Anis Kembang membutuhkan adanya ketelatenan serta kecermatan dari pemiliknya.

Bahkan terdapat beberapa kasus dari penggemar Anis Kembang yang mengeluhkan bahwa burung peliharaan mereka tidak mau mengeluarkan bunyi gacor dan ngeplong, melainkan hanya ngeriwik saja. Tentunya Anis Kembang hanya ngeriwik dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi kesalahan pola perawatan ataupun pemberian pakannya.

Advertisements

Jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa terkait Anis Kembang hanya ngeriwik, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Namun, perlu diketahui supaya performa Anis Kembang bisa kembali seperti semula, maka kalian harus mengerti apa yang menyebabkan burung tersebut kinerjanya menurun.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik, entah itu dari segi pola perawatan ataupun pemberian pakannya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa faktor penyebab Anis Kembang hanya ngeriwik saja.

Penyebab Anis Kembang Hanya Ngeriwik

Penyebab Anis Kembang Hanya Ngeriwik

Seperti dijelaskan sebelumnya, Anis Kembang hanya ngeriwik dan tidak mau gacor dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Dimana faktor penyebab permasalahan pada salah satu jenis burung peliharaan tersebut dapat berasal entah itu karena kesalahan pola perawatan harian ataupun karena pemberian pakan Anis Kembang tidak memenuhi asupannya.

Tentunya penyebab Anis Kembang hanya ngeriwik harus dipahami supaya nantinya kalian bisa menemukan solusi atau cara mengatasinya. Maka dari itu, sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik, sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini.

Advertisements

1. Kondisi Tubuh Anis Kembang Kurang Fit

Penyebab pertama mengapa suara Anis Kembang hanya ngeriwik yaitu karena kondisi tubuhnya dalam keadaan tidak fit atau kurang sehat. Biasanya kondisi tubuh kurang fit ini ditandai dengan penggembungan bulu badan Anis Kembang serta tingkah laku atau perilaku tidak terlalu aktif.

Biasanya keadaan Anis Kembang kurang sehat dapat terjadi ketika mereka hendak mengalami masa mabung atau moulting. Pasalnya, pada masa mabung atau moulting tersebut Anis Kembang akan merasakan sedikit rasa sakit karena bulu-bulu di tubuhnya mulai rontok.

2. Birahi Anis Kembang Tidak Stabil

Penyebab Anis Kembang hanya ngeriwik selanjutnya yaitu karena tingkat birahinya tidak stabil, kadang rendah atau bahkan tinggi. Birahi yang tidak stabil ini juga tidak hanya membuat Anis Kembang ngeriwik saja, bahkan bisa membuat burung tidak mau bunyi sama sekali alias macet bunyi, terutama untuk Anis Kembang Jantan.

3. Pengaruh Cuaca

Cuaca di lingkungan sekitar juga bisa membuat Anis Kembang hanya ngeriwik dan tidak mau mengeluarkan suara ngeplong, terutama pada saat musim hujan. Biasanya pada musim hujan, Anis Kembang cenderung menggembungkan bulu dan mengangkat salah satu kakinya ke atas. Tentunya kondisi ini akan membuat Anis Kembang malas untuk mengeluarkan suaranya.

Cara Mengatasi Anis Kembang Hanya Ngeriwik

Cara Mengatasi Burung Anis Kembang Hanya Ngeriwik
Advertisements

Setelah mengetahui apa saja penyebab Anis Kembang hanya ngeriwik dan tidak mau gacor atau ngeplong, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mengatasinya. Secara garis besar, Anis Kembang hanya ngeriwik bisa diatasi dengan melakukan berbagai macam cara, baik itu dari segi perawatan ataupun pemberian pakan.

Akan tetapi, perawatan dan pemberian pakan Anis Kembang juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Sebab, jika dilakukan secara sembarangan maka bisa mengakibatkan Anis Kembang macet bunyi. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci bagaimana cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik.

1. Jemur Anis Kembang

Cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik pertama yaitu menjemurnya di bawah sinar matahari secara rutin setiap harinya. Jemurlah Anis Kembang selama kurang lebih sekitar 45 menit pada pukul 8 sampai 10 pagi. Sebaiknya hindari penjemuran Anis Kembang di bawah sinar matahari saat jam 12. Pasalnya penjemuran pada jam tersebut bisa mengakibatkan Anis Kembang mengalami katarak sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuhnya.

2. Berikan Anis Kembang Kroto

Cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik selanjutnya yaitu dengan memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) kroto. Jadi, cobalah berikan pakan tambahan kroto kepada Anis Kembang selain jangkrik ataupun serangga lainnya. Berikanlah kroto secara rutin setiap pagi dan sore sampai performa Anis Kembang kembali seperti semula.

3. Seting EF Anis Kembang

Menyeting pemberian ekstra fooding (EF) juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik saja. Namun, perlu diingat bahwa pada dasarnya setingan EF Anis Kembang tidak boleh disamakan dengan burung lainnya. Hal ini dikarenakan setiap jenis Anis Kembang mempunyai karakteristiknya masing-masing, khususnya untuk tingkat birahi.

Oleh sebab itu, silahkan berikan pakan EF seperti jangkrik kepada Anis Kembang secara rutin setiap pagi, sore hingga malam hari. Selama pemberian jangkrik sebagai pakan tambahan tersebut, sebaiknya amati Anis Kembang. Apabila birahi Anis Kembang semakin stabil, maka lanjutkan pemberian pakan EF tersebut.

4. Kerodong Sangkar Anis Kembang

Cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik terakhir yaitu dengan melakukan full kerodong sangkar atau kandangnya. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, cuaca atau musim hujan akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anis Kembang, terutama untuk suaranya.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketika musim hujan tiba, sebaiknya kerodong full sangkar Anis Kembang pada malam harinya. Sementara untuk siang hari, sebaiknya gantungkan sangkar Anis Kembang di tempat yang sejuk dan nyaman, entah itu di depan rumah ataupun di bawah pohon.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mengatasi Anis Kembang hanya mengeluarkan suara ngeriwik dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Namun, pada intinya supaya Anis Kembang bisa mengeluarkan suara gacor dan ngeplong, pemiliknya harus tahu apa keinginan burung.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Anis Kembang hanya ngeriwik, entah itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat Anis Kembang gacor, ngerol serta ngeplong.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *