Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi Ngeplong & Gacor!!

Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi
Advertisements

Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi – Sebagaimana diketahui, Kacer merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai postur tubuh cukup kecil, namun suka berkicau. Dimana Kacer sendiri tergolong ke dalam jenis burung keluarga Murai dengan ciri fisik hitam dan putih serta memiliki ekor panjang.

Karena suara unik dan merdunya tersebut membuat sebagian besar pecinta kicauan menjadikan Kacer sebagai jenis burung peliharaan di rumah. Bahkan terdapat juga beberapa pemilik atau penggemar kerap mengikutsertakan Kacer ke perlombaan ataupun kontes tingkat nasional.

Advertisements

Akan tetapi, supaya Kacer bisa rajin mengeluarkan bunyi atau suara merdunya, tentunya dibutuhkan adanya perawatan dengan baik dan benar, khususnya pada Kacer rumahan. Perawatan dalam hal ini tidak hanya mencakup kebersihan Kacer dan kandangnya saja, tetapi juga pola pemberian pakannya.

Meskipun sebenarnya kegiatan merawat Kacer rumahan supaya rajin bunyi terbilang mudah dilakukan, namun ada beberapa orang di luar sana masih merasa bingung khususnya bagi pemula. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi ngeplong dan gacor.

Penyebab Kacer Malas Bunyi

Penyebab Kacer Malas Bunyi

Sebelum pembahasan utama mengenai cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa faktor penyebab mengapa burung tersebut malas atau jarang berkicau. Adapun sejumlah penyebab Kacer malas bunyi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Cara merawat ataupun pola perawatan harian Kacer kurang tepat.
  • Usia Kacer masih terlalu muda.
  • Faktor lingkungan sekitar tidak mendukung, seperti adanya gangguan dari hewan lain sehingga membuat mental Kacer drop.
  • Kacer rumahan masih liar atau giras.
  • Kacer mengalami masa mabung atau moulting.

Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi

Cara Merawat Burung Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi
Advertisements

Seperti dijelaskan sebelumnya, agar Kacer rumahan mampu mengeluarkan bunyi gacor dan ngeplong, pastinya dibutuhkan adanya perawatan harian dengan baik dan benar. Sebenarnya, perawatan harian ini tidak hanya akan membuat semua jenis Kacer rajin bunyi saja, tetapi juga dapat membuat bulu Kacer menjadi semakin indah serta halus.

Advertisements

Dimana perawatan Kacer rumahan agar rajin bunyi sendiri tidak hanya didapatkan dari segi tampilan fisik saja, namun juga dari aspek kesehatannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi ngeplong dan gacor di bawah ini, baik itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya.

1. Pemberian Makan dan Minum Kacer

Cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi pertama yaitu dengan memperhatikan pemberian makan dan minumnya setiap harinya. Perlu diketahui, saat ini terdapat dua jenis pakan utama Kacer rumahan, yaitu pakan alami serta pakan buatan.

Untuk pakan alami Kacer rumahan sendiri sebenarnya cukup beragam, mulai dari jangkrik, orong-orong, belalang, kroto, ulat bambu, ulat hongkong hingga cacing tanah. Sedangkan jenis pakan buatan Kacer rumahan diantaranya yaitu seperti voer dan semacamnya.

2. Mandikan dan Jemur Kacer

Selain memperhatikan pemilihan makan dan minum, pemandian serta penjemuran Kacer juga perlu diperhatikan. Memandikan Kacer menggunakan sprayer semprotan air secara rutin mampu membuat burung tersebut rajin bunyi dengan lantang serta merdu.

Cobalah untuk memandikan Kacer menggunakan semprotan air sprayer secara perlahan ke seluruh tubuhnya. Saran kami sebaiknya lakukan pemandian beserta penjemuran Kacer diantara pukul 8 pagi sampai 10 pagi secara rutin.

3. Berikan Kacer Vitamin Tambahan

Cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi selanjutnya yaitu dengan memberikan vitamin tambahan. Saat ini di toko atau kios burung sudah tersedia cukup banyak sekali vitamin Kacer supaya mereka bisa lebih rajin bunyi. Namun, perlu diingat bahwa pemberian vitamin tambahan untuk Kacer harus sesuai dengan porsinya, jangan berlebihan.

4. Berikan Kacer Ekstra Fooding

Sama halnya seperti vitamin, pemberian pakan ekstra fooding atau EF untuk Kacer juga sebenarnya sangat kami rekomendasikan. Berikanlah Kacer rumahan pakan tambahan buah-buahan segar seperti pepaya, pisang, apel hingga tomat. Menurut beberapa pengalaman orang, pakan tambahan bisa dijadikan sebagai salah satu cara merawat Kacer dorong ekor supaya bisa lebih gacor.

5. Bersihkan Kandang Kacer Secara Rutin

Membersihkan kandang atau sangkar Kacer rumahan secara rutin menjadi cara merawat atau pola perawatan selanjutnya. Seperti diketahui, selain faktor kebersihan tubuh Kacer itu sendiri, kebersihan lingkungan sekitar seperti kandang juga perlu diperhatikan.

Jika sangkar kebersihannya terjaga, maka pastinya akan menghindarkan Kacer dari berbagai macam serangan penyakit akibat jamur ataupun bakteri. Jadi, jika kondisi tubuh Kacer sehat dan bugar, maka kemungkinan besar mereka akan lebih rajin bunyi ngeplong serta gacor.

6. Sesuaikan Penempatan Kandang Kacer

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa Kacer rumahan mudah sekali mengalami stress apabila diletakkan di tempat ramai. Jika Kacer rumahan sampai mengalami stress, maka mereka akan malas atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali.

Maka dari itu, sesuaikan penempatan kandang atau sangkar Kacer di tempat yang jauh dari keramaian. Hal ini juga sebenarnya dapat dilakukan sebagai bentuk usaha untuk mengatasi Kacer mbagong karena stress sehingga tidak mau berkicau sama sekali.

7. Pemasteran Kacer Rumahan

Melakukan pemasteran Kacer rumahan juga bisa menjadi salah satu cara merawat agar burung tersebut rajin bunyi. Jika Kacer rumahan sudah terbiasa dengan kondisi serta suasana lingkungan di sekitarnya, maka cobalah untuk memasterkan kicauan burung lainnya.

Atau saat ini juga sudah tersedia cukup banyak pilihan masteran yang cocok untuk Kacer pilihan supaya mereka bisa mengeluarkan suara lebih merdu. Pemasteran ini sebaiknya dilakukan pada sore hari karena pada jam tersebut suhu udara sangat pas, tidak terlalu panas maupun dingin.

8. Rajin Gantang Kacer

Cara terakhir merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi ngeplong dan gacor yaitu dengan menggantangnya setiap hari. Kalian bisa menggantang Kacer rumahan di atas setiap pagi pada pukul 6 sampai 7 sebelum dimandikan. Cara ini dilakukan dengan tujuan supaya melatih Kacer agar bisa lebih rajin bunyi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk membuat Kacer rumahan rajin bunyi sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, baik itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan maupun pelatihannya. Namun, tentunya agar Kacer rajin bunyi, maka dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemilik dalam merawatnya.

Demikian sekiranya informasi dari Birdsny.com seputar cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya. Semoga pembahasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin merawat Kacer rumahan agar bisa rajin bunyi serta gacor.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *