Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

11 Cara Mengatasi Kolibri Macet Bunyi Agar Gacor Dor & Nyerecet!!

Cara Mengatasi Kolibri Macet Bunyi

Cara Mengatasi Kolibri Macet Bunyi – Secara garis besar, semua jenis burung peliharaan mempunyai kemampuan untuk berkicau secara alamiah. Dimana seiring bertambahnya usia burung, maka akan semakin meningkat pula kualitas kicauannya, termasuk untuk Kolibri.

Akan tetapi, terdapat beberapa kasus dari penggemar Kolibri khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa burung peliharaan mereka tersebut belum rajin bunyi meskipun usianya sudah dewasa. Bahkan sebagian dari mereka juga mengalami Kolibri tidak mau bunyi sama sekali.

Tentunya hal tersebut cukup menjengkelkan beberapa orang, karena mereka menganggap bahwa pola perawatan harian Kolibri sudah benar namun mereka tidak mau berkicau sama sekali. Umumnya masalah Kolibri tidak rajin bunyi atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Maka dari itu, apabila kalian mengalami masalah seperti Kolibri yang tadinya gacor tiba-tiba macet atau malas berkicau, sebaiknya cari tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara mengatasi Kolibri macet bunyi disertai penyebabnya.

Penyebab Kolibri Malas Bunyi

Penyebab Kolibri Malas Bunyi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi Kolibri macet bunyi, tentunya kalian harus mengerti apa saja penyebab permasalahannya terlebih dahulu. Tujuan mengetahui penyebab Kolibri macet atau malas bunyi tersebut yaitu supaya kalian nantinya bisa lebih mudah dalam mencari solusinya.

Pada umumnya, penyebab Kolibri termasuk jenis Kolibri Ninja (Konin) malas untuk berkicau dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu faktor internal serta eksternal. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap apa saja penyebab Kolibri menjadi macet bunyi dan malas untuk berkicau.

1. Jenis Kelamin Kolibri

Seperti diketahui, jenis kelamin sangat mempengaruhi kualitas suara kicauan Kolibri. Dimana untuk jenis kelamin Kolibri yang mampu mengeluarkan kicauan dengan baik yaitu jantan. Oleh sebab itu, jenis kelamin Kolibri bisa menjadi salah satu penyebab utama mereka macet bunyi.

2. Kolibri Kurang Fit

Kemudian penyebab Kolibri macet bunyi berikutnya yaitu karena kondisi tubuhnya sedang tidak sehat atau kurang fit. Pasalnya, hampir semua jenis burung peliharaan ketika sedang menahan rasa sakit, maka dapat dipastikan bahwa mereka akan malas berbunyi.

3. Kolibri Stres

Kolibri stres atau mental drop juga menjadi salah satu penyebab mengapa mereka malas berkicau. Adapun beberapa penyebab Kolibri stres sendiri diantaranya yaitu seperti kalah mental dengan burung lain saat mengikuti kontes, perubahan cuaca di lingkungan sekitar tidak menentu ataupun karena pola perawatan hariannya kurang tepat.

4. Kolibri Mabung

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui apa itu mabung atau moulting. Dimana mabung sendiri merupakan sebuah masa ataupun kondisi pergantian bulu Kolibri. Pada masa tersebut, biasanya Kolibri menahan rasa sakit sehingga malas berkicau.

5. Kolibri Masih Giras

Penyebab selanjutnya yaitu karena Kolibri masih giras karena belum beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya, khususnya bagi burung liar yang baru ditangkap. Jadi, apabila Kolibri masih dalam kondisi giras, maka kalian jangan berharap banyak bahwa mereka akan gacor.

6. Kolibri Over Birahi

Penyebab terakhir Kolibri macet bunyi yaitu karena mereka sedang dalam birahi yang tinggi atau biasa disebut over birahi. Dimana keadaan over birahi (OB) tidak akan membuat Kolibri gacor, justru malah membuatnya bertingkah aneh.

Cara Mengatasi Kolibri Macet Bunyi

Cara Mengatasi Kolibri Macet Bunyi Semua Jenis

Setelah mengetahui beberapa penyebab Kolibri macet bunyi, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Sebenarnya, cara untuk merawat Kolibri Ninja yang malas bunyi tergolong cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah cara mengatasi Kolibri macet bunyi agar gacor dor dan nyerecet.

1. Lakukan Pola Perawatan Harian Kolibri dengan Benar

Cara mengatasi Kolibri macet bunyi pertama yaitu memberikan pola perawatan harian yang baik dan benar setiap harinya. Sebelumnya juga sudah pernah kami jelaskan mengenai cara merawat Kolibri Ninja agar cepat gacor. Pada intinya, perawatan harian seperti pemberian jenis pakan, kebersihan kandang serta pemberian pakan tambahan (EF) Kolibri harus benar-benar diperhatikan.

2. Cari Setingan Kolibri

Apabila kalian sudah mendapatkan settingan yang tepat seperti jenis pakan, porsi atau takaran pemberian EF, durasi penjemuran dan lain sebagainya yang membuat Kolibri gacor, maka sebaiknya jangan rubah settingan tersebut. Pasalnya, Kolibri termasuk ke dalam salah satu jenis burung peliharaan yang sangat sensitif terhadap perubahan.

3. Latih Mental Kolibri

Cara mengatasi Kolibri macet bunyi selanjutnya yaitu melatih mentalnya. Dimana cara ini pastinya sangat dibutuhkan ketika Kolibri kalah mental dengan musuh di lapangan. Pelatihan ini diperlukan supaya mental fighter atau petarung Kolibri bisa kembali seperti semula.

4. Berikan Kolibri Terapi

Kemudian melakukan terapi seperti memperdengarkan Kolibri suara-suara musik, suara air mengalir dan sebagainya dipercaya mampu membuat Kolibri cepat gacor. Tujuan utama memperdengarkan Kolibri dengan suara-suara berisik tersebut yaitu supaya mereka bisa cepat terangsang dan cepat bunyi.

5. Tempelkan Kolibri Jantan Bersama Betina

Cara mengatasi Kolibri macet bunyi terakhir yaitu dengan menempel atau mengecast jantan dengan betinanya. Tata cara melakukannya yaitu satukan Kolibri jantan dan betina dalam satu kandang selama 3 sampai 4 hari untuk melepaskan birahi. Jika sudah, silahkan pisahkan kembali. Cara ini bertujuan supaya Kolibri bisa kembali gacor seperti semula.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Kolibri macet bunyi untuk semua jenis dilengkapi dengan sejumlah penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak merawat Kolibri agar mau kembali gacor seperti semula.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.