Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Ciri Anis Kembang Jantan

CIRI CIRI ANIS KEMBANG JANTAN

Ciri Ciri Anis Kembang Jantan – Ciri Anis Kembang jantan yang paling mudah dilihat adalah dari warna bulunya. Anis Kembang jantan memiliki warna bulu yang kontras, jika dibandingkan dengan betina.

Itulah sedikit dari pembahasan yang akan kami ulik secara lengkap, dimaka yang akan kami bahas adalah mengenai burung Anis Kembang. Burung tesebut memiliki bulu dengan corak yang cukup menarik.

Selain itu, suara kicauannya pun sangat merdu dan nyaring. Memiliki beberapa variasi kicauan, dan pandai melagukan kicauan. Sehingga burung tersebut dapat mengeluarkan suara kicauan yang enak didengar.

Untuk kalian yang masih pemula, atau masih baru dalam dunia kicauan. Khususnya burung Anis Kembang ini, Akan ada beberapa informasi penting dibawah ini, mengenai ciri Anis Kembang jantan, yang kemungkinan besar akan berguna untuk kalian dalam memilih Anis Kembang yang masih bahan atau bakalan.

Ciri Ciri Anis Kembang Jantan Paling Akurat

Perlu berhati-hati dan juga teliti serta belajar terlebih dahulu untuk mengetahui jenis kelamin burung, yang akan kalian beli di kios burung atau pasar burung.

Sebab, jenis kelamin burung juga bisa sangat berpengaruh terhadap kualitas suara kicauannya. Pada umumnya burung dengan jenis kelamin jantanlah yang dapat mengeluarkan suara kicauan, lebih bervariasi, dan juga memiliki volume suara yang lebih nyaring dibandingkan dengan betina.

Ciri Anis Kembang Jantan

Anis Kembang Jantan
  • Ketika burung tersebut sudah mengalami atau mencapai titik birahi, maka akan berperilaku seperti mendengakkan kepalanya menyerupai ular kobra.
  • Di sekitar kloaka atau pantat, terdapat bulu hitam ke abu-abuan yang bermotif menyerupai awan atau batik.
  • Pada saat burung sedang bertengger, kedudukan atau posisi kedua kaki memiliki jaraka yang menyempit atau lebih rapat.
  • Memiliki warna bulu yang lebih tegas dan juga mengkilap, jika dibandingkan dengan warna bulu betina.
  • Biasanya Anis Kembang jantan memiliki mata yang lebih menonjol atau terlihat lebih melotot.

Dari beberapa ciri di atas ini, yang paling banyak digunakan oleh sobat kicau adalah dengan cara melihat dari bentuk mata burung tersebut, kusam atau tidaknya warna pada bulunya, cara bertengger masing-masing burung. Namun, tips dan cara di atas ini tidak bisa diterapkan pada pemilihan Anis Kembang yang masih anakan.

Adapun cara yang dapat digunakan untuk mencari tahu jenis kelamin Anis Kembanga yang masih anakan atau trotolan. Bisa kalian lihat dari bagaimaca cara anakan tersebuit ngriwik, biasanya jika burung ngeriwik dan dibarengi dengan membuka paruh itu tanda Anis Kembang tersebut berjenis kelamin jantan. Untuk Anis Kembang betina biasanya ketika ngeriwik, burung tersebut hanya terlihat menggelembungkan tenggorokan atau lehernya.

Cara Merawat Anis Kembang Bahan atau Bakalan

Cara Perawatan Anis Kembang Jantan

Jika kalian sudah berhasil menemukan Anis Kembang Jantan, yang pastinya sesuai keinginan. Sama halnya dengan CARA MEMILIH BURUNG SIRTU OMBYOKAN. Langkah selanjutnya adalah kalian perlu memperhatian bagai mana cara merawat Anis Kembang tersebut seperti yang di bawah ini.

Kandang

Anis Kembang bisa kalian pelihara pada kandang kotak, yang memiliki ukuran 40x40x60 cm atau juga bisa kalian membuat kandang bulat dengan diameter sekitar 30 cm.

Sementara untuk tenggeran bisa dibuat dengan diameter 1,5 cm dengan bahan cabang kayu asam. Karena, tekstur kulitnya yang kasar yang berguna untuk mengasah paruh Anis kembang agar tidak runcing.

Untuk perawatan harian burung Anis Kembang, tidak perlu dikerodong. Dan hanya perlu dikerodong pada waktu malam hari saja, agar burung tidak kedinginan dan untuk mengantisipasi Anis Kembang tersebut memakan serangga beracun yang biasa mengerubungi lampu di malam hari.

Pakan

Kalian bisa memberikan pakan pada Anis Kembang, seperti menu pakan yang bervariatif. Hal ini berguna agar burung tersebut dapat memiliki kelengkapan kebutuhan nutrisi. Serta, kalian juga harus memperhatikan dari kebersihan atau kualitas air minum burung. Kemudian, jika kalian memerlukan, kalian juga bisa memberikan tambahan vitamin, agar burung tetap dalam kondisi sehat dan juga fit setiap harinya.

Setting Perawatan Harian

  1. Pada jam 5 pagi, burug dikeluarkan dari dalam rumah, dan diangin-anginkan di depan teras rumah, agar burung merasa tenang serta dapat menghirup udara segar.
  2. Jam 7 pagi burung dimandikan dengan cepuk, atau keramba yang biasa dipakai untuk memandikan burung pada umumnya.
  3. Bersihkan kandang, ganti pakan serta air minum burung. Hal ini berguna agar burung bisa terjauh dari beberapa serangan penyakit.
  4. Berikan 5 ekor jangkrik, dan letakan saja pada cepuk wadah pakan.
  5. Kemudian, jemur burung dengan durasi minimal 2 jam saja. Mulai dari jam 7 sampai dengan jam 9 pagi.
  6. Setelah burung dijemur, kalian bisa mengangin-anginkan burung tersebut. Atau bisa juga kalian menggantang di tempat yang ramai, sambil melatih mental burung Anis Kembang tersebut. Setidaknnya membuat burung tersebut berani berkicau walaupun disekeliling keramaian orang.
  7. Selama burung digantang, usahakan tetap memeberikan beberapa suara masteran atau kicauan burung lainnya, pada saat jam 10 siang sampai jam 3 sore. Hal ini bertujuan untuk menambah materi isian atau variasi kicauan burung tersebut.
  8. Setelah itu, Masukan burung ke dalam rumah dan tetap diperdengarkan suara masteran. Karena, pada saat burung sedang beristirahat, akan lebih cepat untuk merekam suara du sekelilingnya.
  9. Kemudian, pada keesokan harinya tetaplah kalian melakukan hal serupa. Dengan memberikan makanan tambahan seperti kroto. Untuk meragsang supaya burung mau bunyi.
  10. Berikan kroto sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu, dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.
  11. Kalian juga bisa memberikan cacing merah sebanyak 3 kali dalam seminggu. Kalian bisa memberikan 2 ekor cacing untuk sekali waktu pemberian.
  12. Berikan juga buah segar sebagai menu tambahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung Anis Kembang. Buah diantaranya adalah pepaya, pisang kepok, sawo, dan juga apel. Hal ini bertujuan agar burung tersebut tidak merasa bosan dengan menu setiap harinya.
  13. Berikan juga beberapa tetes vitamin untuk burung kicau, waktu pemberian cukup dengan 1 minggu sekali pada air minum burung.

Dengan perawatan yang baik dan benar, maka akan menghasilkan burung Anis Kembang yang rajin bunyi atau gacor.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai ciri ciri Anis Kembang jantan. Lengkap dengan cara perawatan yang baik dan benar. Jika burung Anis Kembang memiliki perawatan yang tepat, maka akan memungkinkan burung tersebut akan gacor dikemudian hari. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *