Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Elang di Indonesia

Jenis Burung Elang di Indonesia

Jenis Burung Elang di Indonesia – Burung Elang di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, tersebar secara merata di berbagai wilayah atau kepulauan nusantara. Wilayah persebarannya yaitu dari Aceh hingga daerah Papua.

Terdapat beberapa jenis burung elang di Indonesia tentunya mendapatkan spesies tambahan dari negara asalnya. Jadi, terdapat beberapa jenis burung elang yang mendiami beberapa wilayah Indonesia, sebab udara di habitat aslinya sangat dingin.

Karena, tidak semua jenis burung elang yang tersebar di seluruh dunia bisa menahan suhu habitatnya, seperti musim salju dan lain sebagainya. Maka dari itu, beberapa jenis dari negara lain ikut menginap di beberapa bagian wilayah di Indonesia.

Burung elang sendiri memiliki perawakan gagah, karakter teritorinya cukup bagus. Bahkan lebih uniknya yaitu jika burung elang mendapatkan perawatan terbaik, yaitu mulai dari pemberian pakan berkualitas dan lain sebagainya, bisa hidup hingga ratusan tahun lamanya.

Jenis Burung Elang di Indonesia

Jenis Burung Elang Yang Ada Di Indonesia

Tahukah kalian jenis burung elang apa saja di Indonesia? Jadi, untuk saat ini jumlah spesies yang terkenal terdapat cukup banyak. Nah, jika kalian penasaran, maka langsung saja untuk simak beberapa jenisnya berikut ini.

Alap-Alap Sulawesi

Alap Alap Sulawesi

Sudah terlihat untuk jenis ini yaitu berasal dari wilayah Indonesia, lebih tepatnya kepulauan Sulawesi. Kalian bisa menemukanya diperhutanan, perbukitan, pegunungan dan lain sebagainya.

Alap-Alap Talaud

Alap Alap Talaud

Jadi, masih sama seperti jenis burung pertama, yaitu masih berada di wilayah Indonesia. Jenis ini sering terlihat di area kepulauan Talaud, disana masih terdapat alam kaya akan isinya.

Sehingga, membuat populasi jenis talaud bisa berkembang dengan baik disana. Di Indonesia sendiri masih banyak jenis burung lainnya, seperti berikut ini.

Alap-Alap Capung

Alap Alap Capung

Selanjutnya juga ada jenis burung alap-alap capung, ia merupakan burung karnivora cerdas diantara jenis yang tersebar di Indonesia lainnya.

Alap-Alap Australia

Alap Alap Austrasia

Seperti namanya, jenis burung tersebut memang bukanlah asli endemik Indonesia, hanya saja ia numpang hidup. Sebab, pada saat musim dingin tiba, jenis burung rajawali satu ini lebih memilih untuk tinggal di wilayah tetangga.

Alap-Alap Coklat Wamena

Alap Alap Coklat Wamena

Wamena merupakan salah satu wilayah Indonesia sebelah timur. Disana juga memiliki jenis burung tersebut, lebih tepatnya alap-alap coklat. Penamaannya tersebut diberikan sebab memiliki bulu berwarna cokelat.

Alap-Alap Sapi

Alap Alap Sapi

Terdapat pula jenis burung Rajawali Sapi di Indonesia. Memiliki ciri fisik seperti ukuran tubuhnya hanya sekitar 30 cm, bagian atas tubuhnya berwarna cokelat, terdapat bulu menyerupai mahkota diatas kepalanya, serta berbagai ciri fisik lainnya.

Alap-Alap Dahi Putih

Alap Alap Dahi Putih

Alap-alap dahi putih atau dengan nama latin “Microhierax fringilarius”, jenis ini dinyatakan endemik Indonesia tepatnya di kepulauan Kalimantan.
Raptor kecil tersebut memiliki ukuran tubuh sekitar 15 cm, tubuhnya berwarna hitam dan putih mirip alap-alap capung.

Akan tetapi, bagian muka lebih putih dan warna putih pada dahi melebar kebelakang sampai area matanya. Pada sayap dan ekor tidak terdapat bintik putih. Dahi berwarna cokelat buah berangan. Kemudian, pada bagian iris, kaki serta paruh pada jenis ini berwarna keabu-abuan.

Alap-Alap Kawah

Alap Alap Kawah

Jika dilihat dari namanya saja sudah dapat ditebak bahwa habitat jenis ini berasal dari kawah gunung. Tentunya kawah gunung yang berada di wilayah Indonesia.

Baza Hitam Sumatera Utara

Baza Hitam Sumatera Utara

Kemudian, terdapat pula jenis burung rajawali asal Indonesia dengan nama Baza Hitam. Lebih tepatnya yaitu memiliki habitat asli di kepulauan Sumatera Utara.

Baza Zerdon

Baza Zerdon

Jenis burung tersebut di Indonesia selanjutnya yaitu Baza Zerdon, berasal dari habitat aslinya yaitu di kepulauan Sulewesi Utara. Biasanya jenis ini dapat dijumpai di area rerimbunan hutan, pesawahan, perbukitan dan lain sebagainya.

Baza Pasifik

Baza Pasifik

Salah satu jenis burung di Indonesia ini memiliki keunikan hampir mirip dengan rajawali jawa, yaitu terdapat bulu jambul mirip mahkota di atas kepalanya.

Elang Besra

Elang Besra

Kemudian, ada pula jenis alap-alap besra yaitu merupakan keluarga Accipitidae, dari genus Accipiter. Merupakan salah satu jenis endemik di Indonesia.

Elang Coklat

Elang Coklat

Untuk jenis alap-alap cokelat sendiri yaitu berasal dari salah satu daerah di Indonesia. Kebiasaan hidupnya yaitu hanya bertengger dan mencari mangsa di tepi rawa-rawa, ciri fisiknya yaitu memiliki bulu berwarna kecokelatan.

Elang Ekor Totol

Elang Ekor Totol

Seperti jenis endemik Indonesia lainnya, jenis ini memiliki tempat atau habitat di daratan Pulau Sulawesi. Habitatnya yaitu di hutan, pegunungan, dan lain sebagainya dengan ketinggian 1.950 mdpl.

Elang Halmahera

Elang Halmahera

Halmahera merupakan salah satu kepulauan di Indonesia, memiliki jenis Alap-Alap yang dinamakan sesuai habitatnya yaitu Halmahera. Jika dilihat sekilas, penampilan fisiknya tidak jauh berbeda dengan jenis kelabu.

Elang Jambul

Elang Jambul

Rajawali Jambul atau dengan nama lain Accipiter Trivirgatus sendiri sudah menjadi salah satu burung pemangsa yang banyak diminati para pencinta burung. Oleh karena itu, burung tersebut dapat dijumpai dengan mudah di beberapa wilayah di Indonesia.

Elang Kalung Papua

Elang Kalung Papua

Di Indonesia juga pernah ada yang melihat jenis kalung (Accipiter cirrocephalus) merupakan burung pemangsa. Memiliki tubuh berukuran kecil dan ramping pada familia Accipitridae. Selain itu, jenis ini juga bisa ditemukan di Australia, Papua, Kepulauan Aru, Tasmania, Guinea Baru dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Elang Kecil

Elang Kecil

Rajawali kecil merupakan salah satu jenis burung pemangsa, termasuk ke dalam famili Accipitridae. Burung ini endemik asli Indonesia, lebih tepatnya yaitu di Pulau Sulawesi.

Elang Kepala Abu abu

Elang Kepala Abu Abu

Ichthyophaga Ichthyaetus adalah jenis dari famili Accipitridae, dari genus Ichtyophaga. Burung tersebut merupakan jenis pemakan ikan, memiliki habitat kesukaan yaitu di perairan, danau, sungai, serta rawa di hutan Indonesia.

Elang Maluku

Elang Maluku

Terdapat pula jenis burung yang merupakan endemik Maluku Utara, Indonesia. Alap-Alap Maluku menjadi salah satu jenis burung pemangsa dari famili Accipitridae, serta satu diantara belasan jenis Accipiter sp. yang hidup di wilayah Indonesia.

Elang Nippon

Elang Nippon

Burung Rajawali nippon dewasa memiliki ukuran tubuh kecil, dengan panjang tubuh sekitar 27 cm. Jika disamakan dengan jenis yang ada di Indonesia, nippon lebih mirip dengan alap-alap capung.

Elang Shikra

Elang Shikra

Burung karnivora terkecil di dunia adalah Alap-alap Shikra atau dengan nama latin (Microhierax fringillarius), yang dapat dijumpai di Asia Tenggara, dan Microhierax latifrons yang dapat ditemukan di salah satu kepulauan di Indonesia yaitu Kalimantan.

Elang Bondol

Elang Bondol

Alap-Alap Bondol sendiri merupakan salah satu burung pemangsa yang populasinya kian menurun di Indonesia. burung ini memiliki daerah persebaran cukup luas di Asia.

Elang Bonnelli

Elang Bonneli

Rajawali bonelli atau dengan nama latin (Aquila fasciata) merupakan jenis burung pemangsa, termasuk kedalam famili Accipitridae. Burung tersebut tersebar di Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Tiongkok, serta Indonesia.

Elang Brontok

Elang Brontok

Jenis Alap-Alap di Indonesia satu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu bisa merubah warna bulunya. Memiliki rentang sayap cukup lebar, sedangkan untuk panjang tubuhnya sendiri yaitu sekitar 60 hingga 72 cm.

Elang Ekor Panjang

Elang Ekor Panjang

Seperti namanya, jenis ini memiliki ekor panjang, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Populasinya di Indonesia tersebut sudah semakin berkurang, sebab perburuan liar oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Elang Gunung

Elang Gunung

Jenis ini merupakan salah satu endemik Indonesia, seperti namanya jenis ini berasal dari pegunungan di Indonesia. Habitat aslinya pastinya cukup dekat dengan sumber air.

Elang Hitam

Elang Hitam

Alap-alap Hitam merupakan sejenis burung pemangsa, sudah termasuk ke dalam anggota suku Accipitridae. Dinamai demikian kemungkinan karena warnanya cukup unik diantara jenis lain di Indonesia, terdapat bercak-bercak pada bagian tubuh bawahnya.

Elang Ikan Kecil

Elang Ikan Kecil

Rajawali unik selanjutnya yaitu suka sekali memakan ikan kecil, bahkan untuk habitatnya sendiri juga lebih memilih hidup di tepi rawa, sungai atau sumber air lainnya.

Rajawali Kepala Kelabu

Elang Kepala Kelabu

Alap-Alap kepala kelabu atau dengan bahasa latinnya Ichthyophaga ichthyaetus merupakan jenis burung pemangsa dari famili Accipitridae, dari genus Ichtyophaga. Memiliki tubuh berukuran besar sekitar 70 cm. Jenis ini bisa ditemukan di beberapa wilayah pesebaran di Indonesia.

Rajawali Jawa

Elang Jawa

Alap-alap Jawa merupakan salah satu jenis berukuran sedang, berasal dari keluarga Accipitridae dan genus Nisaetus, bisa dibilang merupakan endemik asli di Pulau Jawa. Rajawali Jawa kerap disamakan dengan asal-usul lambang BURUNG GARUDA Pancasila, yaitu diambil dari binatang mitos di Jawa tersebut.

Alap-Alap Kecil Pygmi

Elang Kecil Pygmi

Alap-alap pygmy atau dengan nama latin Hieraaetus weiskei, memiliki ukuran tubuh kecil, diantara jenis lainnya. Kemudian dianggap sebagai jenis dari postur kecil atau burung pemangsa kerdil di Indonesia.

Alap-Alap Kelabu

Elang Kelabu

Alap-alap Kelabu dengan nama latin Butastur indicus. Jenis ini masih memiliki aliran persaudaraan dengan jenis Rajawali Sayap Coklat, Kemudian, untuk ukuran tubuh sekitar 45 cm dengan rentang sayap 96 – 110 cm untuk burung jantan.

Biasanya burung tersebut dapat ditemukan di wilayah perbukitan, perhutanan, dan wilayah Indonesia lain sebagaianya. Namun, sangat disayangkan populasinya kian menurun setiap tahunnya.

Rajawali Laut Perut Putih

Elang Laut Perut Putih

Alap-Alap laut dada putih atau dengan nama latin Haliaeetus leucogaster, memiliki ciri fisik seperti tubuhnya berukuran besar, kepala dan leher bagian bawah berwarna putih, punggung, sayap dan ekornya berwarna abu-abu.

Alap-Alap Paria

Elang Paria

Jenis tersebut banyak dijumpai di wilayah Indonesia yaitu alap-alap paria atau yang dikenal dengan jenis bk dan paria. Makanan alap-alap paria tersebut diantaranya yaitu serangga kecil, udang, tikus, marmut, ikan hingga kelinci.

Alap-Alap Perut Karat

Elang Perut Karat Jenis Burung Elang di Indonesia

Rajawali perut karat atau dengan nama lain Lophotriorchis kienerii adalah satu burung pemangsa dari famili Accipitridae, famili Accipitrinae dan genus Lophotriorchis.

Alap-Alap Sayap Coklat

Elang Sayap Cokelat Jenis Burung Elang di Indonesia

Diantara banyaknya jenis di Indonesia, salah satunya yaitu alap-alap sayap coklat. untuk cara merawat dan melatih rajawali sayap coklat masih sama dengan jenis lainnya. Banyak pecinta burung kicau memeliharanya untuk dijadikan partner bermain.

Rajawali Setiwel Sulawesi Tenggara

Elang Setiwel Sulawesi Tenggara Jenis Burung Elang di Indonesia

Kemudian, untuk jenis selanjutnya yaitu menggunakan nama setiwel, lalu dilanjutkan dengan habitatnya di salah satu kepulauan, lebih tepatnya di Sulawesi Selatan, Indonesia.

Alap-Alap Tikus

Elang Tikus Jenis Burung Elang di Indonesia

Alap-Alap tikus memiliki nama latin Elanus caeruleu, merupakan burung endemik. Jenis burung pemangsa berukuran kecil di dalam familia Accipitridae, terkenal karena kebiasaannya melayang di udara.

Elang Tiram

Elang Tiram Jenis Burung Elang di Indonesia

Rajawali tiram atau ikan yang dikenal banyak penghobi burung di Indonesia, jika dipanggil menggunakan nama ilmiahnya yaitu Pandion haliaetus. Jenis ini merupakan satu-satunya di dalam suku Pandionidae dan genus Pandion.

Alap-Alap Ular Bido

Elang Ular Bido Jenis Burung Elang di Indonesia

Kemudian, ada juga jenis yang merupakan salah satu satwa dilindungi di Indonesia, yaitu jenis Ular Bido atau dengan nama latin Spilornis cheela.

Elang Ular Jari Pendek

Elang Ular Jari Pendek Jenis Burung Elang di Indonesia

Alap-Alap ular jari pendek atau dengan nama latin Circaetus gallicus, merupakan salah satu dari famili Accipitridae dan Genus Circaetus. Jenis burung pemangsa ini memiliki habitat di salah satu wilayah di Indonesia.

Alap-Alap Ular Sulawesi

Elang Ular Sulawesi Jenis Burung Elang di Indonesia

Rajawali ular sulawesi atau dengan nama latin Spilornis rufipectus merupakan salah satu Jenis burung pemangsa dalam famili Accipitridae. Kalian bisa menjumpai burung ini di wilayah Indonesia, lebih tepatnya yaitu di Sulawesi.

Elang Wallacce

Elang WallacceJenis Burung Elang di Indonesia

Alap-alap Wallace atau memiliki nama latin Nisaetus Nanus, merupakan salah satu jenis dari famili Accipitridae yang merupakan endemik asli Indonesia.

Elang Pucat Papua

Elang Pucat Papua Jenis Burung Elang di Indonesia

Alap-alap papua adalah salah satu Jenis yang ada di wilayah Indonesia. Terlihat ciri khas yaitu pada bagian tubuhnya berwarna pucat, dada bercoret gelap, serta hijau pucat di beberapa bagian lainnya.

Rajawali Rawa

Elang Rawa Jenis Burung Elang di Indonesia

Rajawali rawa memiliki nama latin Circus Approximans, juga memiliki sebutan lain seperti alap-alap rawa kolam, rawa australasia, Alap-alap rawa dan lain sebagainya. Jenis ini dapat kalian temukan di benua Asia, salah satunya yaitu di wilayah Indonesia.

Elang Flores

Elang Flores Jenis Burung Elang di Indonesia

Rajawali flores atau sering disebut dengan nama latin Nisaetus floris. Merupakan jenis pemangsa tersebar di Pulau Lombok, Sumbawa, serta pulau kecil Satonda dan Rinca, dan wilayah Indonesia lainnya. Namun, saat ini populasinya terus menyusut sehingga dapat dikategorikan sebagai satwa terancam punah.

Rajawali Kuskus

Rajawali Kuskus Jenis Burung Elang di Indonesia

Jenis satu ini merupakan salah satu diantara sekian banyaknya jenis Elang di Indonesia. Kemudian, untuk wilayah asalnya yaitu dari daratan atau hutan-hutan Sulawesi.

Rajawali Papua

Rajawali Papua Jenis Burung Elang di Indonesia

Elang papua merupakan satu-satunya Jenis yang berada di Indonesia, dari satu kelompok di dalam famili harpiinae. Bahkan, jenis ini merupakan satu-satunya dari 3 jenis alap-alap yang ada.

Rajawali Totol

Rajawali Totol Jenis Burung Elang di Indonesia

Elang totol atau dengan nama latin Accipiter Trinotatus merupakan jenis burung pemangsa di dalam famili Accipitridae. Burung tersebut menyebar secara terbatas, dan menjadi satwa endemik Indonesia, lebih tepatnya di Pulau Sulawesi.

Sikep Madu Asia

Sikep Madu Asia Jenis Burung Elang di Indonesia

Sikep madu asia memiliki nama latin Pernis Ptilorhynchus adalah jenis burung pemangsa di dalam famili Accipitridae. Burung ini memiliki daerah persebaran yaitu di Palearktika timur, India, dan Asia (Indonesia).

Sikep Madu Sulawesi

Sikep Madu Sulawesi Jenis Burung Elang di Indonesia

Elang Madu Sulawesi termasuk jenis burung endemik Indonesia, yang biasanya dibanderol dengan harga tergolong cukup tinggi. Karna, polulasi sikep madu sulawesi di habitat aslinya sudah sedikit.

Sikep Mata Putih

Sikep Mata Putih Jenis Burung Elang di Indonesia

Keberadaan elang Mata Putih sudah diambang kepunahan, sehingga jarang sekali ditemukan. Pastinya untuk ciri fisik paling mudah dilihat yaitu dari iris matanya yang berwarna putih.

Alap-Alap Sulawesi

Elang Sulawesi Jenis Burung Elang di Indonesia

Salah satu burung elang endemik asli Indonesia, lebih tepatnya yaitu di kepulauan Sulawesi adalah alap-alap sulawesi. Namun, maraknya perburuan oknum tidak bertanggungjawab membuat populasinya terus menyusut.

Untuk mengatasi hal tersebut, lebih baiknya untuk menangkarkan jenis endemik satu ini. Supaya anak cucu kita masih bisa menikmati keindahan dari salah satu jenis burung satu ini.

Kesimpulan

Jadi, terdapat sangat banyak sekali jenis burung endemik asli Indonesia. Jika kalian sering mengunjungi hutan pegunungan, pastinya bisa menjumpai beberapa jenis tersebut.

Memiliki ciri tersendiri setiap jenisnya sewaktu terbang, yaitu seperti kepakan sayapnya yang diikuti luncuran panjang. Melayang tinggi di langit Indonesia dengan sayap mendatar.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai jenis burung elang di Indonesia. Terdapat sekitar 60 jenis tersebar di berbagai wilayah, kepulauan nusantara. Semoga ulasan diatas bisa menjadi suatu ladang ilmu bermanfaat untuk sobat kicau. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *