Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Agar Merpati Turun Kenceng

Cara Agar Merpati Turun Kenceng

Cara Agar Merpati Turun Kenceng – Merpati merupakan salah satu jenis burung yang sering terlihat dilombakan oleh para penghobi. Perlombaan tersebut ditujukan pada ketangkasan terbang serta kecepatanya.

Terdapat beberapa trik atau cara yang mempengaruhi MERPATI BALAP TINGGIAN dapat menjadi juara. Seperti halnya dengan pelatihan, ngeplek betina, pemberian suplemen dan lain sebagainya.

Namun, kebanyakan penghobi pemula masih merasa kebingungan dan selalu bertanya-tanya mengenai bagaimana cara agar merpati dapat turun kencang. Biasanya dapat dilihat dari ciri fisik serta kualitasnya.

Pengaruh burung tidak mau turun kenceng diantaranya yaitu karena beberapa faktor. Diantaranya seperti dara kolong memiliki trauma, sedang dalam fase mabung atau ganti bulu, serta karakternya.

Cara Agar Merpati Kolong Turun Kenceng

Cara Agar Merpati Kolongan Turun Kenceng

Jadi, cara agar dara balap tinggian bisa turun kenceng juga dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut. Maka dari itu, jika kalian ingin membeli bahanan merpati balap tinggian, lebih baik ketahui terlebih dahulu kualitasnya.

Setelah kalian menemukan dara berkualitas dengan trah atau garis keturunan jawara, maka selanjutnya yaitu melakuka pola perawatan serta pelatihan mentalnya, sehingga dapat terbang lebih tinggi, cepat, serta dapat terbang turun menukik lebih kenceng.

Melihat Kriteria Merpati

Melihat Kriteria Merpati

Nah, seperti yang sudah saya singggung diatas bahwa dara bisa turun kenceng apabila ia terlahir dari trah jawara. Secara otomatis, dara balap tersebut dapat memiliki kualitas terbang lebih baik.

Jika kalian tidak mengetahui kriteria yang bisa turun kenceng di lapak lomba, silahkan kalian simak berapa ciri-cirinya terlebih dahulu pada tabel berikut ini.

Ciri-CiriKeterangan
KepalaBesar dan jenong
ParuhPendek dan meruncing
MataPupil mengecil, warna hitam dan kuning tua
HidungSedikit lebar dan pangkal cenderung menggunduk
LeherKuat, tegak, dan kencang
SayapKuat, lentur, rapat, dan ujung runcing
Tulang DadaBerbentuk huruf “V”
Supit UdangJarak supit udang sekitar 1 cm
PinggangRapat dengan tubuh
EkorRapat, tebal dan panjang
KakiPanjang, merit dan mbesisik

Itulah sejumlah ciri-ciri atau kriteria merpati balap tinggian yang mampu turun kenceng. Memiliki mental bagus, tidak memiliki trauma, serta masih banyak faktor lain.

Memberi Jamu Giring Keras

Memberi Jamu Giring Keras

Jika sudah mengetahui bagaimana kriteria dara yang dapat stut kenceng, maka selanjutnya yaitu dengan melakukan pemberian jamu giring keras. Jamu giring tersebut dapat diperoleh dengan cara membelinya, hanya saja pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait dengan cara pembuatannya.

Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum membuat jamu giring agar dara turun kenceng, lebih baik persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan pembuatannya. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak baik-baik tahapanya berikut ini.

  • Temulawak bubuk 1/4 ons.
  • Temu kunci bubuk 1/4 ons.
  • Kunyit bubuk 1/4 ons.
  • Umbi rumput teki bubuk 1/4 ons.
  • Gingseng bubuk 1/2 ons.
  • Pasak bumi bubuk 1/2 ons.
  • Lengkuas merah bubuk 1/2 ons
  • Daun sendok 1/2 ons
  • Kopi asli bubuk 1 sendok makan.
  • Sarang walet 1 jari kelingking
  • Madu klanceng asli secukupnya.
  • Tapak liman bubuk 1/4 ons.
  • Telor bebek 5 butir.

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan sudah terkumpul, kalian lanjutkan ke cara pembuatan jamu untuk merpati kolong turun kenceng. Pembuatannya cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan semua bahan diatas ke dalam satu wadah.

Setelah itu, bentuk bulatan kecil biji jagung atau pelet ikan lele. Lalu, kalian dapat menjemurnya di bawah terik matahari secara langsung hingga benar-benar kering.

Waktu penjemuran kira-kira kurang lebih sekitar 3 hari, tujuannya yaitu untuk menghindari jamur. Setelah kering, masukan jamu tersebut ke dalam toples diberi silikon gel, tujuannya yaitu agar tidak berjamur.

Cara Pemberian

Setelah mengetahui jamu merpati balap tinggian berguna agar lebih berani turun kenceng, selanjutnya adalah cara pemberiannya. Silahkan kalian berikan jamu tersebut pada jagoan kalian.

Pemberian paling tepat yaitu dalam waktu 3 hari sekali, sore hari atau menjelang waktunya beristirahat agar khasiat jamu dapat diterima dengan baik didalam tubuh burung tersebut.

Berikan Pola Perawatan Terbaik

Berikan Pola Perawatan Terbaik

Rasanya percuma saja jika kalian memberikan jamu tapi tidak memberikan perawatan yang baik padanya. Seperti apa tips perawatan agar bisa turun kenceng? Supaya lebih jelas, silahkan simak baik-baik ulasan selengkapnya berikut ini.

Jangan Dimandikan

Jangan Dimandikan

Jika sudah giring sebaiknya jangan dimandikan, akan tetapi cukup dilap bagian kaki serta bulu yang kotor menggunakan kain basah. Sebelum dimainkan di lapak, burung dara tersebut tidak boleh dikawinkan.

Beri Pakan Berkualitas

Beri Pakan Berkualitas

Beri sedikit pakan di pagi hari menggunakan kacang atau jagung, jangan lupa pula berikan air minum. Setelah diberi pakan, masukan burung dara ke gupon dan jangan sampai kawin.

Latihan Mental di Lapak

Latihan Mental di Lapak

Pada saat siang atau sore hari, agar burung dapat kalian latih di arena atau lapak perlombaan. Pertama-tama latih sendirian jangan dibalapkan, latih didepan orang banyak, biasakan mendarat ditangan joki sebelah kiri.

Latih dari siang hingga sore hari, lalu masukan merpati ke dalam kandang, berikan makan serta minum sepuasnya. Tips ini biasanya akan menaikan mental supaya berani turun kenceng saat mengikuti perlombaan

Kawinkan Setalah Latihan

Kawinkan Setelah Latihan

Kemudian, kalian dapat mengawinkannya setelah berlatih di lapangan perlombaan. Semakin sering melakukan perkawinan, merpati akan tambah giring sehingga memungkinkan untuk stut kenceng saat lomba.

Pemberian Jamu

Pemberian Jamu

Apabila diperlukan, kalian bisa memberikan jamu seperti diatas, agar saat ikut lomba bisa turun kenceng. Lakukan pemberian jamu sesuai aturan serta dosis yang ditentukan, agar dapat menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

diatas ini adalah beberapa kunci perawatan dara balap tinggian agar berani cepat turun menukik. Jika kalian merupakan pemula, maka lebih baik pahami terlebih dahulu siklus giring dengan pasangannya.

Gunanya yaitu untuk kalian dapat mengontrol agar bisa turun menukik tajam saat dikeplek menggunakan burung betina. Sehingga, merpati kalian menjadi jawara.

Itulah beberapa tahapan atau cara melatih agar burung dara balap tinggian lebih berani stut kenceng. Beberapa pola perawatan juga mendukung supaya burung dara lebih giring.

Kesimpulan

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara agar merpati turun kenceng saat dilombakan. Setiap tahapan tersebut memiliki kegunaanya masing-masing, akan tetapi tertuju pada satu titik yaitu merpati balap tinggian menjadi juara di lapangan perlombaan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *