Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

17 Cara Meningkatkan Birahi Merpati Agar Cepat Giring Keras!

Cara Meningkatkan Birahi Merpati
Advertisements

Cara Meningkatkan Birahi Merpati – Sebagai pemelihara Merpati, pastinya kalian harus mengetahui tingkat kegiringan suatu burung terhadap pasangannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Merpati giring kendor merupakan salah satu jenis permasalahan yang seringkali dialami oleh para pemula di luar sana.

Adapun penyebab Merpati giring kendor sendiri diantaranya yaitu karena mereka tidak bergairah ataupun birahinya rendah. Dimana ketika Merpati giring kendor terhadap pasangannya, maka akan mengakibatkan performa mereka akan sangat menurun di lapangan, entah itu bagi Merpati balap ataupun Merpati jenis lainnya.

Advertisements

Apabila kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, sebaiknya jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi ataupun cara mengatasinya. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya pada pemula mengeluhkan bahwa mereka merasa kebingungan mengenai bagaimana tata caranya.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak mendongkrak birahi atau gairah burung Merpati, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara meningkatkan birahi Merpati semua jenis, entah itu dari segi perawatan harian hingga pemberian pakannya.

Tujuan Meningkatkan Birahi Merpati

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara meningkatkan birahi burung Merpati lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tujuannya. Salah satu tujuan kenapa seseorang hendak mendongkrak birahi atau gairah Merpati yaitu karena mereka ingin mengikuti sebuah kontes maupun perlombaan.

Dimana ketika birahi burung Merpati semakin tinggi, maka dapat dipastikan bahwa tingkat kegiringannya dengan pasangan juga akan semakin meningkat. Selain itu, proses meningkatkan gairah Merpati juga sering dilakukan oleh seseorang ketika mereka hendak menjodohkan dan membudidayakannya, dengan kata lain supaya mereka bisa cepat kawin.

Advertisements

Cara Meningkatkan Birahi Merpati

Cara Meningkatkan Birahi Burung Merpati
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa tujuan mendongkrak birahi Merpati, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini untuk bisa meningkatkan gairah Merpati sebenarnya dapat dilakukan melalui beberapa cara, entah itu dari segi perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk bisa membuat Merpati giring keras terhadap pasangannya, dibutuhkan adanya kesabaran serta keuletan dari pemiliknya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah cara meningkatkan birahi Merpati, entah itu untuk Merpati balap ataupun Merpati rumahan.

1. Memandikan Merpati

Cara pertama untuk meningkatkan birahi Merpati yaitu dengan memandikannya secara rutin setiap pagi hari. Kalian bisa memandikan Merpati dengan cara menggunakan semprotan air ataupun membiarkannya mandi sendiri di dalam kandang keramba.

Setelah Merpati selesai dimandikan, langkah selanjutnya yaitu angin-anginkan terlebih dahulu. Kemudian kalian juga harus menjemur Merpati di bawah sinar matahari supaya bisa mendapatkan vitamin alami. Apabila sudah dimandikan dan dijemur, sebaiknya masukkan Merpati kembali ke dalam kandang.

2. Cukupi Kebutuhan Asupan Merpati

Tidak hanya dari segi pola perawatan hariannya saja, mendongkrak birahi Merpati juga bisa dilakukan dengan cara mencukupi semua kebutuhan asupan nutrisi dan gizinya. Maka dari itu, sebaiknya selalu pastikan pakan utama Merpati di dalam kandang terpenuhi. Selain itu, pastikan juga bahwa kebutuhan air minum Merpati juga tercukupi.

3. Berikan Merpati Jangkrik

Mungkin sebagian besar dari kalian menganggap bahwa jangkrik hanya bermanfaat untuk burung kicauan saja. Namun, ternyata serangga kecil tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan birahi Merpati, entah itu Merpati jantan ataupun betina.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jangkrik sendiri mempunyai cukup banyak kandungan nutrisi dan gizi yang akan membantu mendongkrak gairah Merpati terhadap pasangannya. Namun, perlu diingat bahwa pemberian jangkrik untuk Merpati tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping negatif terhadap tubuhnya.

4. Berikan Merpati Jamu Tambahan

Cara meningkatkan birahi Merpati terakhir yaitu memberikan jamu atau suplemen tambahan. Pada pembahasan sebelumnya juga sudah pernah kami jelaskan bahwa merica bisa dimanfaatkan untuk menggiringkan Merpati yang sudah jodoh.

Selain menggunakan beberapa bahan alami seperti kencur, merica dan kunyit, sebenarnya saat ini juga sudah tersedia cukup banyak vitamin buatan yang dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak birahi Merpati. Akan tetapi, perlu diingat bahwa vitamin atau suplemen buatan tersebut pastinya mengandung bahan kimia sehingga dosis pemberiannya harus benar-benar diperhatikan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini tata cara menambah tingkat birahi atau gairah burung Merpati dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, entah itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya. Namun, untuk melakukannya dibutuhkan adanya kesabaran serta keuletan dari pemiliknya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara meningkatkan birahi Merpati untuk semua jenis dari segi perawatan harian dan pemberian pakannya, entah itu untuk Merpati balap ataupun Merpati hias. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat birahi Merpati semakin meningkat.

Sumber gambar : br.de

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *