3 Cara Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun Paling Ampuh!!

Cara Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun
Advertisements

Cara Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun – Ada banyak sekali kemungkinan hewan peliharaan atau aduan yang mengalami sakit atau terkena penyakit. Dimana sakit pada ayam bisa dikarenakan karena perawatan yang salah atau bisa juga dikarenakan perilaku dari ayam itu sendiri. Satu sakit pada ayam yang bisa disebabkan karena salah perawatan maupun perilaku dari ayam tersebut yaitu tembolok yang tersumbat.

Apabila ayam peliharaan anda mengalami tembolok tersumbat tidak perlu terlalu panik. Pasalnya masalah telih ayam tidak turun bisa diobati dengan mengunakan beberapa tips. Namun bagaimana cara mengobati tembolok ayam tidak turun?

Advertisements

Cara mengobati tembolok ayam tersumbat bisa dilakukan menggunakan obat herbal maupun pakai obat khusus atasi tembolok ayam sakit. Cara mengobati tembolok ayam tidak turun juga bisa dengan memanfaatkan kerupuk. Yaitu dengan pakai larutan minyak dari kerupuk serta dapat juga dengan memberi makan kerupuk yang sudah direndam.

Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa tips atau cara mengobati tembolok ayam tidak turun. Namun sebelum masuk ke cara mengobati telih ayam tidak turun, silahkan simak ulasan tentang penyebab dan beberapa alat dan bahannya berikut ini.

Penyebab Telih Ayam Tidak Turun

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat tembolok tidak turun. Diantaranya yakni disebabkan kesalahan dalam perawatan, perilaku ayam atau lainnya. Penyebab tembolok ayam tidak turun diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebelum di abar ayam memakan makanan keras seperti beras merah atau lainnya
  • Setelah di abar ayam memakan makanan yang keras seperti beras merah atau lainnya
  • Ayam tidak sengaja makan karet atau plastik
  • Ayam tidak sengaja memakan benda asing seperti kerikil, kayu atau lainnya
  • Ayam diberikan makanan yang tidak biasa dimakan seperti telur+madu terlalu banyak atau diberi makanan lainnya seperti daging
  • Tembolok ayam terkena pukulan keras saat di abar
  • Tembolok tidak turun karena Infeksi Cacing Capilaria Annulata atau Infeksi Jamu Candida Albicans

Beberapa kejadian di atas sangat memungkinkan ayam mengalami sakit di tembolok. Dimana kejadian tersebut bisa diakibatkan oleh perilaku dari perawat ayam maupun dari ayam itu sendiri.

Advertisements

Nah setelah tahu beberapa penyebab tembolok ayam tersumbat, sekarang apa saja alat atau bahan yang dapat digunakan untuk mengobati tembolok ayam tersumbat? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Alat dan Bahan Mengobati Telih Ayam Tersumbat

Ada beberapa alat dan bahan atau obat untuk mengatasi tembolok ayam tidak turun. Diantaranya yaitu obat herbal, obat khusus penyakit tembolok, kerupuk dan bisa juga dengan pakai beberapa obat yang diperuntukkan manusia. Hal yang bisa disiapkan untuk untuk mengobati tembolok ayam tidak turun diantaranya adalah sebagai berikut :

Alat

  • Mangkuk
    Mangkuk digunakan untuk merendam kerupuk atau melarutkan bahan pengobatan tembolok ayam
  • Spet atau Pipet
    Spet atau Pipet digunakan untuk memasukkan obat atau vitamin ke dalam tenggorokan ayam
  • Kandang Umbaran Ayam
    Kandang umbaran ayam dipakai untuk menjemur ayam atau menjaga ayam tidak berkeliaran
  • Lampu Pemanas Ayam
    Lampu pemanas ayam dipakai untuk menghangatkan ayam ketika cuaca dingin atau malam hari

Bahan atau Obat-Obatan

  • Kerupuk
    Untuk kasus ringan pada tembolok tidak turun
  • Vegeta+Parutan mentimun dan Kencur
    Untuk kasus menengah pada tembolok tidak turun
  • Pepaya, Pisang Hijau, Mentimun, Kencur, Kunyit dan Dulcolax
    Untuk kasus berat pada tembolok tidak turun

Nah setelah mengetahui dan menyiapkan beberapa alat dan bahan di atas, sekarang bagaimana cara mengobati telih ayam tidak turun menggunakan bahan di atas? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun

Cara mengobati telih ayam tidak turun dapat dilakukan sesuai dengan tingkatan parahnya. Dimana tingkat sakit tembolok pada ayam dapat dilihat dari aktivitas ayam, bentuk tembolok dan kesehatan ayam secara menyeluruh. Cara mengobati telih ayam tersumbat dan tidak bisa turun adalah sebagai berikut :

Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun Kasus Ringan

Cara pertama yaitu mengobati telih tidak turun dengan kasus ringan. Dimana bisa dikatakan ringan ketika ayam masih mau makan namun sedikit dan tembolok sudah terlihat menumpuk berjam-jam tidak turun. Dan aktivitas ayam masih normal seperti biasanya. Cara mengobati tembolok tidak turun dengan kondisi ringan adalah sebagai berikut :

  • Siapkan mangkuk, sendok dan air hangat
  • Siapkan kerupuk putih bulat
  • Masukkan air hangat kedalam mangkuk, lalu masukkan kerupuk putih bulat
  • Aduk air dan kerupuk sampai keluar minyaknya dan sampai kerupuk mengecil

Setelah mendapatkan minyak dan kerupuk mengecil, silahkan berikan larutan minyak tersebut ke ayam yang sedang sakit tembolok. Serta bisa juga dengan memberi makan ayam tersebut dengan kerupuk yang sudah mengecil. Silahkan lakukan 2 kali sehari sampai tembolok ayam turun secara alami.

Mengobati Telih Ayam Tidak Turun Kasus Menengah

Cara kedua yaitu mengobati tembolok ayam tidak turun dengan kasus menengah. Dimana bisa dikatakan menengah ketika ayam sudah tidak mau makan dan telih sudah terlihat kembung atau besar, namun ayam masih aktivitas normal. Cara mengobati telih ayam tidak turun dengan kasus menengah adalah sebagai berikut :

  • Parut timun+kencur sampai halus
  • Larut kan Vegeta secukupnya
  • Berikan makan ayam dengan minuman Vegeta dan parutan mentimun+kencur

Silahkan berikan obat tersebut sampai tembolok ayam turun dan kembali normal seperti semua seperti tembolok ayam yang sehat.

Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun Kasus Berat

Cara pertama yaitu mengobati telih tidak turun dengan kasus berat. Dimana bisa dikatakan berat ketika ayam sudah tidak mau makan, tembolok kembung atau besar dan ayam sudah tidak beraktivitas seperti biasanya, atau hanya duduk terus. Cara mengobati telih ayam tidak turun dengan kasus berat adalah sebagai berikut :

  • Siapkan secukupnya pepaya, pisang hijau, mentimun, kencur, kunyit dan Dulcolax
  • Tumbuk semua bahan di atas sampai halus
  • Lolohkan secukupnya bahan di atas ke tenggorokan ayam menggunakan Spet atau Pipet
  • Lalu beri makan juga 1 butir tablet Dulcolax

Silahkan berikan obat tersebut sampai tembolok ayam turun dan kembali normal seperti semua seperti tembolok ayam yang sehat. Kemudian silahkan berikan minum ari yang banyak agar tembolok ayam kembali normal dan sehat.

Berbicara mengenai cara mengobati hewan sakit, buat anda yang ingin tahu juga cara mengobati burung merpati tetelo, admin Bridsny sudah pernah merangkum tentang cara mengobati merpati tetelo.

Itulah cara mengobati tembolok tidak turun menggunakan bahan herbal maupun obat khusus sakit tembolok. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai cara mengobati tembolok tidak turun menggunakan cara-cara di atas?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara cara mengobati tembolok ayam tidak turun bisa pakai bahan herbal dan obat khusus sakit tembolok. Seperti dengan memanfaatkan larutan minyak kerupuk, parutan timun dan kencur. Serta bisa juga dengan menggunakan obat seperti Vegeta dan Dulcolax.

Sekian ulasan kali mengenai cara mengobati telih tidak turun pada ayam jago dan betina aduan, ayam kampung biasa atau ayam hias. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Birdsny.com dan semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan buat anda semuanya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.