Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Cara Mengatasi Merpati Kurus Nyilet & Tidak Mau Makan!!

Cara Mengatasi Merpati Kurus

Cara Mengatasi Merpati Kurus – Burung Merpati kurus dan tidak mau makan seringkali menjadi salah satu jenis masalah yang dialami oleh para penggemar atau pemiliknya. Dimana di dalam dunia penghobi Merpati sendiri masalah tersebut sering dikenal dengan nama nyilet, yang artinya tubuh burung sangat kurus hingga tulang dadanya tampak seperti nyilet.

Mungkin bagi para penghobi Merpati senior, masalah ini bukanlah menjadi sebuah permasalahan serius. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mereka tentunya sudah mengetahui apa saja penyebabnya serta bagaimana tata cara mengatasinya. Lain halnya untuk para pemula, biasanya mereka kebingungan dalam mencari solusi untuk mengobatinya.

Secara garis besarnya munculnya masalah pada burung Merpati seperti sangat kurus atau nyilet ini dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu dari faktor internal ataupun eksternal. Meskipun termasuk ke dalam permasalahan cukup serius, namun kalian jangan khawatir karena masih ada beberapa cara atau solusi untuk mengatasinya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mengatasi Merpati mengalami penurunan berat badan dan bahkan tidak mau makan sama sekali, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengatasi Merpati kurus untuk semua jenis dilengkapi penyebabnya.

Penyebab Merpati Kurus

Penyebab Merpati Kurus

Sama halnya seperti saat mengatasi ayam kurus nyilet, munculnya sebuah masalah pada burung Merpati tentunya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari faktor internal ataupun eksternal. Dimana faktor internal sendiri bisa diartikan sebagai faktor yang berasal dari dalam tubuh Merpati itu sendiri.

Sementara faktor eksternal bisa diartikan sebagai faktor yang berasal dari luar seperti kurangnya perawatan, salah memberikan jenis pakan, lingkungan sekitar tidak sehat dan lain sebagainya. Jadi, tidak selalu bahwa menurunnya berat badan Merpati disebabkan karena kesalahan dalam perawatannya.

Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara mengatasi Merpati kurus nyilet lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya. Adapun sejumlah penyebab Merpati kurus dan tidak mau makan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pemberian pakan Merpati kurang tepat atau kurang bergizi.
  • Merpati sedang mengalami penyakit cacingan.
  • Merpati terkena infeksi bakteri atau kuman.
  • Merpati terkena serangan jamur.
  • Merpati menelan benda asing.
  • Bawaan lahir.

Cara Mengatasi Merpati Kurus

Cara Mengatasi Burung Merpati Kurus

Setelah mengetahui beberapa penyebab Merpati kurus nyilet, selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana tata cara mengobati ataupun mengatasinya. Perlu diketahui, ketika hendak mengatasi Merpati berat badannya turun dan tidak mau makan sema sekali, dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan.

Pasalnya, terdapat beberapa hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak merawat Merpati yang sedang tidak dalam kondisi sehat. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara mengatasi Merpati kurus di bawah ini.

1. Berikan Merpati Obat Cacing

Cara mengatasi Merpati kurus nyilet dan tidak mau makan pertama yaitu dengan memberikannya obat cacing. Dimana cacingan atau parasit cacing sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang Merpati. Di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak obat burung Merpati yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit cacingan.

2. Berikan Merpati Obat Antijamur

Selain cacing parasit dan bakteri, Merpati kurus juga bisa disebabkan karena adanya jamur, terutama pada bagian pernapasannya. Biasanya pada penggemar atau penghobi burung menyebutnya dengan penyakit snot. Cara mengobati Merpati kurus karena penyakit snot sendiri bisa memberikannya obat seperti Neo Meditril, Doctril atau Doxyvet.

Namun, pastikan dosis pemberian obat antijamur untuk Merpati dilakukan sesuai takaran pada kemasan, biasanya takarannya yaitu sekitar 1/2 dosis ayam. Atau kalian juga bisa memberikan obat antijamur bernama nystatin sebanyak 1 hingga 3 tetes per hari sampai badan Merpati bisa berisi kembali.

3. Cukupi Kebutuhan Asupan Pakan Merpati

Mencukupi kebutuhan asupan pakan Merpati setiap harinya juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah di atas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Merpati sendiri membutuhkan berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan lain sebagainya supaya bisa tetap sehat dan prima.

Jadi, pola pemberian pakan Merpati harus benar-benar dijaga supaya mereka bisa tetap disiplin dan terpenuhi nutrisinya. Selain itu, saran kami sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih jenis pakan Merpati. Pilihlah jenis-jenis pakan yang sudah terbukti kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

4. Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Cara mengatasi Merpati kurus terakhir yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kandangnya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, penyebab Merpati kurus bisa saja berasal dari faktor eksternal, salah satunya yaitu karena kondisi lingkungan sekitar tidak terawat sehingga menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.

Maka dari itu, sebaiknya tingkatkan perhatian kalian terhadap kebersihan kandang maupun lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan dari hal kecil seperti di atas mampu memberikan dampak buruk bagi kesehatan Merpati dan bahkan untuk kalian sebagai pemelihara.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Merpati kurus nyilet dari segi perawatan harian hingga pemberian pakan dilengkapi dengan sejumlah penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengobati Merpati kurus dan tidak mau makan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.