Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor & Susah Kawin

Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor

Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor – Seperti diketahui, salah satu hal yang seringkali disepelekan oleh para penggemar ataupun penghobi Merpati pemula yaitu mengenai faktor perawatannya. Beberapa orang kerap melalaikan faktor perawatan, mayoritas hanya fokus pada kualitas burung Merpati saja, khususnya Merpati balap.

Padahal ternyata faktor perawatan harianlah yang menentukan kualitas Merpati kedepannya akan seperti apa, termasuk mengenai tingkat giring dengan pasangannya. Sebagai contoh jika bakat Merpati sudah bagus dari trahnya, burung juara sekalipun namun perawatannya dilakukan secara asal-asalan maka tetap saja bahwa kedepannya tidak akan jadi, bahkan bisa saja rusak.

Salah satu jenis permasalahan yang kerap dialami oleh para penghobi Merpati yaitu burung giring kendor atau kurang bergairah. Tentunya permasalahan tersebut akan sangat merepotkan pemiliknya, terlebih lagi apabila Merpati hendak mengikuti perlombaan atau kontes di lapangan. Sebab, biasanya ketika Merpati giring kendor, maka performanya juga ikut menurun.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai bagaimana tata cara mengatasi merpati giring kendor semua jenis dilengkapi dengan beberapa penyebab permasalahannya.

Penyebab Merpati Giring Kendor

Penyebab Merpati Giring Kendor

Perlu diketahui, menurunnya performa merpati akibat giring kendor dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi internal ataupun eksternal. Akan tetapi, faktor utama yang mampu membuat Merpati peliharaan giring kendor yaitu karena kurang perawatan atau bahkan perawatan hariannya salah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa perawatan menjadi hal penting supaya Merpati mampu mengeluarkan performa terbaiknya. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara mengatasi Merpati giring kendor lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa penyebab permasalahannya.

  • Perawatan harian Merpati kurang cocok.
  • Merpati belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Merpati jantan merasa kurang cocok dengan betinanya.
  • Karakter Merpati memang susah untuk giring.
  • Merpati mengalami sebuah gangguan kesehatan.

Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor

Cara Mengatasi Burung Merpati Giring Kendor

Setelah mengetahui beberapa penyebab Merpati giring kendor, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Secara garis besar, solusi untuk mengatasi burung kurang giring atau giring kendor sebenarnya hampir sama seperti saat ingin menggiringkan Merpati yang sudah jodoh.

Jadi, pada intinya langkah-langkah mengatasinya tidak hanya dilakukan dari pola perawatan hariannya saja, namun juga harus memperhatikan pemberian pakannya. Daripada penasaran, di bawah ini adalah tata cara mengatasi Merpati giring kendor, entah itu dari segi perawatan harian, pemberian pakannya maupun pelatihannya.

1. Biarkan Merpati Beradaptasi dengan Lingkungan

Cara mengatasi Merpati giring kendor pertama yaitu biarkan agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungannya, baik itu Merpati jantan ataupun betina. Sebagai informasi tambahan, biasanya durasi adaptasi setiap Merpati dapat berbeda-beda. Namun, rata-rata mereka membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 4 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan.

2. Jangan Biarkan Merpati Kawin

Kemudian usahakan agar Merpati jangan sampai kawin sebelum dimainkan supaya giringnya tetap semangat dan tidak kendor. Selain itu, kalian juga jangan menjemur Merpati terlalu lama di bawah sinar matahari. Saran kami sebaiknya jemur Merpati selama setengah jam saja, yaitu pada pukul 08.00 hingga 09.00 pagi.

3. Cukupi Kebutuhan Asupan Pakan Merpati

Selain dari segi pola perawatan harian, cara mengatasi Merpati giring kendor juga dapat dilakukan melalui pemberian pakannya. Pastinya agar Merpati dapat giring keras dan keket dengan pasangannya, kalian perlu memenuhi semua kebutuhan asupannya.

Silahkan berikan Merpati sedikit sarapan menggunakan kacang atau jagung sebanyak 5 sampai 15 butir saja. Setelah selesai diberi sarapan, masukkan Merpati ke dalam sangkar dan pastikan jangan sampai kawin. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan air minum di dalam sangkar.

4. Berikan Merpati Merica

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa merica merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menggiringkan Merpati. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya merica mengandung beberapa khasiat yang mampu meningkatkan birahi Merpati. Namun, jangan berikan Merpati merica secara berlebihan karena terdapat beberapa efek samping negatif.

5. Pelatihan Merpati Agar Giring Keras

Cara mengatasi merpati giring kendor terakhir yaitu dari segi pelatihannya. Setelah merpati dilatih di lapangan pada saat siang sampai sore hari, selanjutnya kawinkan mereka sepuasnya. Perlu diingat, semakin banyak Merpati kawin, maka akan semakin bagus tingkat giringnya. Bahkan jika perlu kalian juga bisa memanfaatkan obat giring Merpati tradisional.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa permasalahan mengenai Merpati giring kendor dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Meskipun demikian, jangan khawatir karena saat ini masih ada beberapa solusi ataupun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Merpati giring kendor, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat Merpati kesayangan giring keras.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.