Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Ciri Merpati Balap Tinggian

merpati tinggian

Ciri Ciri Merpati Balap Tinggian – Untuk kalian pecinta burung Merpati lomba. Pastinya kalian menginginkan burung dengan ciri ciri Merpati balap tinggian yang berkualitas bagus bukan?

Untuk mendapatkan burung Merpati balap tinggian yang bagus dan berkualitas, biasanya dengan cara melihat prestasi indukan. Harganya juga sangatlah tinggi, untuk penghobi mungkin soal harga tidak jadi masalah.

Harga tersebut juga dikarenakan kualitasnya yang bagus dan bisa dipastikan akan menjadi juara di arena atau lapak perlombaan. Merpati dilombakan pada dua sesi, seperti tinggian ataupun balap.

apakah kalian tahu bagaimana perawakan atau ciri Merpati tersebut? Jika kalian belum mengetahui, untuk mengetahui ciri-cirinya kalian bisa simak dengan teliti artikel berikut ini.

Ciri-Ciri Merpati Balap Tinggian Prospek dan Berprestasi

Ciri Merpati balap tinggian sekarang ini telah menjadi perdebatan yang sangat memanas dikalangan penghobinya. Dengan adanya perbedaan-perbedaan pendapat mengenai ciri Merpati tersebut yang menyebabkan dunia hobi merpati tinggi di setiap daerahnya, hal ini menjadikan daya tarik dan penuh tantangan, tentunya memiliki nilai seni tersendiri.

Ciri-Ciri Merpati Tinggi

1. Mata

Ciri Ciri Mata Merpati Balap Tinggian

Ciri Merpati tinggian yang pertama bisa kita lihat melalui matanya, lebih tepatnya pada bagian pupilnya.

Caranya :

  • Arahkan mata merpati ke arah sinar matahari secara langsung, Burung Merpati yang bagus biasanya pupil akan mengecil dengan cepat. Kemudian, akan membesar kembali dengan cepat, jika tidak melihat kembali ke arah sinar matahari secara langsung.
  • Pastikan kembali pupilnya berubah menjadi sangat kecil, dan biasanya akan memerlukan waktu yang cepat untuk melalukan pembesaran atau pengecilan pupilnya.
  • Jangan memilih Merpati yang respon pupilnya lambat, jika diarahkan pada sinar matahari secara langsung.
  • Dan juga kalian diharuskan memilih Merpati dengan bentuk mata yang bulat.
  • Mata Merpati dengan warna bagian tengah lebih tenggelam dibandingkan warna luar.
  • Biasanya memiliki cicin lingkar pada bola mata, biasanya memiliki warna hijau atau lainnya.
  • Carilah yang memiliki 2 warna mata, biasanya kuning tua dan kuning muda, merah muda dengan putih, merah tua dengan hijau dan lainnya.
  • Telitilah dalam melihat mata Merpati tinggian sebelum membelinya. Karena, mata burung ini sangat menentukan pada saat terbang tinggi.

Dengan beberapa cara diatas, dapat kalian gunakan untuk menjadi sarana agar mendapatkan Merpati yang memiliki potensi yang baik dalam perlombaan.

2. Bentuk Kepala

MERPATI TINGGI 1

Kalian juga bisa mengetahui ciri ataupun skill burung Merpati tinggian, hanya dengan melihat bentuk serta ukuran kepala burung Merpati tersebut.

Pilihlah burung Merpati yang memiliki kepala berukuran besar, dan pada bagian atas cerenya atau penutup lubang hidung dengan batok kepala bagian depan memiliki bentuk yang cenderung terlihat lebih tinggi dibandingkan batok belakang kepalanya. Untuk pemilihan Merpati dengan kepala berukuran besar, karena banyak orang mempercayai burung tersebut memiliki kecerdasan lebih dari burung Merpati lainnya.

Kalian juga perlu memperhatikan tingkat kemiringan pada batok kepala Mertpati, dan pastikan sudut kemiringannya berada pada 45 derajat sampai 60 derajat. Burung Merpati yang bagus biasanya memiliki tampang atau perawakan yang terlihat sangar dan juga gagah, seperti halnya burung Elang. Jadi Merpati cerdas, juga bisa dilihat dari ukuran kepala burung itu sendiri.

3. Bulu

Bulu Merpati tinggian yang sehat biasanya memiliki Warna yang berkilau, pada saat terkena sinar matahari secara langsung. Untuk pemilihan burung Merpati denga bulu basah atau keringnya memang sama saja, keduanya merupakan burung yang bisa menjadi juara.

Pada ujung bulu atau Lar Merpati tinggian umumnya memiliki bentuk yang membulat, tidak lancip-lancip. Untuk jumlah Lar terluar yang memiliki selisih lebih panjang biasanya memiliki 4 bulu, biasanya burung dengan ciri seperti itu merupakan burung yang stabil dalam hal terbang tinggi.

4. Postur Tubuh

MERPATII TINGGI

Ciri-ciri Merpati tinggian juga bisa kalian lihat dari bentuk tubuh atau postur. Biasanya Merpati tinggian memiliki bentuk tubuh (njantung) atau berbentuk seperti jantung pisang, dagingnya lentur dan nyaman bila dipegang juga dapat diartikan bahwa ketika burung digeber dengan betinanya, burung tersebut berani bermanuver sekali jadi.

Kemudian, pada umumnya burung Merpati yang memiliki keberanian untuk terjun dari ketinggian, apabila dipegang terasa berat dibagian depan.

5. Tulang Supit Udang

Pada bentuk tulang supit udang burung merpati juga dapat dijadikan untuk mengetahui jenis Merpati yang berani terbang tinggi atau tidak. Kerangka tulang merpati yang kokoh dapat diraba, banyak Merpati juara yang memiliki tulang supit dengan tekstur yang keras. Hal ini dapat di artikan Merpati tersebut memiliki tulang yang kokoh dan kuat.

Dan juga pilihlah yang jarak kedua tulang supit merengnggang dengan jarak 1 cm sampai 2 cm. Merpati dengan jarak antar supit demikian, biasanya memiliki kecepatan turun dan stabil. Jangan pilih yang supit udangnya sempit, apalagi bengkok.

6. Bentuk Paruh

Pilihlah merpati tinggian yang memiliki paruh panjang, dari ujung hidung sampai ujung paruh sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala paling atas. Cari yang memiliki paruh berbentuk runcing pada bagian ujungnya, ukurannya tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu panjang.

7. Hidung

Ciri Ciri Hidung Merpati Balap Tinggian
  • Hidung Merpati yang bagus memiliki ukuran yang besar, panjang, menggelembung tetapi bukan turunan prambon Merpati pos. Hidung merpati dengan bentuk seperti tersebut jika warna kapur pekat, pangkal hidung bagian bawah menjorok sedikit kebelakang ini salah satu Merpati unggul.
  • Bentuk hidung yang bagus juga memiliki bentuk yang besar, panjang, melekat ke paruh kalau Merpati Prambon. Hidung seperi ini kalau warna kapur pekat akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah, pada seluruh hidung dan pangkal bawah hidung menjorok ke belakang.
  • Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa sungut atau jawa deles. hidung dengan bentuk seperti tersebut dengan warna kapur pekat, pangkal hidung menjorok kebelakang. Ini adalah salah satu ciri Merpati yang berkualitas unggul.

8. Leher

Pilihlah Merpatio yang memiliki leher dengan tekstur kuat dan tidak terlalu panjang, Pilih yang memiliki panjang leher lebih pendek sedikit dari pada panjang dada. Kalian juga bisa memilih yang memiliki leher kuat, tegak, kencang, dan mendengak ke atas itu merupakan ciri Merpati yang memiliki keunggulan.

9. Sayap

BULU MERPATI 1
  • Pilihlah Merpati yang memiliki sayap kuat dan juga lentur atau tidak kaku. Kalau dilihat dari bentuk memang macam-macam ada yang bulat, pendek berotot, ataupun pipih lebar berotot.
  • Pilihlah yang bulu sayapnya tebal, kencang, tidak bergelombang, lebar, rapat jarang antar satu helai bulu dengan bulu yang runcing.
  • Tulang Bulu sayap harus besar, kuat dan lentur pada ujung bulu. Pilihlah sayap mengkongkong saat dipegang. dan jangan memilih Merpati dengan sayap menempel rapat ke badan.

10. Dada

Carilah burung Merpati yang memiliki dada berbentuk seperti huruf V jika dilihat dari bagian depan. Kalau bentuk dada menyerupai huruf V biasanya Merpati tersebut cepat turun untuk melakukan manuver dari arah mana saja. Dan jangan pilih dada Merpati tinggian yang berbentuk seperti huruf O atau datar.

Carilah Merpati yang memiliki tulang dada yang sedikit lebih panjang dari jari telunjuk orang dewasa. Besar kecil jarang pinggang merpati juga berpengaruh pada kstabilan pada saat terbang.

Pinggang jarak renggang dari badan akan membuat burung tidak memiliki keseimbangan terbang yang kurang bagus. Pada saat turung sedikit lambat atau turung berbelok separuh jalan, atau tidak ada rem.

Untuk itu, Pilihlah jarak pinggang burung Merpati yang sedikit rapat, baik pinggang besar atau kecil. Burung Merpati dengan ciri seperti itu biasanya memiliki cara turun atau manuver yang cepat dan bisa ngerem saat di lapak lomba.

11. Ekor

Ciri Ciri Ekor Merpati Balap Tinggian

Carilah burung Merpati yang empunya bulu ekor rapat, tebal dan juga panjang sesuaikan dengan pegangan serta kelenturan. saat dipegang bulu ekor akan terlihat seperti menyatu, itu merupakan ciri dari pingang Merpati kecol. Artinya Merpati seperti ini memiliki kemampuan untuk turun dengan cepat dan juga gesit.

Tapi Kalau dipegang bulu ekor melebar, atau pada ujung tidak menyatu, ini merupakan tanda Merpati pinggang besar, dan burung tersebut memiliki aksi ketika turun akan seperti genjotan.

12. Kaki

kaki

Pilihlah Merpati yang kakinya terlihat kering, mbesik, dan juga panjang. karena, ada yang bilang juga kaki burung Merpati dengan ketentuan seperti itu kalau dipegang kakinya akan mendorong kebelakang sejajar dengan ekornya.

13. Mental

PELATIHAN MENTAL

Hal yang paling menting mengenai ciri-ciri Merpati balap tinggian yaitu burung yang memiliki mental tarung yang baik. Hal-hal tentang anatomi yang tersebut di atas akan bekerja maksimal tanpa didukung oleh mental yang baik.

Fakta di lapangan lomba banyak berpendapat bahwa Merpati tinggian yang bagus adalah dalam kondisi fisik yang sehat, giring maksimal, bentuk bodi njantung, dagingnya lentur, mata bagus dan lain sebagainya. Maka dari itu bisa kita simpulkan penyebabnya adalah mental petarung yang kurang baik.

Merpati-merpati dengan mental yang baik sebagia besar sudah berada ditangan peternak untuk di budidayakan. Karena, peternak menginginkan kelestarian keturunan Merpati tinggi tersebut.

14. Keturunan Merpati Tinggi

TELUR

Kalian bisa mendapatkan Merpati dengan kualitas yang bagus. Dengan alasan, kalian harus mengetahui seberapa banyak prestasi yang diperoleh indukan pada saat di lapalk lomba.

Kemudian, ketika kalian sudah berhasil menemukan anakan atau hasil garis keturunan yang indukannya memiliki prestasi. Kalian hanya diharuskan melatih mental dan juga bagaimana cara perawatan yang dianjurkan oleh si peternak itu sendiri.

15. Pantau Langsung

pantau langsung

Jika kalian ingin membeli burung tetapi tidak ingin kecewa dengan hasil yang tidak sesuai harapan, maka untuk kalian mengetahui seberapa bagus Merpati tinggian yang kalian inginkan, silahkan kalian pantau sendiri saja langsung di arena perlombaan.

Pada saat itulah semua pertanyaan kalian akan terjawab mengenai ciri ciri Merpati balap tinggian. Tentunya dengan cara kalian memantau langsung kalian harus menyiapkan kocek atau budget yang lumayan. Karena, harga burung Merpati tinggian bisa mencapai jutaan rupiah.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai ciri ciri Merpati balap tinggian. Kami harap dengan adanya artikel mengenai Merpati balap tinggian ini bisa membantu kalian dalam mencari Merpati tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *