Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Warna Unik

CARA MENCETAK LOVEBIRD WARNA UNIK

Lovebird Warna Unik – Untuk burung Lovebird yang memiliki warna bulu cantik pastinya akan terlihat menarik. Ada banyak cara untuk breeding burung Lovebird agar menghasilkan corak warna yang menarik serta unik dan lain sebagainnya.

Sering kami jumpai burung Lovebird dengan corak warna bulu menarik, serta warna bola mata burung Lovebird. Ada yang mata berwarna hitam, retina merah, sampai yang berwarna merah mencolok, ini disebabkan oleh gennus serta jenis Lovebird itu sendiri.

Ada banyak cara agar kita bisa menghasilkan perbedaan burung Lovebird sendiri, dengan burung Lovebird orang lain. Yaitu, dengan cara menyilangkan dua jenis burung Lovebird berdasarkan gennya atau garis keturunannya.

Burung Lovebird bisa kita nilai berdasarkan jenisnya. Ada yang memiliki paruh dengan warna merah, putih, bahkan oranye. Dan Itu semua juga dipengaruhi tergantung dari gennus burung Lovebird tersebut.

Cara Mencetak Lovebird Warna Unik, Langka & Harga Mahal

Banyak sobat kicau yang sedang melakukan ternak burung Lovebird. Mari kita simak sama-sama tentang cara menyilangkan burung Lovebird, agar menghasilkan keturunan Lovebird dengan warna unik. Dan kami juga akan memberikan penjelasan serta cara setting kandang untuk beternak burung Lovebird. Serta membahas jenis makanan apa saja yang perlu di berikan saat beternak burung tersebut.

Cara Cetak Lovebird Warna Unik

Lovebird unik

1. Induk Betina Dakori Vs Jantan Dakocan Import

Burung Lovebird ini memiliki warna hijau yang berkombinasi dengan warna hitam. Lovebird ini juga akan menghasilkan genetic yang terdapat pada warna LOVEBIRD BATMAN.

Untuk warna Olive, akan sedikit membentuk warna cerah pada warna Batman. atau pada Bagian tertentu seperti bagian dada dan juga sayapnya.

2. Induk Betina Dakori Import  Vs Jantan Olive

Lovebird import yang berwarna hijau dakori, memiliki potensi besar garis keturunan warna yang unik ketika diternak. Ada kemungkinan bisa menghasikan anakan dengan warna Batman, Biru Cobal, Olive, Dakori, dan lain sebagainya.

Untuk saat ini, Lovebird dakori import sudah banyak diburu. Karena, ketika dikawinkan silang akan ada kemungkinan besar bisa mencetak warna yang unik.

3. Induk Betina Dakori Import Vs Jantan Dakocan Import

Kesempatan indukan dakori import sangat minim untuk mengeluarkan anakan dengan paduan warna Hijau, Kepala Emas, Kepala Emas kuning. justru malah sebaliknya, indukan tersebut akan mengeluarkan warna anakan yang jauh berbeda dengan warna indukannya.

3. Induk Betina Dakocan Vs Jantan Dakocan

Sobat kicau mungkin sudah banyak berexperimen, dengan mengawinkan dari indukan betina dan jantan dari gen yang sama. yaitu dakocan, yang memiliki kemungkinan besar akan menghasilkan anak berwarna batman, biru cobal.

Diluar prediksi bukan? Bahkan saya sendiri pernah melihat indukan dari dakocan vs dakocan, mereka bisa menghasilkan anakan dengan warna pasput (pastel putih).

4. Indukan Dakocan Vs Pasput

Dari persilangan ini bisa cukup dibilang gampang-gampang susah. Karena, perbedaan warna indukan atau trah dari indukan tersebut. Namun, banyak sobat kicau yang telah lama bergelut didunia ternak burung Lovebird, mereka mendapatkan kesempatan memiliki anakan Lovebird dengan warna blorok seperti (GS) Green Series, (BS) Blue Series. Bahkan warna Pastel Biru atau (Pasblue).

5. Induk Olive Betina Vs Jantan Pastel Kuning

Banyak yang tidak menyangka, indukan dari olive vs pastel kuning bisa membuahkan hasil warna anakan berwarna batman. Bahkan menghasilkan anakan warna Lutino juga pernah hadir di garis keturunan, dikarenakan ada banyak kemungkinan gen atau trah dari Lovebird indukan.

Yang pernah dikawinkan silang dan disilangkan lagi sampai menjadikan warna-warna menarik pada garis keturunannya. Beberapa persilangan Lovebird ternyata banyak yang diluar dugaan dan expektasi. Karena, sejatinya itu semua adalah kehendak sang pencipta.

Sampai saat ini masih banyak orang diluar sana yang masih berexperimen, untuk mengkawinkan silang berbagai jenis warna pada burung Lovebird. Sebenarnya, warna ataupun motif corak pada bulu juga tidak mempengaruhi kualitas bunyi ataupun fisik.

Lovebird perlu diperhatikan perkembangan sejak usia sedini mungkin. Agar, saat Lovebird itu menginjak usia remaja akan menjadi Lovebird yang berkualitas tentunya.

Cara Setting Kandang Untuk Ternak Lovebird

ternak Lovebird

Ada banyak cara setting kandang untuk beternak Lovebird. Nah, untuk kalian yang ingin beternak burung Lovebird bisa kita simak dan pahami isi artikel berikut ini.

1. Kandang Kotak Besi

Biasanya kalian harus menggunakan kandang kotak besi. Karena kandang ini memiliki besi yang tebal serta kuat. Kalian bisa memperoleh kandang kotak ini dengan cara membelinya. Biasanya banyak dijual di toko petshop atau toko burung. Harga kandang tersebut biasanya dibanderol dengan harga Rp. 150.000 saja.

2. Trek atau Tangkringan

Yang kalian perlukan selanjutnya adalah trek atau tangkringan. Ini berguna untuk burung bertengger, bukan hanya untuk bertengger tetapi tangkringan ini juga berguna untuk burung berolahraga. Untuk mencegah obesitas atau penumpukan lemak pada burung.

3. Glodok (kotak bertelur)

Glodok adalah tempat bertelur. Biasanya terbuat dari dari kayu keras dengan ukuran 20 X 20 X 25 cm. Pemberian glodok atau kotak bertelur juga merupakan salah sat hal penting. Karena, kotak ini sangat berguna untuk indukan ketika betelur serta saat proses pengeraman berlangsung.

4. Balok Kayu atau Ranting

Saat burung akan bertelur, indukan betina biasanya akan mencari alas untuk menaruh telur dan biasanya banyak yang menggunakan kayu yang mudah dirobek oleh burung Lovebird. Kegunaan kayu ataupun ranting kering memiliki kegunaan yaitu untuk menjaga telur agar tetap hangat.

Selain kayu yang masih berbentuk balok kalian juga bisa menggunakan serut kayu agar Lovebird lebih mudah dalam menata sangkar dalam glodok.

Pakan Saat Beternak Lovebird

pakan ternak

Untuk menciptakan Lovebird warna unik, bukan hanya bisa dilakukan dengan mengawinkan indukan dan pejantan yang berkualitas. Namun ada beberapa faktor lain yang bisa membuatnya lebih menarik, termasuk dari pakan atau makanan yang di konsumsi seperti.

1. Jagung muda

Biasanya saat beternak, indukan memerlukan tenaga stamina. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut kalian harus memberikan jagung muda. Yang berguna sebagai makanan tambahan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Berikan jagung muda pada indukan 3 kali dalam semingu.

2. Kangkung

Sayur kangkung juga berpengaruh dalam menjaga protein indukan Lovebird. Selain itu, sayur kangkung dapat meningkatkan birahi burung Lovebird. Waktu yang tepat pemberian extra fooding sayur kangkung ini adalah 2 kali dalam seminggu.

Jika dengan memberikan EF (Ektra Fooding) saja belum berpengaruh, maka kalian bisa membeli obat tetes seperti vitamin agar lebih maksimal dalam beternak burung Lovebird.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai bagaimana cara mencetak Lovebird warna unik, langka dan harga mahal. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *