Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

11 Cara Menambah Volume Burung Kenari Agar Keras & Gacor!!

Cara Menambah Volume Burung Kenari

Cara Menambah Volume Burung Kenari – Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh burung Kenari yang hendak mengikuti sebuah lomba atau kontes yaitu volume kicauannya. Dimana burung Kenari harus memiliki volume kicauan yang keras supaya penampilannya bisa maksimal di suatu perlombaan.

Namun, masih ada sebagian besar penggemar Kenari yang masih kebingungan mengenai bagaimana cara memaksimalkan volume kicauan burung tersebut. Pada dasarnya, burung Kenari dapat mengeluarkan volume kicauan keras apabila pemiliknya bisa melatih dan merawatnya dengan benar.

Mungkin bagi para senior yang sudah lama terjun di dunia Kenari tidak merasa kesulitan ketika hendak membuat burung Kenari mengeluarkan kicauan keras keras. Akan tetapi, bagi mereka yang masih tergolong pemula pastinya merasa cukup kesulitan ketika hendak meningkatkan ataupun memaksimalkan suara Kenari.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara supaya burung Kenari bisa mengeluarkan suara kicauan keras. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan mengenai cara menambah volume burung Kenari di bawah ini.

Suara Burung Kenari Volume Keras

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menambah volume burung Kenari berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas fakta tentang suara burung Kenari. Perlu diketahui, pada dasarnya kualitas kicauan burung Kenari dapat berasal dari dua hal, yaitu keturunan serta perawatan.

Kicauan burung Kenari yang bagus dan merdu biasanya bisa didapatkan apabila burung tersebut memang berasal dari trah ataupun keturunan indukan yang bagus pula. Meskipun demikian, apabila pola perawatan serta pelatihannya Kenari piyik atau anakan dilakukan dengan benar juga dapat menjadikan suaranya bertambah bagus seiring berjalannya waktu.

Memang benar jika perawatan untuk membuat suara burung Kenari menjadi bagus tidak bisa didapatkan secara langsung, melainkan membutuhkan proses cukup panjang. Namun, jika memang pemilik Kenari mampu merawatnya dengan sabar dan penuh ketelatenan, maka kemungkinan besar burung akan mempunyai kicauan bagus dan keras.

Ciri Burung Kenari Suara Keras

Ciri Burung Kenari Suara Keras

Perlu diketahui, sebenarnya terdapat cukup banyak faktor yang menyebabkan Kenari diminati, salah satunya yaitu karena mereka mampu menirukan suara di sekitarnya. Selain itu, kicauan burung Kenari yang keras juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Adapun beberapa ciri-ciri burung Kenari mempunyai volume suara keras tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pundak kenari cukup besar.
  • Mampu beradaptasi dengan mudah pada lingkungan sekitar.
  • Kenari memiliki kaki tinggi.
  • Kenari tidak gampang mengalami stres.
  • Badan Kenari relatif besar.
  • Kenari gampang dijinakkan.
  • Kenari terlihat lebih gahar.
  • Kenari mudah berkembang biak.
  • Merupakan hasil silang beberapa jenis Kenari.

Cara Menambah Volume Burung Kenari

Cara Menambah Volume Suara Burung Kenari

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga ciri-ciri burung Kenari bersuara keras, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara untuk membuat suara Kenari bertambah keras. Salah satu alasan mengapa seseorang menginginkan suara Kenari keras yaitu karena burung tersebut ingin diikutkan lomba ataupun kontes.

Tentunya jika burung Kenari memiliki kicauan merdu dan keras, maka kemungkinan besar burung tersebut akan memenangkan kontes. Nah, agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menambah volume burung Kenari di bawah ini, entah itu dari segi pola perawatan harian hingga pemberian pakannya.

1. Melatih Kenari di Kandang Umbaran

Cara menambah volume burung Kenari pertama yaitu dengan melatihnya di dalam kandang umbaran. Hal ini bertujuan untuk membuat burung Kenari mempunyai fisik kuat supaya dapat mengeluarkan kicauan keras. Sebaiknya lakukan latihan di kandang umbaran ini selama 3 kali setiap minggunya.

2. Menstabilkan Birahi Burung Kenari

Seperti diketahui, birahi burung Kenari menjadi salah satu faktor penting dalam menambah volume suara. Ketika birahi burung Kenari rendah, umumnya mereka akan jarang berkicau, atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali. Tetapi, saat birahinya tinggi, maka suaranya menjadi labil.

Oleh karena itulah, salah satu solusi atau cara untuk menambah volume burung Kenari yaitu dengan menstabilkan birahinya. Kalian bisa memberikan sayuran seperti gambas untuk Kenari. Pasalnya, sayuran gambas sendiri sangat bermanfaat untuk Kenari, khususnya untuk menstabilkan birahi.

3. Menambah Durasi Penjemuran Burung Kenari

Cara menambah volume suara selanjutnya yaitu dengan menambah durasi penjemuran Kenari setiap harinya. Misalkan kalian sebelumnya menjemur burung Kenari hanya selama 1 jam saja, maka cobalah menambah durasinya menjadi 2 jam. Sekedar informasi, pemandian serta penjemuran merupakan salah satu jenis perawatan yang baik supaya suara burung Kenari semakin keras serta gacor.

4. Berikan Pakan Bernutrisi

Memberikan burung Kenari pakan bernutrisi juga menjadi salah satu cara untuk menambah volume suara kicauannya. Pakan Kenari bernutrisi sendiri sudah bisa didapatkan dari beragam jenis makhluk hidup, salah satunya yaitu kroto. Kroto bermanfaat untuk burung Kenari karena mempunyai kandungan protein dan vitamin tinggi.

5. Berikan Daun Mengkudu Muda

Cara berikutnya untuk menambah volume burung Kenari yaitu dengan memberikannya daun mengkudu muda. Pada intinya, daun mengkudu muda mampu menyembuhkan serak, meningkatkan volume kicauan burung, membuat burung cepat gacor, mengatasi suara ngeriwik serta membuat burung lebih rajin berkicau, termasuk Kenari.

6. Berikan Daun Ginseng

Memberikan daun ginseng juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menambah volume burung Kenari. Namun, akan lebih baik jika pemberian daun ginseng untuk burung Kenari dilakukan pada saat mereka masih berusia muda, yaitu saat masih piyik atau anakan. Dimana daun ginseng ini diberikan secara langsung sebagai pengganti sayuran.

7. Berikan Jagung

Kemudian cara selanjutnya untuk meningkatkan volume burung Kenari yaitu dengan memberikan jagung manis muda. Jagung manis muda sendiri mempunyai cukup banyak kandungan gizi yang baik untuk mencukupi energi burung Kenari sehingga tidak mudah loyo, terlebih lagi jika Kenari sering diumbar.

8. Sauna Burung Kenari

Sauna ialah sebuah kegiatan pemandian yang dilakukan dengan cara menyemprotkan air ke burung Kenari, namun kandang atau sangkarnya harus dikerodong. Saat selesai melakukan sauna, selanjutnya silahkan jemur Kenari sekitar pada pukul 11 siang. Ketika sedang dijemur, sebaiknya dampingi Kenari dengan burung sejenis yang sudah gacor supaya memancing suaranya untuk keluar dan volume bertambah keras.

9. Berikan Telur Puyuh

Memberikan telur puyuh mungkin menjadi salah satu cara terakhir ketika kalian hendak menambah volume suara burung Kenari. Hal ini dikarenakan telur puyuh mampu membuat burung Kenari semakin gacor, sehat, volume bertambah serta mampu meningkatkan stamina. Namun, proses pemberian telur puyuh harus sesuai dengan porsinya, sebab jika berlebihan akan membuat Kenari menjadi gemuk.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk menambah volume burung Kenari sebenarnya dapat dilakukan melalui beberapa cara, baik itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan ataupun pelatihan rutin. Akan tetapi, tentunya untuk mendapatkan Kenari volume keras dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan oleh pemiliknya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara menambah volume burung Kenari untuk semua jenis, baik itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak meningkatkan volume suara burung Kenari.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *