Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Cepat Bertelur

Lovebird Cepat Bertelur

Lovebird Cepat Bertelur – Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki banyak sekali pengemarnya saat ini. Hal tersebut karena Lovebird memiliki suara kicauan menrdu.

Tidak hanya suara khasnya merdu dan panjang, akan tetapi bentuk tubuh serta warna bulunya juga sangat bervariasi. Maka dari itu, seiring berjalannya waktu, peminat Lovebird kian meningkat.

Pemeliharaan Lovebird tentunya dapat dijadikan beberapa opsi, seperti untuk perlombaan, kecantikan, serta beternak. Lovebird sendiri juga banyak ditangkarkan, untuk dijadikan modal bisnis.

Cara beternak Lovebird juga sangat mudah, bahakan oleh pemula sekalipun. Terdapat beberapa cara agar Lovebird cepat bertelur, pastinya diantara kalian masih ada yang bingung bagaimana cara memulai ternak.

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelut

Jika kalian masih merasa bingung mengenai bagaimana caranya agar Lovebird cepat berkembangbiak, maka kalian langsung saja mempersiapkan peralatan ternak dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahuinnya, silahkan simak beberapa diantaranya seperti :

1. Menggunakan Pasangan Lovebird lain

Menggunakan Pasangan Lovebird Lain

Biasanya Loveibird yang tidak berjodoh dan tidak akan melakukan perkawinan dikarenakan adanya beberapa faktor lain. Seperti halnya dengan usianya yang belum produktif.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat melakukan penjodohan di dalam satu ruangan, hanya saja Lovebird tetap berada di dalam kandang. Proses penjodohan ini bertujuan sebagai meminimalisir KDRT dalam kandang ternak.

Kemudian, tips membuat Lovebird cepat menghasilkan telur ini juga perlu dilakukan sebuah hal. Yaitu seperti mendekatkan kandang mereka dengan Lovebird lain yang sudah mampu melakukan perkawinan.

Sebab, suara kretekan dari Lovebird betina sendiri bisa dijadikan sebagai alat untuk merangsang supaya lebih cepat atau menyelesaikan masa beternak. Itulah cara paling efektif agar Lovebird cepat terangsang agar dapat bertelur.

2. Memilih Calon Indukan Berkualitas

Memilih Calon Indukan Berkualitas

Cara kedua yaitu dengan memilih kedua calon indukan berkualitas. Pilihlan Lovebird yang kondisinya sehat atau tidak cacat fisik, supaya nantinya mendapatkan menghasil anakan sempurna.

Kemudian, silahkan kalian memilih indukan dengan usia cukup matang. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya kegagalan atau pun kurangnya kualitas telur yang dihasilkan.

Pilihlah indukan betina yaitu minimal harus sudah berumur 8 hingga 12 bulan. Nah, pemilihan calon indukan berusia tersebut, maka akan memperbaiki kualitas serta membuat Lovebird cepat bertelur.

3. Memberikan Glodok atau Kotak Sarang

Memberikan Glodok atau Kotak Sarang

Selain itu, kalian mempersiapkan glodok atau tempat bertelur. Biasanya kotak glodok sendiri terbuat dari kayu jati agar tidak mudah dirusak oleh gigitan Lovebird.

Nah, dengan memberikan glodok maka Lovebird memiliki banyak kemungkinan akan cepat kawin. Karena, pada saat Lovebird di alam liar, biasanya membuat sarang di lubang pepohonan.

Untuk mendapatkan glodok atau tempat bertelur Lovebird, silahkan datangi toko birdfood terdekat, atau pun melalui situs online. Bahkan, harganya sendiri juga dapat dibilang sukup murah yaitu sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 perbuahnya, serta pengirimannya cukup cepat.

4. Berikan Suasana Hangat di Kandang Ternak

Berikan Suasana Hangat di Kandang Ternak

Selain memberikan glodok, kalian juga harus mempersiapkan suasana kandang ternak dengan cukup hangat. Sebab, suhu kandang ternak juga mempengaruhi cepat atau lambatnya proses perkawinan antara kedua indukan.

Apalagi untuk sekarang ini dengan cuaca tidak menentu, bahkan lebih ekstrim. Sehinngga, membuat Lovebird cepat bertelur sobat memperhatikan suhu kandang ternak tersebut.

Untuk menghangatkan tubuh indukan serta telur, kalian menggunakan lampu full spektrum. Karena, tingkat suhunya hampir sama dengan terik matahari.

5. Memberikan Pakan Berkualitas

Memberikan Pakan Berkualitas

Terdapat pula beberapa jenis makanan membuat Lovebird cepat bertelur, yaitu terkait dengan pemberian jenis makanan berkualitas. Makanan tersebut berguna sebagai alternatif agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi.

Jenis makanan terbaik Lovebird ternak diantaraya yaitu seperti sayur-sayuran, serta biji-bijian dengan kandungan protein tingi. Seperti halnya milet, juwawut, kangkung, tulang sotong dan lain sebagainya.

6. Rutin Mengganti Air Minum

Rutin Mengganti Air Minum

Agar Lovebird cepat bertelur, maka kalian juga harus memperhatikan kualitas air minumnya. Diharuskan wadah atau cepuk dibersihkan setiap saat, supaya menghindarkan indukan dari serangan penyakit.

Penggantian air dapat sobat lakukan setiap pagi, yaitu bertepatan dengan proses pemandian, penjemuran Lovebird. Untuk waktunya berati sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 pagi dengan cahaya matahari yang masih sehat.

7. Pemberian Suplemen Tambahan

Pemberian Suplemen Tambahan

Jika menggunakan beberapa tahapan perawatan tersebut belum mendapatkan hasil maksimal, maka kalian membelikan suplemen untuk menambah stamina indukan. Terdapat pula multivitamin supaya dapat meningkatkan birahi, lalu membuat Lovebird cepat melakukan perkawinan.


Kemudian, jika kalian berminat membelinya bisa dilakukan di situs jual beli online terpercaya, ataupun membelinya di kios terdekat. Kandungan didalamnya lebih lengkap sehingga dapat menjadikan salah satu obat alternatif supaya dapat meningkatkan kualitas reproduksinya.

Itulah beberapa tahapan agar membuat Lovebird cepat melakukan perkawinan. Jika kalian melakukan semua tahapan diatas dengan baik dan benar, maka akan dipastikan sobat akan mendapatkan hasil lebih maksimal.

Penyebab Lovebird Susah Bertelur

Penyebab Lovebird Susah Bertelur

Jika kalian pernah melakukan beternak Lovebird dan tidak mendapatkan hasil atau sulit bertelur, ternyata terdapat beberapa faktor penyebab. Supaya lebih jelasnya, silahkan kalian simak beberapa diantaranya berikut ini.

1. Pemilihan Indukan yang Salah

Pemilihan Indukan yang Salah

Biasanya kegagalan dalam beternak Lovebird disebabkan dari pemilihan calon indukan yang belum siap. Baik secara usia ataupun jenis genetiknya.

Terdapat beberaa jenis Lovebird tidak menghasilkan keturunan, seperti halnya jenis barong, atau dapat dibilang itu adalah anakan dari Lovebird klep dan nonklep.

Sebab, terdapat beberapa kasus dalam beternak Lovebird diantaranya yaitu seperti pemilihan indukan yang masih ada ikatan dengan barong. Maka dari itu, kalian seharusnya memilih dengan teliti lagi.

2. Salah Menebak Jenis Kelamin

Salah Menilai Jenis Kelamin

Kebanyakan peternak pastinya sudah mengetahui bagaimana CIRI CIRI LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA bukan? Namun, terdapat beberapa peternak masih bingung dalam hal membedakannya.

Hal tersebut karena Lovebird memang sudah masuk dalam keluarga monomorfik atau antara pejantan dan betina memiliki kemiripan. Sehingga susah ditebak jenis kelaminnya.

Sehingga pada saat akan menangkarkan, malah peternak memasukan dua Lovebird betina ke dalam kandang penangkaran. Pastinya tidak akan mendapatkan hasil maksimal.

Meskipun peternak menunggu hingga bertahun-tahun, pastinya indukan tersebut tidak dapat bertelur. Oleh karena itu, sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu mengenai penjantan dan betina.

3. Salah Menentukan Usia Lovebird

Salah Menentukan Usia Lovebird

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa pemilihan usia indukan sendiri juga perlu diperhatikan. Sebab, LOVEBIRD SIAP KAWIN memiliki ciri-cirinya tersendiri, baik pejantan atau betina.

Lebih baiknya Lovebird indukan tersebut harus sudah berusia minimal 1 tahunan untuk mendapatkan hasil maksimal. Sebab, usia demikian memiliki tingkat birahi serta reproduksi cukup bagus.

Apabila Lovebird bertelur dan sudah dierami, penetasan teluur jauh lebih mudah dan cepat. Maka dari itu, penentuan usia indukan perlu peternak pertimbangkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kesimpulan

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai Lovebird cepat bertelur, lengkap beserta cara dan penyebab kegagalan beternak. Sehingga sobat bisa memperbaiki kesalahan sebelumnya terkait dengan dunia budidaya Lovebird. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *