Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Cara Melatih Burung Kemade Makan Voer Dijamin Berhasil!!

Cara Melatih Burung Kemade Makan Voer

Cara Melatih Burung Kemade Makan Voer – Ketika seseorang ingin memelihara burung, tentunya mereka harus mengetahui apa saja yang menjadi makanannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya makanan atau pakan sendiri sangat penting bagi kondisi kesehatan burung, salah satunya yaitu burung Kemade atau Cabe-Cabean.

Perlu diketahui, Kemade merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang pada habitat aslinya mereka termasuk ke dalam hewan pemakan buah-buahan ataupun serangga. Namun, jika burung jenis tersebut dijadikan sebagai peliharaan, maka biasanya mereka lebih suka memakan biji-bijian.

Di sisi lain, sebenarnya saat ini burung Kemade juga dapat diberikan pakan dari olahan pabrik seperti voer. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar penggemar burung Kemade di luar sana yang mengeluhkan bahwa hewan peliharaan mereka menolak atau bahkan tidak mau makan voer sama sekali.

Jika mengalami permasalahan tersebut, jangan khawatir karena sebenarnya kalian masih bisa melakukan beberapa cara pelatihan supaya burung Kemade mau makan voer. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai cara melatih burung Kemade makan voer.

Pakan Utama Burung Kemade

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara melatih burung Kemade berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa pakan utama burung jenis tersebut. Perlu diketahui, supaya burung Kemade kondisi tubuhnya sehat, maka setiap harinya mereka membutuhkan asupan makanan yang mengandung banyak air, mineral, vitamin, protein serta nutrisi.

Dimana beberapa kandungan zat tersebut sebenarnya sudah bisa didapatkan pada beberapa jenis buah-buahan seperti pepaya ataupun pisang. Burung Kemade juga sebenarnya sangat suka dengan beberapa jenis serangga seperti kroto, jangkrik ataupun ulat kandang sebagai pakan tambahan.

Selain sejumlah makanan alami di atas, burung Kemade juga bisa diberikan pakan buatan pabrik seperti voer. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua burung Kemade atau Cabe-Cabean mau memakan voer sehingga perlu dilakukan adanya pelatihan setiap harinya.

Cara Melatih Burung Kemade Makan Voer

Setelah mengetahui apa saja pakan utama burung Kemade, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara melatih burung tersebut supaya mau maka voer. Seperti dijelaskan di atas, untuk membuat burung Kemade makan voer sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung pada karakter burung itu sendiri.

Namun, jika proses pelatihan berjalan lancar, maka kemungkinan besar burung Kemade akan mau memakan voer secara langsung dalam kurun waktu selama 2 minggu. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan tata cara melatih burung Kemade makan voer, baik itu voer halus maupun voer kasar.

1. Siapkan Pisang Matang

Siapkan Pisang Matang

Cara melatih burung Kemade makan voer pada hari pertama yaitu siapkan satu buah pisang kepok matang. Namun sebelum melanjutkannya, pastikan bahwa burung Kemade sudah terbiasa makan pisang di dalam cepuk setiap harinya. Kemudian silahkan campurkan voer yang sudah direndam di dalam air dengan potongan pisang bersama kulitnya dan aduk sampai merata.

Setelah itu, silahkan letakan cepuk berisi pakan campuran pisang dan voer tersebut ke dalam sangkar atau kandang burung Kemade. Apabila cepuk sudah dimasukkan, pantau burung Kemade sampai mereka mau memakannya sampai pada hari keenam. Jadi, selama kurun waktu tersebut apabila pakan habis, silahkan lakukan ulangi cara diatas.

2. Campurkan Voer dengan Pisang

Campurkan Voer dengan Pisang

Jika selama 6 hari cara melatih burung Kemade makan voer di atas berjalan lancar, maka pada hari ketujuh kalian rubah pola pemberian pakannya. Dalam hal ini, kalian perlu memberikan campuran voer dengan pisang di dalam cepuk tetapi tidak bersama kulitnya.

Hal ini dikarenakan pada hari ketujuh burung Kemade sudah mengetahui bahwa makanannya berada di dalam cepuk. Silahkan berikan kembali campuran pakan voer dan buah pisang tersebut ke dalam sangar. Pantau cara ini selama kurang lebih sekitar 6 hari, yaitu dari hari ke 7 sampai ke 12.

3. Kurangi Porsi Pisang

Kurangi Porsi Pisang Cara Melatih Burung Kemade

Pada hari ke 12, lihatlah pada bagian kotoran burung Kemade. Apabila kotorannya berwarna seperti warna voer, maka dapat dipastikan bahwa burung Kemade sudah memakan pakan di dalam cepuk. Kemudian cara melatih burung Kemade makan voer di hari selanjutnya yaitu mengurangi porsi buah pisangnya.

Cara meraciknya yaitu campurkan satu sendok voer halus dengan sedikit potongan buah pisang. Berikan campuran pakan tersebut dengan sedikit air dan aduk hingga merata. Jika sudah, silahkan letakkan kembali cepuk pakan tersebut ke dalam sangkar burung Kemade. Namun, pastikan bahwa kalian memantau burung Kemade setiap hari sampai hari ke 14.

4. Campur Voer dengan Air

Campur Voer dengan Air Cara Melatih Burung Kemade

Cara melatih burung Kemade makan voer terakhir yaitu murni mencampurkan voer halus dan voer kasar dengan sedikit air. Jika memang pada dasarnya burung Kemade sudah mau memakan racikan buah pisang dan voer halus, maka secara otomatis mereka juga akan mau memakan voer kasar.

Kami ingatkan sekali lagi bahwa cara pelatihan ini harus dilakukan secara bertahap. Pasalnya, jika kalian memaksakan burung Kemade makan voer, maka kemungkinan besar burung akan mengalami sakit seperti kondisi tubuh ngedrop, atau lebih parahnya lagi mengalami kematian.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membuat burung Kemade mau makan voer dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya. Sebab, jika pemberian voer dilakukan secara paksa, maka dapat berakibat buruk untuk burung Kemade, bahkan burung bisa mengalami kematian karena kelaparan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara melatih burung Kemade makan voer mulai dari hari pertama hingga hari ke 14, entah itu voer halus maupun kasar. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melatih burung Kemade makan voer.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.