Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Menaikkan Birahi Burung Kacer Paling Ampuh : Jantan & Betina

Cara Menaikkan Birahi Burung Kacer

Cara Menaikkan Birahi Burung Kacer – Seperti diketahui, Kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang identik dengan warna bulu hitam dan putih. Selain itu, para penggemar burung kicauan juga pasti sudah mengetahui bahwa Kacer mampu mengeluarkan suara merdunya apabila proses perawatan harian serta pelatihannya dilakukan dengan benar.

Salah satu cara supaya burung Kacer mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya yaitu dengan menjaga birahinya agar tetap stabil. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika birahi burung Kacer terlalu rendah, nantinya akan mempengaruhi performanya, khususnya pada suara kicauannya.

Jika birahi burung Kacer terlalu rendah, maka sebagai pemilik kalian perlu mencari solusi supaya birahinya bisa normal kembali seperti semula. Dimana langkah-langkah meningkatkan birahi burung Kacer sendiri dapat dilakukan melalui berbagai macam hal, entah itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Nah, jika kalian ingin mengatasi burung Kacer yang kurang birahi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara melakukannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai cara menaikkan birahi burung Kacer, entah itu Kacer jantan maupun betina.

Ciri Burung Kacer Kurang Birahi

Ciri Burung Kacer Kurang Birahi

Perlu diketahui, sebenarnya burung kurang birahi atau tingkat birahinya rendah bisa dikenali melalui beberapa hal, baik itu dari segi fisik, tingkah laku maupun suara Kacer. Sebelum pembahasan utama mengenai cara menaikkan birahi burung Kacer berlanjut, sebaiknya pahami beberapa ciri-cirinya berikut ini.

  • Burung Kacer menjadi jarang berkicau atau macet bunyi.
  • Burung Kacer menjadi rakus.
  • Tingkah laku burung Kacer menjadi agresif.
  • Burung Kacer tidak mau buka ekor.
  • Burung Kacer kurang tampil maksimal.
  • Burung Kacer bisa mengalami mbagong.

Penyebab Burung Kacer Kurang Birahi

Seperti dijelaskan sebelumnya, permasalahan burung Kacer kurang birahi tentunya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Seperti dijelaskan sebelumnya, burung Kacer yang kurang birahi nantinya akan mempengaruhi performanya. Adapun beberapa penyebab burung Kacer kurang birahi tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Perawatan harian Kacer kurang tepat.
  • Pemberian pakan tidak konstan.
  • Burung Kacer mengalami stress.
  • Kurangnya intensitas pelatihan.
  • Burung Kacer kekurangan suplemen tambahan.

Cara Menaikkan Birahi Burung Kacer

Cara Menaikkan Birahi Kacer

Setelah mengetahui ciri hingga penyebab burung Kacer kurang birahi, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menaikkan ataupun meningkatkannya. Mungkin salah satu tujuan menaikkan birahi salah satu jenis burung peliharaan tersebut yaitu supaya mereka bisa mengeluarkan performa maksimalnya.

Dimana langkah-langkah menaikkan birahi Kacer sendiri sebenarnya bisa dilakukan baik itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan ataupun pelatihannya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan sejumlah cara untuk menaikkan birahi burung Kacer, entah itu Kacer tipe panas ataupun dingin.

1. Tambah Porsi Ekstra Fooding Burung Kacer

Cara ampuh pertama dalam menaikkan birahi burung Kacer yaitu dengan menambah porsi ekstra fooding (EF) atau pakan tambahannya. Cobalah naikkan pemberian EF untuk burung Kacer setidaknya 50% dari porsi biasanya. Misalkan sebelumnya kalian bisa memberikan Kacer 3 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari, maka tambah porsinya menjadi 4 sampai 5 ekor setiap harinya.

Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan daftar rekomendasi tipe ekstra fooding yang bisa kalian berikan untuk burung Kacer.

  • Jangkrik.
  • Ulat hongkong.
  • Ulat bambu.
  • Belalang hijau.
  • Kroto.

2. Menaikkan Intensitas Penjemuran Burung Kacer

Kemudian menaikkan intensitas penjemuran burung Kacer juga bisa menjadi salah satu solusi ketika ingin menambah tingkat birahinya. Sebagai contoh pada hari-hari biasa kalian menjemur burung Kacer di bawah sinar matahari saat pagi hari selama 1 jam, maka tambah durasinya menjadi 1.5 jam hingga 2 jam per hari.

3. Atur Jadwal Pemandian Burung Kacer

Cara menaikkan birahi burung Kacer selanjutnya yaitu mengatur jadwal pemandiannya. Saran kami ketika burung Kacer sedang kurang birahi, sebaiknya lakukan pemandian di sore hari setiap hari. Atau paling tidak mandikan burung Kacer setiap 2 atau 3 hari sekali saat sore. Dimana pemandian burung Kacer pada sore hari ini dipercaya mampu menaikkan birahi dengan cepat, asalkan konsisten dalam melakukannya.

4. Berikan Burung Kacer Voer Kadar Protein Tinggi

Selain memberikan pakan ekstra fooding, meningkatkan birahi burung Kacer juga bisa dilakukan dengan cara memberikan voer dengan kadar protein tinggi di dalamnya. Oleh sebab itu, gantilah pakan voer burung Kacer biasa dengan jenis voer yang mempunyai kandungan protein tinggi, kurang lebih sekitar 19% – 21%. Selain itu, akan lebih baik lagi jika kalian memberikan vitamin burung Kacer supaya birahinya bisa segera meningkat.

5. Lakukan Mandi Malam Burung Kacer

Perlu diketahui, ternyata mandi malam memiliki manfaat berbeda dengan mandi harian. Dimana mandi malam sendiri sangat dianjurkan kepada para penggemar burung Kacer ketika ingin mengatur birahinya. Jadi, kalian bisa mencoba memandikan burung Kacer pada pukul 7 ataupun di atasnya sebelum pukul 10 malam.

6. Dekatkan Sangkar Kacer Jantan dan Betina

Cara terakhir untuk menaikkan birahi burung Kacer yaitu mendekatkan sangkar jantan dengan betinanya. Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan ketika kalian ingin menaikkan emosi Kacer. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ketika umur burung Kacer sudah dewasa, maka hasrat untuk berdekatan dengan lawan jenis pasti akan muncul. Jika sudah Kacer jantan sudah di dekatkan dengan betina, maka secara tidak langsung birahi mereka akan ikut naik.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk meningkatkan birahi burung Kacer sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa cara, baik itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan hingga intensitas pelatihannya. Namun, pastinya kegiatan tersebut membutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara menaikkan birahi burung Kacer untuk semua jenis mulai dilengkapi ciri-ciri hingga penyebab Kacer kurang birahi. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin meningkatkan birahi burung Kacer.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.