Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Cara Mengatasi Burung Cendet Nyepah & Penyebabnya!!

Cara Mengatasi Burung Cendet Nyepah
Advertisements

Cara Mengatasi Burung Cendet Nyepah – Seperti diketahui, burung Cendet atau Pentet merupakan salah satu jenis burung yang pandai dalam menirukan suara burung lain. Oleh karena itu, tak heran jika burung yang juga kerap disebut sebagai burung Toet tersebut juga sangat mudah dilatih oleh para pemiliknya.

Akan tetapi, dibalik keunggulan burung Cendet tersebut, terdapat beberapa masalah yang bisa membuat sebagian besar penggemarnya merasa frustasi. Dimana masalah-masalah pada burung Cendet sebenarnya bukan karena ulahnya, melainkan karena adanya kesalahan dalam faktor perawatan maupun pemberian pakannya.

Advertisements

Ketika pemilik tidak merawat burung Cendet dengan baik sebagaimana mestinya, maka pastinya burung tersebut akan berperilaku tidak baik. Salah satu jenis masalah yang biasanya akan dialami oleh hampir semua pemilik burung Cendet yaitu nyepah, entah itu nyepah jangkrik utuh maupun voer.

Nah, jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa terkait burung Cendet nyepah, sebaiknya cari tahu apa saja penyebabnya hingga bagaimana cara mengatasinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana cara mengatasi burung Cendet nyepah, baik itu nyepah jangkrik utuh maupun voer.

Apa Itu Nyepah?

Apa Itu Nyepah

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi burung Cendet nyepah berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, nyepah mungkin menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh burung Cendet.

Bahkan ketika kalian menjumpai Cendet sebagai salah satu jenis burung peliharaan tidak mengalami masalah nyepah utuh sama sekali, maka hal ini perlu dipertanyakan kembali. Bisa jadi burung Cendet tidak nyepah utuh karena adanya kesalahan terhadap perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Advertisements

Nyepah sendiri ialah sebuah keadaan dimana burung Cendet mengeluarkan atau memuntahkan kembali pakan seperti jangkrik dalam keadaan utuh. Namun, jika burung Cendet pakan utamanya adalah voer, maka mereka biasanya akan mengeluarkan seperti ampas berbentuk bulat dan lonjong.

Apabila burung Cendet diberi pakan voer berwarna cokelat, maka hasil sepahan juga biasanya akan berwarna cokelat. Begitu pula dengan voer berwarna hijau, maka hasil sepahannya juga akan berwarna hijau dengan bentuk menyerupai ampas lonjong ataupun bulat.

Penyebab Burung Cendet Nyepah

Seperti dijelaskan sebelumnya, burung Cendet nyepah biasanya berbentuk jangkrik utuh yang dijadikan sebagai salah satu pakan utamanya. Dimana keadaan nyepah jangkrik utuh ini juga masih sering terjadi di kalangan penggemar ataupun pecinta burung Cendet. Oleh sebab itu, tentunya kalian perlu mengetahui apa saja penyebabnya.

Salah satu penyebab utama mengapa burung Cendet nyepah utuh yaitu karena mereka sedang dalam kondisi tidak fit, baik itu dari segi fisik ataupun kesehatannya. Burung Cendet stress juga sebenarnya bisa menjadi penyebab mereka mengeluarkan pakannya kembali secara utuh.

Selain itu, ketika burung Cendet sedang tidak enak badan, flu, demam maupun mengalami gangguan kesehatan lainnya, mereka juga memiliki risiko tinggi untuk nyepah saat makan. Jika sudah muncul beberapa gejala ataupun tanda-tanda, kalian sebagai pemilik harus segera mengatasi dan mengobatinya supaya tidak semakin parah.

Tidak hanya nyepah jangkrik saja, namun burung Cendet juga bisanya akan nyepah pakan lainnya seperti ulat hongkong serta kroto. Bahkan meskipun burung Cendet diberikan voer, sebagai pakan utamanya bukan tidak mungkin sepahan yang keluar nantinya adalah pakan jangkrik utuh.

Mungkin beberapa jenis burung Cendet akan mengalami perilaku kelabakan setelah nyepah atau mengeluarkan pakannya kembali, seperti giras, salto hingga stress. Nah, maka dari itu, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mengatasi burung Cendet kelabakan di dalam sangkar maupun kandang.

Cara Mengatasi Burung Cendet Nyepah Utuh

Cara Mengatasi Burung Cendet Nyepah Utuh
Advertisements

Di atas sudah dijelaskan bahwa burung Cendet nyepah sebenarnya memang menjadi salah satu permasalahan lumrah terjadi. Bahkan justru apabila burung Cendet tidak nyepah, maka hal ini perlu dipertanyakan kembali, apakah pola perawatannya sudah benar ataupun burung dalam kondisi sedang tidak baik.

Jika kalian mengalami kondisi atau permasalahan tersebut, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengobatinya. Daripada penasaran, di bawah ini adalah tata cara mengatasi burung Cendet nyepah jangkrik utuh ataupun voer.

1. Berikan Burung Cendet Obat Nyepah

Cara mengatasi burung Cendet nyepah jangkrik utuh pertama yaitu dengan memberikannya obat-obatan. Dimana saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jenis obat-obatan di pasaran yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Akan tetapi, pastikan kalian memilih jenis obat dengan kandungan indikasi bisa membuat burung Cendet kembali fit.

2. Racik Jamu Tradisional Burung Cendet Nyepah

Cara mengatasi burung Cendet nyepah jangkrik utuh selanjutnya yaitu dengan melakukan pengobatan tradisional menggunakan racikan jamu alami. Cobalah berikan jahe, kunyit serta daun ginseng untuk burung Cendet ketika ingin mengatasi permasalahan seperti nyepah jangkrik utuh.

Nantinya kalian hanya perlu mengambil sari dari bahan-bahan di atas, lalu memberikannya kepada burung Cendet sebagai pengganti air minum. Selain itu, jika ingin lebih praktis kalian bisa memberikan obat tradisional untuk mengatasi burung Cendet nyepah dengan cara memotongnya menjadi kecil-kecil.

Setelah bahan-bahan tersebut terpotong menjadi kecil-kecil seperti ukuran jagung ataupun kacang tanah, silahkan berikan kepada burung Cendet sebagai pakan mereka. Dalam sehari, umumnya efek dari ramuan atau racikan jamu tradisional alami ini akan mulai terasa.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perilaku nyepah merupakan hal umum terjadi pada burung Cendet. Meskipun demikian, permasalahan tersebut harus segera diatasi dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, jika burung Cendet dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan akan berakibat buruk pada kesehatannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi burung Cendet nyepah jangkrik utuh atau voer dilengkapi penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi dan mengobati burung Cendet nyepah jangkrik utuh.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.