Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Merawat Ciblek Bahan

CARA MERAWAT CIBLEK BAHAN

Cara Merawat Ciblek Bahan – Burung peliharaan mungkin akan menyenangkan, seperti halnya memelihara burung Ciblek. Burung dengan suara kicauan yang khas dan juga memiliki daya tarik tersendiri.

Salah satu daya tariknya adalah jika burung Ciblek tersebut sudah bisa ngebren. jika kalian belum tahu apa itu bren, ternyata bren tersebut adalah istilah suara kicau burung Ciblek yang mirip seperti suara senapan.

Jika kalian menginginkan burung Ciblek, maka kalian bisa membelinya di ombyokan atau di kios burung terdekat. Namun, ketika kalian ingin memelihara burung Ciblak tersebut, maka kalian memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat burung ciblek, khususnya yang masih bahan atau bakalan.

Kalian pastinya menginginkan burung Ciblek bahan yang baru dibeli bisa cepat ngebren ataupun gacor. Nah, untuk cara merawat Ciblek bahan bisa kalian simak pada artikel kali ini.

Cara Merawat Ciblek Bahan Agar Cepat Ngebran & Gacor

Pada kesempatan kali ini birdsny akan membahas mengenai cara merawat Ciblek bahan agar cepat ngebren dan juga gacor. Jadi bagi kalian yang tertarik untuk mengetahuinya, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Perawatan Burung Ciblek Bahan

ciblek ombyokan

Merawat burung Ciblek bahan memang bisa dibilang cukup mudah. Namun ada beberapa penanganan khusus agar burung Ciblek bahan ini bisa cepat ngebren atau gacor. Dan berikut beberapa penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Siapkan Sangkar

Hal yang pertama, kalian harus menyiapkan kandang. Namun, kandang yang dibutuhkan adalah kandang yang memiliki ukuran sesuai untuk burung Ciblek itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk tidak menjadikan burung tersebut mengalami stress.

Jika burung tersebut mengalami stres, maka akan menjadikan burung lebih lama untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Lebih baiknya burung setelah dimasukan kedalam kandang, kalian tidak usah mengkrodong sangkarnya.

2. Pilih Ciblek Jantan

Selanjutnya, kalian harus memilih ciblek jantan. Karena, pada umumnya Ciblek dengan jenis kelamin jantan biasanya memiliki suara kicau yang lebih keras dan juga bervariatif, jika dibandingkan dengan Ciblek betina. Kalian juga diharuskan memilih burung yang memiliki kondisi sehat, lincah, cengkeramannya kuat, serta tidak memiliki cacat fisik.

3. Pengembunan

Pada perawatan burung Ciblek juga memerlukan pengembunan, hal ini bertujuan untuk dapat merangsang burung tersebut bunyi. Banyak sobat kicau mengatakan bahwa udara pada pagi hari, yaitu pukul 05.30 WIB biasanya dapat memberikan efek relaksasi pada burung. Karena, hal tersebut dapat menjadikan burung merasa di habitat aslinya.

4. Pemandian

Kalian bisa memandikan burung setelah proses pengembunan. Bisa kalian madikan dengan menggunakan sprayer ataupun bisa juga kalian berikan wadah air yang berukuran besar yang bisa dimasukan ke dalam sangkar Ciblek tersebut.

Dengan begitu Ciblek akan bisa mandi sendiri. Dan setidaknya akan memberikan kesempatan untuk burung bisa berexplorasi dengan air tersebut. Pemandian bisa kalian lakukan pada saat matahari sudah mulai terbit dan sinar matahari sudah mulai terang. Yaitu pada sekitar jam 07.00 WIB.

5. Penjemuran

Kalian juga bisa melakukan penjemuran setelah proses pemandian telah selesai. Jemur burung sampai kira-kira burung sudah kering dengan cara burung itu sendiri. Maka setelah itu diamkan sejenak burung tersebut, kemudian kalian bisa memberikan makanan tambahan atau extra fooding di dalam cepuk makanannya.

6. Angin-Anginkan

Setelah itu, kalian bisa mengangin-anginkan burung di tempat yang sejuk dan juga nyaman. Usahakan pula pada saat burung di angin-anginkan, kalian bisa memputar mp3 suara burung, atau dengan burung suara burung lainnya.

Hal ini dapat berguna untuk memasteri burung tersebut. Karena, pada saat burung dalam suasana yang nyaman atau rileks, burung tersebut akan dapat merekam suara masteran dengan baik. Dengan alasan suara burung untuk masteran harus kalian putar menggunakan volume yang pelan saja, karena jika suara masteran diputar dengan volume keras, itu akan menjadikan burung Ciblek merasa tertekan.

7. Pemberian Pakan

Ketika burung telah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, maka akan menjadikan burung menjadi rajin bunyi. Namun, jika Ciblek kalian sudah menyukai voer sebagai pakan harian, maka kalian juga bisa memberika voer halus.

8. Menempatkan Sangkar di Lingkungan yang Nyaman

Hal ini bertujuan agar burung bisa tenang terlebih dahulu. Biarkan burung Ciblek tersebut menyendiri di tempat yang sepi, agar menjadikan burung dapat menyesuaikan tempat atau lingkunganya.

9. Jinakan Burung

Untuk langkah selanjutnya kalian bisa menjinakan burung Ciblek tersebut. Karena, jika burung sudah berhasil jinak, maka akan ada kemungkinan besar burung tersebut bisa cepat ngebren dan gacor. Dengan melakukan beberapa tips atau cara diatas, yang dilakukan setiap hari maka akan bisa mempercepat proses penjinakan.

10. Umbaran

Pada saat burung telah merasa tenang, setidaknya membutuhkan waktu satu sampai dua minggu. Kalian bisa mulai menggunakan setting atau sistem umbaran. Hal ini berguna untuk melatih pernafasan, dan juga memberikan kesempatan pada burung Ciblek, agar bisa terbang-terbang bebas dalam kandang umbaran.

Kalian bisa menggunakan kandang umbaran yang memiliki ukuran 50 cm X 50cm X 1 meter saja. Dengan ukuran sangkar umbaran demikian, burung dapat terbang kesana-kemari. Selain dapat membentuk atau memperbaiki kualitas pernafasan serta suara, burung tersebut juga dapat terhindar dari Stress.

11. Latih Mental Ciblek

Jika kalian sudah berhasil membuat burung Ciblek tersebut menjadi jinak. Langkah selanjutnya bisa kalian mulai memperkenalkan beberapa cara untuk meningkatkan mental Ciblek tersebut. Kalian bisa membawa jalan-jalan burung ciblek kalian, ke tempat yang sedikit ada keramaian seperti jalanan. Setidaknya ada lalu-lalang orang.

12. Tempel Ciblek Lain

Hal tersebut dapat meningkatkan mental burung ciblek tersebut. Atau dengan cara lain yaitu mengenalkan dengan suasana perlombaan, maka burung tersebut akan bertemu dengan burung sesama jenisnya yang pastinya sudah memiliki mental yang cukup. Itu juga akan membuat burung menjadi memiliki karakter fighter.

13. Pemberian ExtraFooding

Berikan Pakan yang disukai burung Ciblek, seperti jangkrik, ulat hongong, ulat kandang, dan juga kroto. Kalian bisa memberikannya sesuai selera, yang dimaksud adalah sesuai selera burung tersebut. Dengan pemberian pakan bergizi tersebut, maka itu akan berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada burung tersebut.

14. Antisipasi Stress

Jika tidak menginginkan burung Ciblek kalian mengalami stress, kalian bisa memperhatikan dan mengamati situasi disekitar sangkarnya. Pengaruh stress pada burung Ciblek kalian biasanya dipengaruihi oleh hewan disekitar seperti tikus, kucing, anjing, ayam, atauh hewan lainnya yang suka mengganggu burung.

15. Pengrodongan

setelah kalian melakukan beberapa cara di atas, pastikan kalian juga mengkrodong sangkar burung ciblek. hal ini bertujuan agar burung merasa nyaman dan dapat meningkatkan kualitas tidurnya. ketika burung sudah merasa nyaman dengan lingkungan sekitar, biasanya burung akan cepat untuk mengeluarkan suara kicauan ataupun brennya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan, mengenai beberapa tips serta cara merawat Ciblek bahan atau bakalan. Dengan cara seperti di atas, maka akan menjadikan burung Ciblek tersebut cepat mengeluarkan bren dan juga gacor pastinya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *