Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Cara Perawatan Cendet Dorong Ekor Selesai Mabung!!

Cara Perawatan Cendet Dorong Ekor
Advertisements

Cara Perawatan Cendet Dorong Ekor – Seperti diketahui, hampir semua jenis burung kicauan pasti pernah mengalami masa mabung. Dimana masa mabung sendiri ditandai dengan rontoknya bulu-bulu di seluruh tubuhnya. Bahkan beberapa jenis burung juga akan mengalami penurunan performa ketika mengalami masa mabung, salah satunya yaitu Cendet.

Setelah burung Cendet selesai menjalani masa mabung, maka proses selanjutnya yaitu mereka akan mengalami proses dorong ekor. Nah, pada masa inilah pola perawatan harian hingga pemberian pakan burung Cendet harus benar-benar diperhatikan oleh para pemiliknya.

Advertisements

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dengan perawatan yang baik dan benar, maka kemungkinan besar nantinya Cendet bisa berkembang menjadi lebih baik. Namun, masih ada sebagian penggemar Cendet di luar sana merasa bingung bagaimana cara merawat burung tersebut ketika sedang dorong ekor.

Nah, jika burung Cendet milik kalian sedang mengalami masa dorong ekor, sebaiknya pahami bagaimana tata cara perawatannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas secara tuntas bagaimana cara perawatan Cendet dorong ekor, baik dari segi perawatan fisik, kandang maupun pemberian pakannya.

Pengertian Dorong Ekor

Pengertian Dorong Ekor

Sebelum menjelaskan poin utama mengenai cara perawatan Cendet dorong ekor, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Di atas sudah dijelaskan bahwa hampir semua jenis burung peliharaan akan mengalami masa dorong ekor di setiap tahunnya.

Umumnya dorong ekor akan dialami oleh Cendet ketika mereka selesai mengalami proses mabung atau moulting. Dimana masa mabung biasanya bisa ditandai dengan rontoknya beberapa helai bulu kecil terlebih dahulu. Setelah itu, barulah bulu-bulu besar Cendet pada sayap hingga ekor mulai berjatuhan setiap harinya.

Advertisements

Setelah semua bulu pada ekor Cendet rontok karena masa mabung, maka berikutnya mereka akan menumbuhkan kembali atau disebut sebagai proses dorong ekor. Pada masa tersebut proses perawatan Cendet harus benar-benar diperhatikan oleh pemiliknya agar mereka bisa mengeluarkan ekor kembali seperti semula, bahkan diharapkan bisa lebih bagus dari sebelumnya.

Cara Perawatan Cendet Dorong Ekor

Cara Perawatan Burung Cendet Dorong Ekor
Advertisements

Setelah mengerti sedikit penjelasan mengenai apa itu dorong ekor, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara perawatannya. Dimana pola perawatan saat burung dorong ekor sebenarnya tidak hanya dilakukan dari segi kesehatan fisik saja, namun juga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, pemberian pakan seperti ekstra fooding (EF) atau vitamin tambahan juga perlu dilakukan ketika Cendet mengalami masa dorong ekor. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara perawatan Cendet dorong ekor, entah itu dari perawatan harian maupun pemberian pakannya.

1. Jaga Kebersihan Kandang Cendet

Cara perawatan pertama ketika Cendet dorong ekor yaitu selalu rutin untuk membersihkan sangkar maupun kandangnya. Cara ini sebenarnya hampir mirip seperti saat merawat Kacer dorong ekor. Pembersihan kadang secara rutin bertujuan supaya Cendet terbebas dari kuman maupun bakteri yang nantinya akan menghambat proses dorong ekor.

2. Berikan Cendet Vitamin

Cara merawat Cendet dorong ekor selanjutnya yaitu dengan memberikannya vitamin bernutrisi serta bergizi tinggi. Sebagai informasi tambahan, vitamin menjadi salah satu aspek penting dalam kesehatan Cendet. Di toko seperti pet shop sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis vitamin penumbuh bulu burung yang bisa kalian manfaatkan untuk Cendet dorong ekor.

3. Jangan Full Kerodong Cendet

Memang benar bahwa melakukan terapi full kerodong Cendet sepanjang mabung memang sangat direkomendasikan. Namun berbeda halnya saat Cendet dorong ekor, saran kami sebaiknya janganlah selalu menutup rapat sangkar dengan kerodong. Hal ini juga menjadi faktor penting dalam perawatan Cendet dorong ekor.

Cobalah buka setengah kerodong sangkar Cendet selama durasi 30 sampai 50 menit supaya mereka bisa mendapatkan udara segar dari luar. Selain itu, perhatikan pula temperatur serta penerangan ketika di malam hari agar Cendet bisa lebih fokus dalam menuntaskan masa dorong ekornya.

4. Berikan Cendet Voer Berkualitas

Seperti dijelaskan sebelumnya, pemberian pakan juga nantinya bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya Cendet dalam dorong ekor. Oleh sebab itu, kalian bisa memberikan Cendet voer berkualitas supaya proses dorong ekor bisa berlangsung dengan cepat dan hasilnya pun bisa lebih maksimal.

5. Memaster Isian Cendet

Cara perawatan Cendet dorong ekor terakhir yaitu dengan memaster isian secara rutin. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa pada saat mabung, Cendet jarang mengeluarkan bunyi dan bahkan tidak mau berkicau sama sekali. Nah, saat masa dorong ekor inilah menjadi waktu paling tepat untuk melatih atau memaster isian Cendet.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini cara untuk merawat Cendet dorong ekor sebenarnya mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Akan tetapi, supaya hasil dorong ekor Cendet bisa lebih maksimal, maka diperlukan adanya ketelatenan serta kesabaran dari pemiliknya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara perawatan Cendet dorong ekor mulai dari pola perawatan harian, pemberian pakan hingga intensitas pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin merawat Cendet ketika mengalami masa dorong ekor.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.