Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang & Gacor Siang Malam!!

Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang

Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang – Seperti diketahui, Trucukan merupakan salah satu jenis burung klasik yang tidak pernah sepi peminatnya. Dimana burung tersebut mempunyai keistimewaan pada suara ropelnya yang khas. Terlebih lagi apabila Trucukan sudah gacor, maka suara ropelan klasiknya bisa dijadikan sebagai teman santai di rumah.

Mungkin sebagian besar penggemar burung kicauan sudah mengetahui bahwa Trucukan yang bagus mampu mengeluarkan suara ropelan ngeroll panjang dengan irama naik turun. Namun sayangnya, tidak semua Trucukan bisa bersuara ngropel serta ngeroll panjang, kebanyakan kicauannya putus-putus.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa cara supaya suara Trucukan ngropel dan ngeroll panjang disertai gaya garuda, entah itu dari segi perawatan harian maupun pemberian pakannya. Akan tetapi, supaya cara-cara tersebut bisa berhasil, dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya.

Nah, jika diantara kalian berencana melatih Trucukan agar suaranya ngropel panjang, sebaiknya cari tahu bagaimana tata cara melakukannya. Untuk membantunya, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat Trucukan ropel panjang dan gacor siang malam.

Ciri Trucukan Jago Ropel Panjang

Ciri Trucukan Jago Ropel Panjang

Perlu diketahui, sebenarnya burung Trucukan dengan suara ngropel panjang sudah dapat dikenali sejak mereka masih berusia muda atau bakalan. Jadi, saat usia Trucukan masih berusia anakan, maka bakat dalam mengeluarkan suara ngropel panjang sebenarnya sudah terlihat.

Maka dari itu, sebelum pembahasan utama mengenai cara membuat Trucukan ropel panjang dan gacor siang malam, ada baiknya pahami sejumlah ciri-cirinya terlebih dahulu berikut ini.

  • Sorot mata Trucukan sangat tajam.
  • Bentuk bola mata Trucukan bulat sempurna.
  • Postur tubuh lebih panjang.
  • Bentuk ekor lebih panjang.
  • Memiliki warna putih di bagian bawah paruh seperti Cucak Jenggot.

Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang

Cara Membuat Burung Trucukan Ropel Panjang

Memang benar bahwa kicauan Trucukan ngropel panjang sudah bisa dilihat sejak mereka masih bakalan atau anakan. Meskipun demikian, tetap saja bahwa untuk mendapatkan Trucukan ngropel panjang, tentunya pemilik harus memperhatikan pola perawatan harian hingga pemberian pakannya.

Mungkin cara membuat Trucukan ropel panjang akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan cara agar suara Trucukan keras. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara membuat Trucukan ropel panjang, baik itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

1. Berikan Trucukan Pisang

Cara membuat Trucukan ropel panjang pertama yaitu selalu memberikan makanan utamanya, yaitu pisang kepok. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya di habitat aslinya Trucukan sangat gemar memakan buah-buahan. Maka dari itu, berikanlah Trucukan pisang setiap hari supaya mereka merasa seperti di alam liar.

2. Lakukan Pengembunan Trucukan

Cara selanjutnya untuk menjadikan Trucukan ropel panjang yaitu melakukan terapi pengembunan. Cobalah lakukan pengembunan Trucukan pada saat subuh atau kira-kira pukul 4 sampai 5 pagi. Terapi ini biasanya akan membuat suara burung Trucukan cepat ngropel karena memang mereka sangat menyukai embun pagi.

3. Rajin Memandikan Trucukan

Cara membuat Trucukan ropel dengan durasi panjang selanjutnya yaitu rajin memandikannya setiap pagi hari. Kalian bisa memanfaatkan cepuk mandi khusus pada saat akan memandikannya. Namun, saran kami sebaiknya lakukan pemandian Trucukan menggunakan alat semprot secara merata pada bulu tubuhnya.

4. Rutin Jemur Trucukan

Setelah selesai memandikan Trucukan, cara perawatan berikutnya yaitu menjemur di bawah sinar matahari. Umumnya sinar matahari yang menyehatkan Trucukan berada antara pukul 6 sampai 8 pagi. Apabila penjemuran sudah selesai, silahkan angin-anginkan Trucukan supaya mereka bisa mengeluarkan suara ropel durasi panjang.

5. Berikan Trucukan Ekstra Fooding

Cara membuat Trucukan ropel panjang terakhir yaitu rutin memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) setiap hari. Meskipun Trucukan merupakan salah satu jenis burung peliharaan pemakan buah-buahan, namun kalian juga bisa memberikan serangga sebagai pakan tambahannya.

Adapun beberapa jenis serangga yang dapat kalian berikan sebagai EF Trucukan diantaranya yaitu seperti jangkrik, ulat hongkong serta Kroto. Cobalah berikan 3 sampai 5 ekor jangkrik setiap hari. Jika kondisi di lingkungan sekitar dingin, silahkan berikan ulat hongkong. Berikan juga kroto setiap seminggu sekali agar mendongkrak birahinya.

Tips Pemberian Pakan Agar Trucukan Rajin Bunyi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana tata cara membuat Trucukan ropel serta ngeroll panjang. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan sejumlah tips pemberian pakan tambahan supaya Trucukan bisa gacor dan rajin bunyi setiap harinya, entah itu siang ataupun malam.

Bukan hanya pisang, namun Trucukan juga menyukai beberapa jenis buah-buahan lainnya seperti pepaya, apel, pir hingga timun. Jadi, supaya Trucukan tidak bosan, cobalah berikan beberapa jenis pakan buah lainnya setiap seminggu sekali.

Selain itu, berikan Trucukan vitamin alami bernutrisi dan bergizi tinggi seperti madu murni agar tingkat staminanya menjadi bertambah sehingga kualitas suaranya juga meningkat.. Kalian bisa memberikan madu murni untuk Trucukan setidaknya 2 minggu sekali.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membuat Trucukan rajin ngropel serta ngeroll panjang, maka dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya. Dimana untuk membuat Trucukan ngropel sendiri sebenarnya bisa dilakukan entah itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara membuat Trucukan ropel panjang untuk semua jenis dilengkapi ciri-ciri hingga tips perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat burung Trucukan ngropel berdurasi panjang.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.