Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Lovebird Jantan Siap Kawin

CIRI LOVEBIRD JANTAN SIAP KAWIN

Ciri Lovebird Jantan Siap Kawin – Lovebird jantan yang sudah siap kawin, biasanya memiliki beberapa tanda-tanda khusus. Untuk para peternak Lovebird biasanya membutuhkan informasi mengenai ciri Lovebird jantan siap kawin.

Lovebird jantan dan betina, memiliki perbedaan pada saat mengalami birahi tinggi. Dengan hal ini, bisa kita pastikan kalau birahi sudah tinggi, maka Lovebird tersebut sudah siap untuk di kawinkan.

Kemudian, pada saat Lovebird mengalami birahi setinggi apapun, tidak akan bisa melakukan perkawinan. Jika Lovebird tersebut masih berumur kurang dari 1 tahun. Baca juga pembahasan menarik Lovebird Batman selengkapnya.

Untuk Kalian yang belum mengetahui seperti apa ciri Lovebird jantan siap kawin. Kalian bisa simak selengkapnya pada artikel di bawah ini. Karena, akan ada ulasan menarik mengenai Lovebird siap kawin kali ini.

Ciri Lovebird Jantan Siap Kawin

LOVEBIRD JANTAN SIAP KAWIN

Seperti yang sudah kami sebutkan, jika burung Lovebird jantan yang sudah siap kawin biasanya mengalami beberapa perilaku aneh. Bisa dipastikan burung Lovebird yang sudah bisa melakukan perkawinan, adalah yang sudah berumur lebih dari 1 tahun.

Ciri Fisik

Pada saat Lovebird jantan mengalami birahi yang cukup tinggi, biasanya akan memiliki beberapa perubahan dari segi fisiknya. Contohnya bisa kita lihat dari bagian mata, sayap, Dan juga bulunya

1. Mata

Biasanya mata burung Lovebird terlihat sipit dan mengecilkan penutup matanya. Hal ini dikarenakan oleh tingkat birahi yang tinggi.

2. Sayap

Posisi sayap burung Lovebird menyilang terlalu ke belakang, atau akan terlihat lebih tegap. Dan dengan Lovebird melakukan hal tersebut, maka bisa kita bilang Lovebird tersebut sedang mengalami birahi.

3. Bulu

Bulu burung Lovebird biasanya akan mengembang, jika didekati pemilik atau orang lain. Serta, burung lovebird mengalami rontok bulu, yang disebabkan karena perubahan suhu tubuh yang meningkat.

Perilaku

  • Modar-mandir memanggil pasangannya.
  • Sering menggigit jari kukunya sendiri.
  • Sering menganggukan kepala.
  • Sering meloloh betina.
  • Menggesekkan pantat ke tangkringan.
  • Sering menaiki tubuh Lovebird betina.

Dari beberapa perilaku Lovebird jantan saat memiliki tingkat birahi tinggi di atas. Bisa kita simpulkan jika burung Lovebird jantan ketika tidak memiliki kestabilan birahi, maka yang akan terjadi adalah tidak rajin dalam berkicau dan lainnya.

Usia Lovebird Siap Kawin

LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA 1

Pada masa-masa Lovebird akan siap kawin akan diawali beberapa perilaku seperti yang tertulis di atas. Namun, usia berapakah burung Lovebird sudah bisa dikatakan siap kawin? Pada umumnya ketika burung menginjak usia dewasa yaitu 8 sampai 12 bulan.

Jika sebelumnya Lovebird Jantan tersebut pernah kalian pasangkan. Maka, langkah selanjutnya kalian berikan saja kebiutuhan, agar proses perkawinan bisa berjalan dengan baik.

Misalnya seperti kalian menyiapkan glodok, bahan sarang Lovebird yang baik. Dan tidak lupa untuk memberikan makanan, seperti sayuran yang dapat membanyu meningkatkan dan menunjang birahi Lovebird jantan, seperti kangkung, tauge, dan juga kwaci.

Selain memberi sayuran, sebegai penunjang dan meningkatkan birahi Lovebird jantan. Kalian harus menyiapkan air bersih secukupnya untuk mandi Lovebird jantan dan betina tersebut. Karena, biasanya pada saat selesai mandi, burung betina biasanya akan berjemur dan meminta kawin pada Lovebird jantan.

Dalam hal ini kalian tidak perlu memandikan, atau menyemprotkan air ke burung Lovebird. Jadi, selama proses penjodohan kalian hanya tinggal menunggu hasilnya saja. Tidak lupa untuk mengganti air minum dan pakan Lovebird tersebut.

Namun, jika Lovebird kalian sebelumnya belum pernah dijodohkan, kalian bisa memasukannya ke dalam kandang koloni. Hal ini berguna untuk menjadikan Lovebird tersebut, memilih pasangannya sendiri. Biasanya proses perkenalan bisa berlangsung selama 3 sampai 4 hari.

Perhatikan Perilaku Kedua Lovebird

Jika burung Lovebird tersebut sudah berjodoh, biasanya akan berperilaku seperti di bawah ini.

  • Lovebird jantan dan betina selalu terlihat berdampingan.
  • Lovebird jantan sering terlihat meloloh betinanya.
  • Saling menyisir bulu satu sama lain.
  • Lovebird jantan sering menaiki tubuh betina.

Ketika proses penjodohan berhasil, maka kalian perlu menyiapkan glodok atau tempat bertelur. Dan juga kebutuhan lainnya seperti bahan untuk membuat sangkar, beserta makanan yang diperlukan burung Lovebird. Agar kebutuhan nutrisi burung Lovebird tersebut dapat terpenuhi. Biasanya burung Lovebird jika sudah melakukan perkawinan, selang kurang lebih 9 hari, Lovebird betina akan bertelur. Jika Lovebird sudah bertelur, maka yang harus kalian harus memperhatikan makanan yang bernutrisi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan, informasi mengenai ciri Lovebird jantan siap kawin. Dengan sedikit tambahan tentang usia Lovebird siap kawin. Hal ini bertujuan agar dapat meringkas dengan jelas mengenai Lovebird siap kawin. kami harapkan dengan adanya artikel ini, akan menjadikan kalian menjadi bertambah wawasan mengenai burung Lovebird. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *