Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

CARA MENGATASI LOVEBIRD OVER BIRAHI

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi – Apakah kalian pernah memiliki Burung Lovebird (OB) atau over birahi? Over birahi merupakan akibat dari libido untuk berkembang biak. Burung Lovebird memang begitu sulit saat mengalami over birahi. Namun, sobat kicau bisa menurunkan birahinya.

Seharusnya, kalian bukan hanya hobi dalam memelihara burung Lovebird saja. akan tetapi juga dengan memperhatikan dari mulai penampilan, kesehatan, dan juga bagian-bagian lain yang ada pada Lovebird itu sendiri.

Kondisi Lovebird over birahi sebenarnya sangat bagus jika untuk dikawinkan, akan tetapi hal ini bisa berdampak buruk jika burung Lovebird lomba atau kontes burung. Dikarenakan, gangguan hormonal Lovebird bisa terjadi kapan saja baik pada Lovebird rumahan, Lovebird lomba, dan juga Lovebird yang sedang dalam penangkaran.

Untuk mengatasi masalah ini kami sudah menyajikan berbagai tips mengenai cara mengatasi Lovebird over birahi. Hal ini bertujuan agar burung Lovebird tetap memiliki tingkat kestabilan birahi.

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi dan Ciri-Cirinya

Over birahi bisa saja di alami setiap burung, biasanya terjadi karena kesalahan dalam perawatan harian. Dan untuk kalian yang merasa bingung dalam bagaimana cara mengatasi lovebird over birahi? kalian bisa simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

birahi 1

Perbanyak Pemandian

Jika kalian biasa memandikan Burung Lovebird hanya dengan 15 menit, maka tingkatkan durasi pemandian menjadi 30 menit. Dan juga, pemandian Lovebird pada malam hari juga dapat menurunkan birahi pada lovebird. Waktu yang tepat untuk memandikan burung Lovebird pada malam hari yaitu pukul 10.00 sampai dengan jam 12.00 WIB.

Embunkan dan Jemur Teratur

Pengembunan di pagi hari berguna untuk menambah durasi atau menjadikan burung Lovebird kalian menjadi lebih gacor. Pengembunan ini juga sangat berperan penting dalam menurunkan birahi burung Lovebird. Setelah burung Lovebird di embunkan lalu lakukanlah penjemuran pada waktu yang tepat, biasanya saat matahari terbit yaitu pada pukul 07.00 sampai dengan jam 10.00 saja.

Hentikan Pemberian Beberapa Pakan

kalian juga perlu melihat dari segi pemberian pakan. Dengan cara menghentikan beberapa pakan yang mengandung beberapa zat atau vitamin yang berlebihan, seperti pakan racikan. Kalian hanya cukup dengan menambahkan multivitamin, yang diteteskan pada cepuk atau wadah minum. Contohnya multivitamin seperti Ebod Vit yang bisa kalian dapakan di kios burung atau bisa juga dibeli melalui situs online.

Umbaran

Selain dapat menambah durasi NGEKEK PANJANG, dengan cara umbaran juga termasuk langkah baik dalam soal menurunkan birahi pada Lovebird. Namun, harus tetap diperhatikan juga jika burung Lovebird yang ada pada kandang umbaran melebihi dari 2 burung. Biasanya jika terdapat burung yang Over birahi, akan ada kemungkinan besar mereka akan bertarung bahkan sampai menimbulkan kematian.

Mandi malam

Selain pemandian Lovebird pada pagi dan sore hari, pemandian pada malam hari juga sangat penting untuk mengontrol birahi bahkan dapat menurukan birahi pada burung Lovebird tersebut. Banyak orang menyebut mandi malam adalah sebuah terapi.

Kurangi EF (Extra Food)

Untuk pemberian Extra Food juga perlu kalian perhatikan. Pemberian extra fooding selama 2 kali dalam seminggu. jika tidak ada perubahan maka berikan 1 kali dalam satu minggu.

Batasi Penjemuran

Dengan cara mengurangi durasi penjemuran juga termasuk cara mengatasi Lovebird over birahi. jika saat belum birahi penjemuran bisa dilakukan selama 2 jam, maka yang harus kalian lakukan adalah dengan mengurangi lama penjemuran. yaitu dengan menjemur Lovebird selama 1 jam bahkan 30 menit saja.

Hindari Perlombaan

Sebaiknya kalian harus menghindarkan Lovebird over birahi dengan kontes perlombaan. Karna, kontes perlombaan burung juga bisa menjadikan Lovebird mengalami libido untuk berkembang biak.

Hal ini mungkin baik untuk Lovebird ternak, tetapi ini sangat tidak baik bagi Lovebird Lomba. Lovebird lomba yang baik biasanya memiliki tingkat kestabilan birahi.

Tambah Extra Food Penurun Birahi

Extra Food yang harus ditambahkan porsinya adalah sayur mentimun di pagi hari dan sayur daun mengkudu di sore hari. Makanan tambahan tersebut berguna untuk menurunkan birahi Lovebird.

Terapi Kotak Glodok

Cara terapi kotak glodok atau kotak ternak adalah cara tradisional. Yang dipercaya dapat menurunkan birahi Lovebird.

Terapi Es Batu

Cara Terapi Es Batu

  • Siapkan kandang burung.
  • Siapkan pula es batu dan hancurkan es batu menjadi beberapa potong.
  • masukan potongan es batu, dan letakan pada bagian dasar kandang.
  • Kemudian, masukan burung yang mengalami over birahi.
  • Setelah itu, kerodong kandang burung tersebut.
  • Tunggu sampai es batu mencair.

Beberapa cara mengatasi Lovebird over birahi di atas ini. Mungkin yang sangat menarik adalah dengan terapi es batu ini. Karena, terapi ini terbilang aneh karena menggunakan media bongkahan es batu. Namun, dengan terapi ini birahi pada Lovebird kalian akan segera turun.

Ciri-Ciri Lovebird Over Birahi

birahi 2

Setelah kalian tahu beberapa cara mengatasi Lovebird over birahi, tak ada salahnya jika kalian juga harus mengetahui tentang ciri-ciri Lovebird over birahi. Ada beberapa faktor yang bisa membuat Lovebird menjadi birahi, meski di usia yang masih muda.

Burung Lovebird memang burung yang sangat unik, hanya burung inilah yang bisa mengalami Birahi pada usia dini. Berikut kami sajikan beberapa ciri-ciri Lovebird birahi.

  • Biasanya mata burung Lovebird terlihat sipit.
  • Posisi sayap burung Lovebird menyilang terlalu ke belakang.
  • Bulu burung Lovebird biasanya akan mengembang, jika didekati pemilik atau orang lain. Serta burung lovebird mengalami rontok bulu, yang disebabkan oleh perubahan suhu tubuh yang meningkat.
  • Sering menganggukan kepala, seperti akan meloloh lawan jenisnya.
  • Sering mengacak-acak makanan yang ada di cepuk.
  • Di dalam cepuk air minum biasanya terdapat banyak sekali kulit milet.

Selain itu ada juga beberapa ciri-ciri Lovebird over birahi lainnya, seperti :

Tingkah laku

  • Lovebird sering berada di dasar sangkar.
  • Sering menggigit benda disekitar.
  • Sering menggesek-gesekan paruh pada jeruji sangkar.
  • Sering merentangkan sayapnya.
  • Sering mengangkat ekor atau ngleper.
  • Modar-mandir memanggil pasangannya.
  • Sering menggigit jari kukunya sendiri.

Lovebird Jantan Over Birahi

  • Biasanya seperti menganggukan kepala, seperti mau muntah.
  • Sering meloloh betina.
  • Gesekkan pantat ke tangkringan.
  • Sering menaiki tubuh betina.

Lovebird Betina Over Birahi

  • Sering gigit ruji.
  • Terlihat sering bertengger dengan posisi ngapal, mesawat, atau ngleper jika melihat lawan jenis.
  • Bulu mengembang jika didekati seseorang.
  • Sering merentangkan sayap serta mengangkat ekornya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai cara mengatasi Lovebird over birahi dan ciri-cirinya. Semoga dengan cara kalian melakukan beberapa cara penanganan di atas, Burung kalian menjadi memiliki tingkat kstabilan birahi.

Dan saya doakan semoga burung Lovebird kalian tambah gacor dan tetap jalan di Lapangan. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Salam konslet

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *