Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Merawat Cucak Jenggot

CARA MERAWAT CUCAK JENGGOT

Cara Merawat Cucak Jenggot – Setiap Pecinta burung kicau, tentunya menginginkan burung peliharaannya rajin bunyi dan gacor. Seperti memelihara burung Cucak Jenggot, pastinya menginginkan burung tersebut gacor.

Khususnya pada saat kalian mendengarkan suara kicauannya. Yang biasanya akan terdengar sangat merdu dengan ritme yang cukup cepat, tetapi enak jika didengar.

Burung Cucak Jenggot memang bisa menjadi gacor, dan sebenarnya ada beberapa tips dan metode untuk diterapkan pemelihara. Baik dalam perawatan harian dan juga pemberian makanan sampai rutin memandikannya.

Dan bicara menganai hal tersebut, setidaknya ada banyak metode mengenai cara untuk menjadikan SUARA BURUNG CUCAK JENGGOT menjadi gacor atau rajin berkicau. Berikut merupakan cara merawat burung Cucak Jenggot yang baik dan benar.

Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

Memiliki burung yang gacor memanglah keharusan para pecinta burung kicauan. Mempunyai Cucak Jenggot gacor akan sangat membuat sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, terutama pada saat mendengar besetannya yang tajam.

Tips Perawatan Harian Cucak Jenggot

Pengembunan

pengembunan

Kalian bisa mengembunkan burung tersebut di pagi hari, sekiranya pada jam 05.00 pagi. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan atau merangsang burung agar mau bunyi.

Pemandian

Cara merawat burung Cucak Jenggot selanjutnya adalah dengan kalian memandikannya. Kalian bisa memandikan burung tersebut dengan menggunakan sampho ataupun vitamin bulu. Hal ini bertujuan agar burung tersebut memiliki bulu yang bersih dan juga mengkilap. Akan terlihat menarik bukan? jika melihat burung dengan bulu yang mengkilap, dan pastinya memiliki bulu yang sehat.

Pemberian EF Pagi

Sembari burung basah kuyup, kalian bisa berikan beberapa ekor jangkrik untuk dijadikan extra fooding atau makanan tambahan. Jangkrik memiliki kandungan yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Hal ini dikarenakan, burung yang nutrisinya terpenuhi akan mudah sekali untuk mengeluarkan suara kicauannya.

Penjemuran

Setelah kalian memandikan burung tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan cara menjemurnya. Biasanya penjemuran dilakukan pada saat matahari telah terbit, yaitu pukul 07.00. Untuk durasi penjemuran biasanya memerlukan 1 sampai 2 jam. Biarkan burung mengeringkan bulunya dengan caranya sendiri. Sehingga burung bisa sambil beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga sangkarnya.

Angin-Anginkan

angin anginkan

Kemudian, kalian bisa mengangin-anginkan burung tersebut ditempat yang sejuk. Biarkan burung menyendiri, dan pastikan lingkungan untuk menggantang atau menaruh sangkar burung memiliki cukup ketenangan atau kenyamanan. Hal tersebut juga berguna untuk menghindarkan burung dari stress. Ketika burung mengalami stress maka yang akan terjadi adalah burung akan lebih lama untuk mengeluarkan suara kicauannya.

Pemasteran

Kalian bisa melakukan pemasteran pada burung Cucak Jenggot. Dari siang hari sampai sore hari, yang biasanya dilakukan pada jam 10.00 sampai dengan pukul 15.00. Biarkan burung tetap mendengarkan suara masterannya. Karena, di saat burung merasa nyaman maka akan mejadikan burung lebih mudah merekam suara masteran yang diberikan oleh pemiliknya.

Berikan EF Sore

Setelah proses pemasteran dan angin-anginkan burung telah mencapai pukul 15.00, selanjutnya kalian berikan EF kembali pada burung tersebut. Kalian bisa memberikan EF berupa ult hongkong ataupun Kroto. Takaran EF sore hari cukup kalian berikan setidaknya dengan takaran 1 sendok makan ulat hongkong atau kroto dalam cepuk makanannya.

Krodong Sangkar

Kalian bisa menggunakan krodong untuk menjadikan kualitas tidur burung menjadi lebih baik. Ketika burung memiliki kualitas tidur yang baik, maka akan ada peluang besar untuk menjadikan burung tersebut dapat berkicau. Selain itu, pengunaan krodong pada sangkar juga dapat menjauhkan resiko gangguan burung oleh hama seperti tikus, nyamuk dan lainnya.

Mandi Malam

Pemandian malam juga sangat dibutuhkan oleh burung Cucak Jenggot. Karena, telah banyak pecinta burung kicauan dengan melakukan hal tersebut akan menjadikan Cucak Jenggot lebih rajin bunyi atau gacor.

Bersihkan Sangkar Dan Berikan Pakan Utama

Jangan lupa untuk membersihkan sangkar burung tersebut. Agar menjadikan burung memiliki kesehatan dari tingkat kebersihan kandangnya. Tidak lupa pula untuk memberikan pakan utama seperti voer, jadi ketika burung merasa lapar, tidak akan merasa kelaparan di dalam sangkarnya.

Latih Mental

Cara perawatan Cucak Jenggot juga memerlukan pelatihan mental

Dalam cara merawat burung Cucak Jenggot juga sangat memerlukan pelatihan mental. Hal ini bertujuan untuk menjadikan burung tersebut berani untuk mengeluarkan suara kicauan merdunya.

Dengan cara mengenalkan dengan sebuah ajang perlombaan, ataupun dengan cara tempel dengan burung lainnya. Burung yang memiliki mental petarung biasanya akan mengeluarkan suara kicauaannya dengan sepenuhnya atau powerful.

FAQ

Berapa Lama Perawatan Cucak Jenggot Harus Dilakukan?

Setiap Hari Dengan Konsisten.

Apa Kegunaan Pelatihan Mental Cucak Jenggot?

Agar Burung Menjadi Lebih Gacor, Karena Sudah Terbiasa Dengan Situasi Apapun.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai tips dan cara merawat Cucak Jenggot. Banyak sobat kicau yang sudah melakukan beberapa tips perawatan diatas dan hasilnya sangat baik. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik, jika burung yang dipelihara menjadi gacor. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *