Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Batman

LOVEBIRD BATMAN

Lovebird Batman – Burung Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok. Terkenal dengan warna bulu menarik serta memiliki suara kicauan merdu. Khusunya Lovebird Batman, pada umumnya burung ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu jenis Personata, Fischery atau FC, dan juga Sable Head.

Suara ngekek burung Lovebird yang satu ini sangatlah nyaring, meski tak sekeras suara burung Nuri atau Beo. Jika Lovebird ini dirawat dengan baik, maka burung akan tetap hidup hingga usia 18 sampai 20 tahun, usia yang sangat panjang bukan.

Lovebird jenis ini berasal dari barat laut kepulauan Tanzania di benua Afrika. Di habitat aslinya burung ini lebih menyukai hutan dengan kondisi kering namun dekat dengan sumber air. Burung yang satu ini juga sudah mulai di expor ke luar negara sejak tahun 1920-an.

Burung Lovebird jenis tersebut adalah burung yang memiliki harga, ciri, jenis, perawatan dan cara ternak berbeda-beda. Lovebird jenis ini akan kami bahas pada artikel kali ini, karena burung Lovebird ini memiliki banyak ke istimewaan.

Harga, Ciri, Jenis, Perawatan dan Cara Cetak Lovebird Batman

Burung ini memiliki banyak perbedaan? Perbedaan apa sajakah? Semua telah kami sajikan beberapa hal menarik mengenai burung tersebut. Mari kita simak pembahasa berikut ini.

Asal Usul

batman 2

Lovebird tersebut berasal dari daratan sebelah barat laut kepulauan Tanzania di benua Afrika. Saat burung ini masih tinggal di habitat aslinya, ternyata lebih menyukai kawasan kering, namun dekat dengan sumber air.

Ciri-Ciri

  • Warna hitam pada bagian sayap dan bagian kepala(Perso).
  • Tak hanya itu, pada bagian dada burung ini memiliki bulu berwarna abu-abu.
  • Pada jenis batman blorok/pied/bs atau euwing, memiliki warna bulu putih pada bagian dada.
  • Lovebird tersebut memiliki warna paruh putih kusam bahkan agak kekuningan.
  • Pada bagian bulu Lovebird ini lebih dominan berwarna hitam.
  • Selain itu, ada warna putih pada bagian leher dan dada atau sering dinamakan dengan(ngalung putih).
  • Lovebird Batman juga memiliki bentuk mata bulat, dengan dikelilingi warna putih.

Lovebird jenis ini banyak menarik perhatian sobat kicau pastinya, dengan alasan ingin menjadikan burung lomba atau sekedar untuk dijadikan hiasan teras rumah saja. Jumlahnya yang tidak banyak, menjadikan burung Lovebird ini memiliki harga jual yang masih terbilang mahal. sehingga banyak pecinta burung kicau ingin memilikinya, soal harga kita bahas pada di akhir artikel.

Jenis Burung

anakan Batman

Kami akan menjajikan beberapa jenis burung Lovebird batman, dari jenis serta ciri-ciri lovebird tersebut.

1. Personata

  • Memiliki warna hitam pekat mengelilingi kepala.
  • Pada bagian leher sampai dada berwarna putih.
  • Warna putih seperti halnya kalung yang melingkar diantara warna hitam yang ada pada sela-sela kepala serta bagian sayap.
  • Kemudian pada bagian perut hingga ekor biasaya berwarna abu-abu kehitaman.

2. Fischery (FC)

  • Memiliki warna putih bersih di bagian muka sampai pada bagian dada.
  • Kemudian untuk bagian belakang kepala berwarna kehitaman.
  • Warna hitam nampak membelah seperti garis melingkar dari leher, tengah mata dan juga pada bagian dahi.
  • Pada bagian sayap, dada, sampai pangkal ekor sama halnya dengan jenis Lovebird batman personata.

3. Sable Head

  • Lovebird ini sering dinamai sebagai pemilik kepala elang.
  • Jenis ini memiliki kepala dengan warna putih bersih.
  • Pada bagian sayap berwarna hitam seprti halnya jenis Lovebird Mouve pada umumnya.
  • Kemudian, untuk warna pada bagian perut ke bawah hingga bagian ekor memiliki warna abu-abu kehitaman.

Di atas ini adalah ciri-cirinya sesuai jenis.

Cara Perawatan

perawatan Lovebird batman

Untuk cara perawatannya yaitu, memerlukan kandang dengan ukuran yang luas karena mereka sangat aktif. Jika kalian memelihara di dalam kandang berukuran sempit, beri waktu sesekali untuk diumbar di dalam sangkar jaring berukuran luas, agar burung ini tidak mengalami stress.

Sediakan tempat memanjat untuk bermain di dalam kandang, dan juga sediakan wadah air untuk burung ini mandi sendiri atau hanya bermain air. Pada dasarnya burung Lovebird tersebut senang bermain-main dengan burung lovebird lainnya.

Namun, perlu kita ingat yaitu dalam kondisi tertentu, burung Lovebird jenis ini dapat berperilaku agresif terhadap burung lain, karena beberapa faktor. Ada yang disebabkan perbedaan karakter serta tingkat stress berlebihan. Hal ini berlaku pada burung Lovebird yang ditempatkan di dalam sangkar yang sama. Untuk cara perawatan burung tersebut sangatlah mudah, kalian cukup memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Kebersihan kandang

Cara perawatannya masih sama seperti perawatan Lovebird lainnya, yaitu memerlukan kandang. Kebersihan kandang harus diutamakan, agar bisa menjauhkan burung dari resiko terserang penyakit.

2. Tempat makanan

Siapkan cepuk pakan, guna untuk tempat makanan di dalam sangkar. Diharuskan tetap bersih agar menjaga burung tetap sehat.

3. Tempat minuman

Siapkan juga tempat minum burung, dengan mengutamakan kebersihan.

4. Berikan pakan seimbang

Memberikan pakan pada burung. Dengan pakan pokok Lovebird yaitu milet, dan juga berikan extra fooding atau semacam makanan tambahan. Alasannya adalah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung tersebut.

5. Mandikan

Mandikan Lovebird secara rutin, agar burung tetap bersih dan terjauh dari berbagai macam penyakit.

6. Jemur

Jemur Lovebird pada pagi hari, sebaiknya penjemuran dilakukan pada jam 7 sampai 10 saja. Karena, sinar matahari di waktu pagi itu memiliki banyak manfaat baik untuk Lovebird.

7. Umbaran

Setelah pemandian dan penjemuran, biasakan kalian umbar Lovebird agar tetap memiliki pernafasan yang baik.

Demikian adalah beberapa cara sederhana untuk merawat burung ini. Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara mencetak atau beternak untuk menghasilkan jenis Lovebird ini bisa kalian simak pembahasan berikut ini.

Mencetak Lovebird Batman

anakan batman 1

1. Lovebird Biru Mangsi X Lovebird Biru Mangsi

Selain mengkawinkan silang jenis Lovebird berbeda, kalian harus berkerja sama dengan 2 jenis Lovebird yang sama. Dalam hal ini, kalian bisa menyilangkannya dengan warna biru mangsi, dari persilangan 2 Lovebird biru mangsi nantinya akan diperoleh Lovebird ini dengan presentase 30%.

2. Lovebird Biru Mangsi X Lovebird Batman

Selain menyilangkan 2 Lovebird biru mangsi, kalian juga bisa menyilangkan Lovebird Biru Mangsi dengan Lovebird Batman. Hal ini dilakukan untuk memperbesar peluang  mendapatkan keturunan jenis Lovebird ini. Kalian akan mendapatkan hasil dengan presentase sebanyak 50%.

3. Lovebird Olive x Lovebird Olive

Varietas Lovebird tersebut juga bisa dihasilkan dari perkawinan 2 burung Lovebird Olive. Burung Lovebird tersebut adalah jenis Lovebird dengan warna bulu berwarna hijau tua. Dari perkawinan 2 burung Lovebird Olive akan menghasilkan Lovebird Batman dengan presentase 30%.

4. Lovebird Olive X Lovebird Biru Mangsi

Untuk menghasilkan anakan Lovebird tersebut dengan memperoleh presentase sebesar 30%, juga bisa diperoleh dari persilangan Lovebird Olive dengan Lovebird Biru Mangsi. Supaya kalian merasa lebih percaya, coba kalian bisa praktekan sendiri. 

5. Lovebird Batman X Lovebird Batman

Varietas Lovebird tersebut juga bisa kalian dapatkan dengan cara, mengawinkan burung Lovebird Batman dengan jenis yang sama, dengan presentase sebesar 80%.

Dengan cara menyilangkan beberapa jenis burung Lovebird seperti diatas hanyalah sebagai contoh dan perkiraan. Namun, telah banyak sobat kicau di sekeliling saya sendiri juga pernah melakukannya dengan cara yang sama seperti di atas ini. Dengan catatan calon indukan yang akan disilangkan mempunyai jenis warna murni, kegagalan dan keberhasilan memerlukan ketelatenan dan juga konsisten dalam merawat burung yang sedang dalam masa penangkaran.

Harga Burung Lovebird Batman

ternak batman

Harga Lovebird tersebut bisa dibilang masih cukup tinggi berdasarkan jenis warna, jenis kelamin, serta usia burung Lovebird itu sendiri.

JENIS LOVEBIRD BATMANJENIS KELAMINUSIAHARGA
Lovebird Batman PesrsonataBetinaPaudRp. 550.000
Lovebird Batman PesrsonataBetinaDewasaRp. 900.000
Lovebird Batman PesrsonataJantanPaudRp. 700.000
Lovebird Batman PesrsonataJantanDewasaRp. 1.100.000
Lovebird Batman FischeyBetinaPaudRp. 350.000
Lovebird Batman FischeyBetinaDewasaRp. 700.000
Lovebird Batman FischeyJantanPaudRp. 500.000
Lovebird Batman FischeyJantanDewasaRp. 900.000
Lovebird Batman Sable HeadBetinaPaudRp. 200.000
Lovebird Batman Sable HeadBetinaDewasaRp. 400.000
Lovebird Batman Sable HeadJantanPaudRp. 250.000
Lovebird Batman Sable HeadJantanDewasaRp. 500.000

Jadi bisa kita simpulkan bahwa burung jenis ini memiliki harga yang sangat bervariasi. Namun, kualitasnya memang sudah tidak usah diragukan lagi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan. Tentang beberapa hal menarik mengenai burung Lovebird Batman, burung Lovebird cantik serta memiliki harga jual yang masih bisa dibilang cukup tinggi. Sebagian pecinta burung kicauan tidak memperdulikan dengan seberapa mahal harga, tetapi soal seberapa bagus kualitas burung Lovebird jenis ini.

Burung yang sehat pasti mau bunyi dan saran dari kami adalah “sayangi mereka, jangan sakiti mereka dengan obat atau vitamin yang tidak dianjurkan. Akan ada waktunya mereka membalas budi atas semua yang di berikan oleh majikannya”. Terimakasih untuk waktunya dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Dakocan

Hidayat
1 min read

Lovebird Creamino

Hidayat
2 min read

Jenis Kenari Lokal Terbaik

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *