Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina – Burung adalah salah satu binatang peliharaan yang banyak disukai orang. Salah satunya adalah burung Lovebird, dengan berbagai warna bulu menarik yang dimiliki serta suara kicauannya yang khas.

Burung Lovebird juga dapat dilatih dengan beberapa trik. Selain pintar, burung Lovebird memiliki tingkah laku yang sangat lucu dan mengemaskan. Tidak heran jika banyak orang melatih burung Lovebird dengan bertujuan untuk dilombakan ataupun atraksi pada sirkus Lovebird.

Beberapa pecinta burung kicau atau BURUNG PELIHARAAN tentu pernah mengaku kesulitan dalam membedakan jenis kelamin burung Lovebird. Sekilas burung Lovebird tersebut memang terlihat sama, dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar antara Lovebird jantan dan betina. Jika ingin mengetahui jenis kelamin Lovebird, kalian bisa melihat dari bentuk fisik maupun perilaku burung tersebut. Atau untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Pada kesempatan kali ini akan ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina. Untuk lebih jelasnya, kalian baca sampai akhir artikel.

1. Bentuk Kepala

Cara Membedakan dari Bentuk Kepala

Cara membedakan Lovebird jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk kepala burung Lovebird.

JantanBetina
Bentuknya cepakMelengkung
Seperti rataSedikit cekung

Jadi, dari bentuk kepala Lovebird jantan bisa dibilang cepak atau rata. Sedangkan kepala Lovebird betina biasanya berbentuk cekung atau melengkung.

2. Bentuk Paruh

Membedakan dari Jenis Paruh

Untuk cara membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina bisa juga kita lihat dari bentuk paruhnya.

JantanBetina
Terlihat runcingCenderung tumpul
MancungSedikit melebar
Cenderung berukuran kecilTerlihat besar

Lovebird jantan memiliki bentuk paruh runcing, mancung, dan terlihat kecil. Sedangkan betina memiliki bentuk paruh cenderung tumpul, melebar dan terlihat besar.

3. Lubang Hidung

Membedakan Dari Bentuk Kepala

Dengan cara melihat lubang hidung Lovebird ini, juga dapat menjadikan sarana untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird.

JantanBetina
Berbentuk lonjongBerbentuk bulat
Cenderung ovalCenderung lebar

Lovebird jantan memiliki bentuk lubang hidung lonjong atau oval. Sedangkan Lovebird betina memiliki bentuk hidung bulat dan sedikit lebar.

4. Lingkar Klep

Cara Membedakan dari Lingkar Klep

Lovebird memiliki garis putih disekeliling matanya. Sering kali orang banyak tahu tentang jenis kelamin Lovebird, yang dapat dilihat dari lingkar klep tersebut.

JantanBetina
Berbentuk lonjongBerbentuk bulat
Ada juga yang berbentuk Oval

Bentuk klep Lovebird jantan berbentuk lonjong atau oval, sedangkan Lovebird betina memiliki bentuk klep cenderung bulat. Cara ini mungkin sedikit sulit, karena tidak terlalu nampak jelas bentuk klep pada tepi mata Lovebird.

5. Ukuran Tubuh

Ukuran Tubuh

Burung Lovebird memiliki ukuran tubuh berbeda-beda. Dengan adanya besar kecil ukuran tubuh tersebut, kalian bisa mengetahui jenis kelamin Lovebird dengan cara seperti berikut ini.

JantanBetina
Memiliki ukuran tubuh lebih kecilMemiliki ukuran tubuh yang terlihat lebih besar

Kalian bisa melihat dari ukuran tubuh Lovebird. Jantan biasanya terlihat lebih kecil dibandingkan dengan Lovebird betina. Begitupun sebaliknya, Hal ini sangat berguna, jika kalian ingin membeli burung Lovebird ombyokan.

6. Warna Bulu

Warna Bulu

Lovebird memiliki beragam pilihan WARNA UNIK pada bagian bulu yang tentu menjadi nilai plus dan menarik. Ini juga bisa dijadikan sebagai cara membedakan Lovebird jantan dan betina.

JantanBetina
Warna bulu terlihat lebih terangWarna bulu terlihat gelap
Bulunya BersihBulunya sedikit kusam
Bulunya berwarna cerahTerlihat seperti bulu kotor
Bulu terlihat rapihWarna bulunya kurang cerah
Bulu kurang rapih

Bulu Lovebird jantan memiliki warna lebih cerah. Sedangkan betina memiliki bulu dengan warna bulu  yang cenderung pudar atau kusam. Hal ini dikarenakan Lovebird jantan akan lebih sering merapihkan bulu, untuk mencari perhatian pada burung Lovebird betinanya.

7. Bentuk Sayap

sayap

Bentuk sayap Lovebird jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak pembahasan berikut ini.

JantanBetina
Sayapnya menyilangSayapnya tidak menyilang
Sayapnya Saling menyentuhKedua sayap tidak saling menyentuh
Sayap Mengapit rapatCenderung kendur

Lovebird jantan memiliki sayap mengapit rapat atau menyilang. Sedangkan betina biasanya memiliki sayap dengan posisi yang tidak mengapit. cenderung kendur, dibanding sayap Lovebird jantan.

8. Bentuk Tulang Pupis atau Supit

tulang pupis

Seringkali saya pribadi melihat orang meraba bagian tulang supit burung Lovebird. Ternyata dengan menggunakan cara tersebut, kalian dapat mengetahui jenis kelamin Lovebird. Untuk lebih jelasnya kalian simak ciri-ciri Lovebird di bawah ini.

JantanBetina
Jarak antar tulang menyempitJarak antar tulang melebar

Lovebird jantan memiliki jarak antar tulang supit cenderung menyempit. Sedangkan betina biasanya memiliki tulang supit yang jaraknya sedikit melebar. Caranya dengan meraba pada bagian tersebut, agar bisa mengetahui lebih jelas perihal jenis kelamin Lovebird tersebut.

9. Cara Bertengger

cara bertengger

Selain beberapa cara seperti diatas, kalian bisa mengetahui jenis kelamin Lovebird cukup dengan melihat bagaimana cara Lovebird ini bertengger pada tengkringan.

JantanBetina
Kakinya rapatKakinya tidak rapat
Terlihat tegakCenderung ngangkang
Terlihat lebih menunduk

Lovebird jantan akan bertengger dengan posisi kaki agak rapat. Sementara Lovebird betina posisi kakinya agak melebar. Hal ini dikarenakan tulang pubis Lovebird betina agak berjauhan atau melebar, sementara Lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing. Hal ini juga termasuk dalam bagaimana cara membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina.

10. Cara Membangun Sarang

sarang

Mulai dari cara bertengger hingga cara membangun sarang ini, kalian bisa menggunakannya sebagai cara untuk membedakan jenis kelamin Lovebird.

JantanBetina
Tidak terlalu aktifLebih aktif dalam membuat sarang
Cenderung malas

Saat membangun sarang, diantara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif adalah Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan jantan biasanya hanya memberikan kulit kayu kepada si betina.

Bahkan, Lovebird jantan cenderung malas. Ini termasuk cara membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina pastinya. Jika kalian kurang percaya, bisa kalian praktekan sendiri pada burung Lovebird kalian.

11. Tingkah Laku Saat Birahi

birahi 1 1

Lovebird memiliki beberapa tingkah laku saat tingkat birahinya naik. Hal ini tentunya dapat dijadikan untuk mengetahui tentang jenis kelamin burung Lovebird. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

JantanBetina
Manggut-manggut di dekat betinaSering membentangkan sayap atau (ngiwir)
Menggesek-gesekan pantat pada tangkringanSering mengangkat ekornya atau biasa disebut dengan ngleper
Modar-Mandir memanggil pasanganBulu sayap mengembang jika didekati seseorang
Menggaruk kepalaKarakter berubah menjadi sedikit galak
Meloloh Lovebird betinaSering menggigit benda di sekitarnya
Menaiki tubuh Lovebird betina

Ciri khas tingkah laku Lovebird jantan yaitu mendekati Lovebird betinanya dan manggut manggut. Selain itu, Lovebird jantan juga mengeluarkan suara “tek tek tek” atau “cit cit cit” untuk menarik perhatian pasangannya.

Tingkah laku Lovebird betina ketika birahi bisa ditandai dengan posisi yang sering disebut dengan “ngleper”. Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai tanda bahwa ia sedang menarik perhatian Lovebird jantan.

12. Kualitas Ngekek

ngekek

Burung Lovebird memiliki karekter serta kualitas berkicau yang berbeda-beda. Perlu kalian pahami, jika burung dengan durasi ekek atau waktu dalam berkicau panjang, bisa dipastikan itu merupakan ciri Lovebird betina. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini.

JantanBetina
Gerakannya gesitMalas gerak
Ngekek atau berkicaunya pendek-pendekNgekek atau berkicau panjang
Durasi berkicau sedikit lama

Saat Lovebird jantan ngekek biasanya memang penuh gaya dan kegesitan. Tetapi, dengan caranya ia membuang tenaga untuk beraksi, dapat menjadikan kualitas pernafasannya menjadi berkurang. Dan menjadikan Lovebird jantan hanya dapat mengeluarkan suara kicau yang kurang panjang atau pendek-pendek.

Sedangkan Lovebird betina biasanya cenderung anteng atau (Nagen) saat berkicau. Hal ini menjadikan Lovebird betina memiliki peluang, untuk mengeluarkan suara ekek panjangnya.

13. Bentuk Anus

Bentuk Anus Burung Lovebird Jantan Betina

Dari bentuk anus juga bisa kalian jadikan refrensi untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird tersebut.

JantanBetina
Bentuknya kecilBentuknya lebar
Sedikit menonjolTerlihat rata

Bentuk anus Lovebird jantan umumnya berbetuk lebih kecil, seolah-olah terlihat seperti menonjol. Sedangkan Lovebird betina memiliki anus yang lebar dan terlihat rata.

14. Bentuk Ekor

ekor 1

Burung Lovebird memiliki ekor dengan panjang mencapai 44 hingga 52 mm saja. Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kegunaan ekor untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird.

JantanBetina
Ekornya MeruncingCenderung melebar
Lebih mengembang
Terlihat rata

Ekor Lovebird jantan cenderung berbentuk runcing, sedangkan ekor Lovebird betina biasanya memiliki bentuk yang terlihat lebih rata dan lebar. Ini adalah cara membedakan Lovebird jantan dan betina. Alangkah baiknya, praktekan sendiri dan buktikan kebenarannya.

15. Metode Pendulum Cincin

pendulum

Metode ini sering dilakukan orang jaman dahulu. Namun, saat ini masih ada orang yang memakai cara tersebut, dengan alasan hasilnya sangat akurat.

JantanBetina
Pendulum cincin hanya bergerak satu arah yaitu maju mundurPendulum cicin bergerak memutar atau melingkar

Tingkat akurasi dari metode pendulum cicin ini bisa mencapai 99%. Sehingga, banyak orang mengguakan cara ini untuk mengetahui jenis kelamin Burung, khususnya Lovebird.

Tes DNA

DNA

Jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan menggunakan DNA yang di ambil dari bulu atau darahnya. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99%. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid, yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan atau betina.

Dengan perbedaan DNA inilah, kalian bisa mengetahui mana Lovebird jantan dan betina. Kalian dapat melakukan tes DNA di Laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara membedakan Lovebird jantan dan betina paling lengkap dan akurat yang dapat birdsny.com sampaikan. Semoga dengan adanya tips membedakan burung Lovebird jantan dan betina diatas kalian bisa memilih burung Lovebird dengan tepat. Mungkin sedikit informasi ini berguna, untuk kalian yang baru belajar berternak burung Lovebird.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *