Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Umur 2 Bulan

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulanan

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Umur 2 Bulan – Cara membedakan Lovebird jantan dan betina yang masih berusia 2 bulan, memang akan sedikit terasa sulit. Kata “sulit” hanya berlaku pada orang yang tidak mau belajar.

Sebenarnya jika kita perhatikan dengan cermat, maka akan ada beberapa perbedaan. Hal yang bisa kita jadikan metode untuk mencari tahu apa jenis kelamin Lovebird tersebut.

Cara membedakan jenis kelamin Lovebird yang masih berusia muda atau masih anakan, dapat kalian lakukan dengan cara memprediksi, melihat, dan juga meraba. Pastinya harus dengan ketelitian yang tinggi, untuk dapat membedakan Lovebird anakan jantan atau betina dengan tepat.

Untuk sobat kicau yang masih pemula, dan pastinya belum tahu bagai mana cara membedakan jenis kelamin tersebut, kalian bisa simak selengkapnya di bawah ini. Karena, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap dan pastinya ada beberapa tips dan metode yang bisa dijamin keakuratannya.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Umur 2 Bulan dengan Akurat

Membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina, ketika usianya sudah beranjak dewasa memanglah sangat mudah. Namun, terkadang kita akan merasa sedikit kesulitan, pada saat memilih Lovebird anakan sesuai dengan jenis kelamin yang diinginkan. Maka dari itu, kalian bisa simak pembahasan menarik berikut ini.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Usia 2 Bulan

LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA UMUR 2 BULAN

Dengan adanya informasi mengenai perbedaan anakan Lovebird jantan dan betina ini, pasti akan sedikit membantu kalian untuk memilih terlebih dahulu sebelum kalian membeli burung Lovebird tersebut.

1. Bentuk Lubang Hidung

BENTUK LUBANG HIDUNG LOVEBIRD MUDA

Cara yang pertama kalian bisa lakukan adalah dengan melihat atau memperhatikan bentuk lubang hidung Lovebird anakan. Hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, ketika membedakan jenis kelamin Lovebird yang masih anakan.

Karena, pada saat itu Lovebird tersebut belum memiliki bulu yang rapat pada area hidung. Itu akan memudahkan kalian dalam memperhatikan perbedaannya. Jika lubang hidungnya memiliki bentuk oval, maka bisa kalian pastikan Lovebird anakan tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan Lovebird anakan betina biasanya memiliki lubang hidung, dengan bentuk bulat dan terlihat besar.

2. Bentuk Paruh

CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN LOVEBIRD MUDA MELALUI BENTUK PARUH

Cara membedakan Lovebird jantan dan betina umur 2 bulan selanjutnya, bisa kalian melihat pada bagian paruhnya. Lovebird jantan yang masih anakan, ketika bentuk paruhnya meruncing, mancung, dan berukuran kecil.

Dan ketika kalian melihat paruh Lovebird, dengan bentuk yang cenderung tumpul, terlihat melebar, dan memiliki ukuran yang lebih besar. Maka bisa dipastikan Lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

3. Warna Bulu (Jika Sudah Tumbuh)

WARNA BULU ANAKAN LOVEBIRD

Pada usia Lovebird 2 bulan, pastinya sudah memiliki bulu yang berwarna. Dengan hal ini kalian dapat membedakan jenis kelaminnya, dengan melihat warna bulu Lovebird anakan tersebut.

Jika Lovebird anakan memilki warna bulu yang terlihat terang atau cerah, biasanya itu menandakan Lovebird dengan jenis kelamin jantan. Sedangkan Lovebird anakan yang memiliki bulu dengan warna yang cenderung kusam atau tidak cerah, biasanya Lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

4. Ukuran Tubuh

UKURAN TUBUH LOVEBIRD ANAKAN

Ukuran tubuh atau besar kecilnya postur tubuh Lovebird, juga bisa dijadikan cara untuk memprediksi jenis kelamin Lovebird. Jika Lovebird anakan memiliki tubuh besar dan gempal itu tandanya adalah Lovebird berjenis kelamin betina. Sedangkan Lovebird yang memiliki ukuran tubuh proporsional, biasanya Lovebird tersebut berjenis kelamin Jantan.

5. Bentuk Kepala

BENTUK KEPALA LOVEBIRD

Selanjutnya, dari bentuk kepala Lovebird juga dapat dijadikan sebagai alat, yang pastinya untuk membedakan jenis kelamin Lovebird. Pada saat kalian melihat Lovebird dengan bentuk kepala pepak atau rata, maka bisa dipastikan Lovebird tersebut berjenis kelamin jantan.

Sedangkan, ketika kalian melihat Lovebird dengan bentuk kepala yang melengkung atau cekung, biasanya Lovebird tersebut berjenis kelamin Betina.

6. Bentuk Sayap

BENTUK SAYAP LOVEBIRD

Posisi sayap Lovebird jantan biasanya akan terlihat menyilang dan saling bersentuhan. Sedangkan Lovebird betina memiliki sayap yang posisinya tidak bersentuhan, bisa juga dibilang cenderung seperti kendur atau nglempeh.

7. Bentuk Ekor

BENTUK EKOR UNTUK MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA

Dari bentuk ekor Lovebird anakan juga bisa dijadikan cara untuk membedakan jenis kelamin tersebut. Jika kalian melihat anakan Lovebird dengan bentuk ekor yang runcing atau mengerucut, maka itu adalah salah satu ciri dari Lovebird dengan jenis kelamin jantan.

Sedangkan untuk Lovebird yang memiliki bentuk ekor rata atau pepak dan sering terlihat mengembang, maka itu adalah salah satu hal yang menandakan jika Lovebird tersebut berjenis kelami betina.

8. Bentuk Lingkar Klep

BENTUK LINGKAR KLEP LOVEBIRD ANAKAN

Salah satu perbedaan yang bisa dijadikan untuk membedakan jenis kelamin Lovebird anakan yaitu, dengan cara melihat pada area lingkar klep atau alis yang berbentuk seperti garis mengelilingi mata Lovebird.

Jika bentuk lingkar klep Lovebird tersebut lonjong, maka ada kemungkinan besar burung tersebut memiliki jenis kelamin jantan. Sedangkan Lovebird anakan dengan jenis kelamin betina, biasanya memiliki lingkar klep yang berbentuk bulat.

9. Cara Bertengger

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Melihat Burung Lovebird Ketiika Bertengger

Burung Lovebird anakan pada saat berusia 2 bulan juga sudah bisa bertengger tentunya. Namun, terkadang masih ada yang takut untuk bertengger. Nah, dengan memperhatikan cara Lovebird anakan ini bertengger, juga dapat dijadikan alat untuk membedakan jenis kelaminnya.

Jika kalian melihat Lovebird anakan yang perawakannya ketika bertengger terlihat tegak dan gagah, serta posisi kaki pada saat bertengger terlihat merapat, maka bisa dipastikan Lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan, untuk Loveird anakan yang ketika bertengger terlihat seperti setengah duduk dan posisi kakinya sedikit melebar. Maka Lovebird tersebut biasanya berjenis kelamin betina.

10. Tingkah Laku saat Birahi

Tingkah Laku saat Lovebird Birahi Akan Membedakan Jenis Kelamin  Lovebird Jantan dan Betina

Mungkin cara ini akan berlaku pada Lovebird yang sudah berumur lebih dari 2 bulan. Namun, ada kalanya birahi Lovebird anakan juga bisa muncul. Dikarenakan, burung Lovebird ini adalah burung yang bisa dibilang sangat unik, yang dapat merasakan birahi pada saat usianya masih muda.

Jika kalian melihat Lovebird yang memiliki karakter galak, atau seperti ingin menggigit, biasanya Lovebird tersebut berjenis kelamin betina. Sedangkan untuk Lovebird anakan yang terlihat seperti pemalu dan penakut, biasanya hal tersebut menandakan Lovebird tersebut memiliki jenis kelamin jantan.

11. Cara Ketika Bermain

Tingkah Laku Lovebird saat Bermain Juga Bisa untuk Dijadikan Alat dalam Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Perhatikan pada saat Lovebird anakan sedang bermain-main, dengan burung Lovebird lain yang berada dalam satu sangkar. Karena, dengan kita melihat beberapa tingah laku tersebut akan menjadikan kita dapat memprediksi jenis kelamin Lovebird tersebut.

Biasanya Lovebird yang berjenis kelamin jantan akan lebih aktif dan lincah dalam bermain-main dengan sesama jenisnya. Sedangkan Lovebird dengan jenis kelamin betina, biasanya akan terlihat terdiam dan gerakannya lambat. Selai itu, Lovebird jantan akan terlihat sering mengeluarkan suara atau seperti sedang belajar berkicau.

12. Meraba Tulang Supit

Meraba Tulang Supit Udang Lovebird Muda

Kalian bisa meraba pada bagian tulang pupis, atau tulang supit udang burung Lovebird. Ini merupakan cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan sobat kicau di kalangan Lovebird Lovers. Cara ini bisa dipakai oleh pemula, dan akan bisa dipastikan akan memperoleh hasil yang maksimal.

Lovebird jantan jika diraba pada bagian tulang supitnya, maka akan terasa seperti memiliki jarak antar tulang yang sedikit merapat. Sedangkan, untuk Lovebird yang memiliki jarak antar tulang supit yang melebar, biasanya itu adalah ciri Lovebird dengan jenis kelamin betina.

13. Lubang Anus atau Kloaka

Anus Burung Lovebird Untuk Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Jantan dan Betina

Kita juga bisa melihat perbedaan diantara Lovebird jantan dan betina, yaitu pada bentuk kloaka atau bentuk anusnya. Mungkin akan terdengar sedikit jorok, tapi dengan hal ini justru bisa dijadikan untuk membedakan jenis kelamin Lovebird tersebut.

Jika bentuk anusnya terlihat seperti menonjol, biasanya Lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan untuk bentuk anus Lovebird betina, biasanya akan terlihat seperti rata atau tidak ada tonjolan pada area tersebut.

14. Posisi Kaki saat Berdiri

Posisi Kaki Lovebird saat Berdiri

Dari posisi atau letak kaki pada saat burung Lovebird berdiri, juga bisa menjadikan alat untuk memprediksi jenis kelamin burung Lovebird. Biasanya Lovebird jantan memiliki cara berdiri atau posisi kaki berada berdekatan, tapi pada jari bagian depan tetap lurus dan tidak masuk kedalam.

Sedangkan, untuk Lovebird betina biasanya saat berdiri, posisi kakinya akan sedikit merenggang dan jari bagian depan akan terlihat masuk ke dalam. Hal tersebut masih dalam tahap prediksi, untuk lebih jelasnya bisa kalian praktekan sendiri dan lihat perbedaannya.

15. Metode Pendulum Cincin atau Jarum

Metode Pendulum Cincin Atau Jarum Pada Lovebird Untuk Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Metode Pendulum Cincin adalah salah satu metode lawas, atau yang sering di gunakan pada jaman dahulu. Banyak orang awam yang berhasil membuktikan keakuratannya.

Caranya memang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Persiakan pendulum, cincin logam, ataupun jarum, selanjutnya kalian memegang Lovebird dengan tangan kiri. Kemudian, letakan pendulum tersebut di atas kepala Lovebird.

Jika pendulum bergerak melingkar atau bergerak ke semua arah, bisa dipastikan Lovebird tersebut memiliki jenis kelamin betina. Namun, ketika pendulum tersebut bergerak hanya ke satu arah yaitu maju mundur, bisa dipastikan Lovebird tersebut adalah Lovebird jantan.

16. Tes DNA Burung Lovebird

Pengambilan Sample Darah Lovebird Untuk Tes DNA agar Mengetahui Jenis Kelamin Jantan dan Betina Pada Lovebird

Jika kalian ingin memiliki hasil yang maksimal dalam membedakan jenis kelamin Lovebird. Kalian bisa menggunakan Tes DNA pada burung Lovebird, hal ini akan mengetahui jenis kelamin Lovebird dengan akurat.

Caranya dengan menggunakan sample darah atau bulu burung tersebut. Namun, biaya untuk melakukan Tes DNA ini, akan memakan sedikit banyak biaya. Menjadikan metode ini tidak semua orang dapat melakukanya dengan mudah.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan, beberapa tips dan cara membedakan Lovebird jantan dan betina umur 2 bulan. Kami harap dengan adanya artikel ini, dapat menjadikan kita memiliki wawasan yang luas, khuhsusnya pada dunia burung kicauan. Baca Juga artikel mengenai Lovebird Batman selengkapnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *