Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina

CARA MEMBEDAKAN PRENJAK JANTAN DAN BETINA

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina – Bagaimana cara membedakan Prenjak jantan dan betina? Burung ini merupakan burung asli dari Indonesia, yang sudah memiliki penggemar tersendiri di kalangan pencinta burung kicauan.

Membahas soal jenis kelamin sebenarnya cukup mudah, hanya saja kita perlu melihat dengan teliti, diantara kedua burung dengan jenis kelamin berbeda. Bisa kita lihat melalui suara kicauannya, Prenjak dengan jenis kelamin jantan biasanya akan mengeluarkan suara kicau yang lebih bervariatif.

Sedangkan Prenjak betina biasanya terdengar hanya mengeluarkan suara kicau yang monoton, atau hanya selagu saja. Namun, dengan adanya perbedaan kualitas kicau ini, menjadikan peminatnya ingin memiliki burung Prenjak dengan jenis kelamin jantan saja, dengan alasan tersebut.

Jika kalian ingin memiliki burung Prenjak, kalian bisa mendapatkannya di pasar burung ataupun kios burung terdekat. Biasanya penjual burung akan mengombyok burung Prenjak. Nah, saat seperti ini kalian memerlukan sedikit pengetahuan mengenai cara membedakan Prenjak jantan dan betina.

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina Paling Mudah dan Akurat

Burung Prenjak jantan biasanya memiliki karakter fighter, serta memiliki suara kicau yang terdengar nyaring dan juga merdu, jika dibandingkan dengan suarta kicau prenjak betina. Dengan kemampuannya berkicau dengan indahnya, maka menjadikan burung ini sebagai salah satu burung masteran, ada juga yang menjadikannya sebagai burung Lomba.

Perbedaan Prenjak Jantan dan Betina

Perbedaan Prenjak Jantan dan Betina

Burung Prenjak yang sering memenangkan kejuaraan, biasanya akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kemudian, untuk burung prenjak ini memiliki beberapa jenis, yang mudah diketahui berdasarkan warna bulu dan juga ukuran tubuhnya.

Seperti burung Prenjak Lumut, Prenjak kebun, dan juga Prenjak sawah. Diantara ketiganya Prenjak yang paling diminati adalah Prenjak kepala merah atau Prenjak kebun, karena perawatannya yang bisa dibilang lebih mudah, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu, Prenjak kepala merah ini memiliki warna bulu yang cantik, dan juga memiliki beberapa variasi suara dalam kicauannya, jika dibandingkan Prenjak lain.

Burung tersebut ketika berada di alam bebas atau habitatnya, sangat gemar sekali memakan serangga kecil seperti semut, ulat, belalang dan lainnya. Hal ini sama seperti burung Mantenan, pasalnya MAKANAN BURUNG MANTENAN pun tidak jauh berbeda. Untuk kalian yang ingin memelihara burung masteran, sebaiknya kalian memilih Prenjak dengan jenis kelamin jantan.

Hanya saja, ketika kita memilih burung Prenjak ombyokan, pastinya akan sedikit merasa kesulitan dalam memilih. Jika memilih berdasarkan jenis kelaminnya. pastikan kalian mengetahui terlebih dahulu tips dan cara membedakan Prenjak jantan dan betina. Berikut akan kami sajikan selengkapnya, simak sampai akhir artikel untuk mengetahui semua informasi mengenai burung Prenjak.

1. Postur Tubuh

Prenjak Jantan Memiliki Ukuran Tubuh yang Lebih Besar

Hal pertama yang bisa kalian lihat adalah dengan cara melihat postur tubuhnya. Karena, postur tubuh Prenjak jantan biasanya terlihat lebih besar dan juga panjang atau proporsional, sedangkan postur Prenjak betina yang lebih kecil dan juga pendek.

2. Paruh

Paruh Prenjak Jantan

Cara kedua untuk membedakannya adalah dengan melihat bentuk dan juga warna paruhnya. Karena, paruh Prenjak jantan dan betina memiliki warna paruh yang berbeda.

Prenjak jantan memiliki paruh berwarna hitam dari bagian atas hingga bawah. Sedangkan, Prenjak betina memiliki paruh berwarna putih. Sangat jauh berbeda bukan? maka dari itu, jika kalian ingin memilih Prenjak jantan, pastikan burung tersebut memiliki pasruh berwarna hitam.

3. Kepala

Ukuran Kepala Prenjak

Betuk kepala burung Prenjak jantan dan betina juga memilki beberapa perbedaan, yang bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin tersebut. Prenjak jantan memiliki kepala berbentuk cenderung ceper atau pepak, sedangkan Prenjak betina memiliki kepala yang cenderung terlihat melengkung.

4. Mata

Mata Burung Prenjak

Meskipun susah untuk mencari perbedaannya, tetapi dengan bentuk mata juga dapat dijadikan untuk mengetehui jenis kelamin burung Prenjak jantan dan betina. Prenjak jantan memiliki bentuk mata yang tampak lebih menonjol atau melotot, sedangkan Prenjak betina memiliki bentuk mata yang lebih ceper dan tidak melotot.

5. Suara

SuaraBurung Prenjak Kepala Merah

Dari suara kicauannya, ketika burung tersebut sudah berkicau, akan menjadikan pembeda jenis kelamin. Karena, Prenjak jantan memiliki suara kicau seperti “cieek..cieekk…ciiekk“. Sedangkan untuk Prenjak betina biasanya hanya mengeluarkan suara seperti “teerrr…terrr..terrrr..“. Nah, jika kalian membeli burung Prenjek yang sudah bunyi, pasti akan lebih mudah untuk mengetahi jenis kelamin burung tersebut.

6. Ekor

Ekor Prenjak Juga Bisa dijadikan Pembeda Jenis Kelamin

Hampir sama seperti CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA, pada bagian ekor Prenjak, juga bisa dijadikan cara untuk mengetahui jenis kelamin burung tersebut. Ekor Prenjak jantan biasanya memiliki 2 helai bulu yang lebih panjang diantara bulu lainnya.

Bahkan Prenjak jantan sering kali memainkan atau menaik-turunkan ekornya. Sedangkan Prenjak betina tidak memiliki bulu tersebut, akan terlihat seperti rata, dan juga cenderung sering mendiamkan ekornya.

7. Bulu

Warna bulu Prenjak Jantan

Dari warna bulu bagian dada, juga bisa menjadikan salah satu cara untuk mengetahui jenis kelamin burung Prenjak. Prenjak jantan biasanya memiliki warna bulu bagian dada yang terlihat lebih terang dan cerah. Sedangkan pada bagian dada Prenjak betina akan memiliki bulu berwarna yang sedikit kusam atau kurang cerah.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai bagaimana cara membedakan Prenjak jantan dan betina. Dengan beberapa metode di atas, mungkin kalian akan menemukan burung Prenjak sesuai keinginan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *